Web Browser: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Contoh

Sejarah web browser
Definisi web browser

Perkembangan teknologi yang sudah tidak terbendung seperti sekarang ini membuat kita tak bisa lepas dari internet. Satu aplikasi yang sangat penting dalam kegiatan sehari-hari adalah web browser.

Pengertian web browser adalah aplikasi penting yang bisa digunakan untuk mencari informasi di internet. Ada banyak web browser atau peramban yang telah dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi di dunia ini.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang web browser secara utuh untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah dan peran web browser di masa sekarang ini.

Apa Itu Browser?

Pengertian browser adalah salah satu program aplikasi yang dikembangkan untuk menjelajahi konten di jaringan internet. Browser mempermudah kita untuk mendapatkan informasi yang kita cari dengan mudah.

Kita bisa mengakses informasi tersebut melalui website-website yang terunggah di internet. Konten yang bisa dinikmati tak terbatas pada teks, namun juga mencakup gambar, video, audio, serta audiovisual.

Sejarah Web Browser

Browser pertama dikembangkan oleh Tim Berners Lee sejak dekade 80-an. Ketika sudah jadi pada tahun 1991, browser tersebut diberi nama WorldWideWeb yang kemudian hari diubah menjadi Nexus. Sayangnya, pengembangan tersebut dihentikan pada tahun 1994.

Pada 1993, Marc Andreessen membuat penjelajah web bernama Mosaic yang kemudian diganti nama menjadi Netscape. Ini merupakan peramban web populer di masa tersebut dan membuat internet semakin banyak diakses orang.

Microsoft ikut terjun ke bisnis browser menggunakan Internet Explorer pada tahun 1995 dengan dipengaruhi Mosaic. Internet Explorer dengan cepat mendominasi pasar setelah peluncurannya dalam paket Windows.

Selanjutnya kita semua tau sebanyak apa browser yang tersedia saat ini dan browser mana yang paling banyak digunakan.

Fungsi Web Browser

Browser adalah sebuah software yang sangat berguna dalam kegiatan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mempermudah Mencari Informasi

Tanpa browser, kamu mungkin akan sedikit kesusahan ketika mencari informasi di internet. Sebab tak semua orang memahami bahasa mesin maupun pemrograman. Tampilan website yang muncul pada browser sangat bisa diandalkan untuk mempercepat kinerja.

2. Membuka File

Kamu bisa menggunakan browser untuk mengeksekusi beberapa file seperti PDF, HTML, CSS, JS, dan PHP. File-file tersebut bisa berada di komputer lokal maupun halaman suatu website di internet.

3. Memaksimalkan Kinerja Mesin Pencari

Fungsi terakhir yang dimiliki oleh web browser adalah memaksimalkan kinerja search engine. Search engine merupakan bagian yang sulit dilepaskan dari web browser sebab keduanya saling melengkapi ketika digunakan berselancar di internet.

Contoh Browser

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa telah banyak web browser yang dikembangkan. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya yang sesuai dengan preferensi pribadimu. Berikut adalah 2 jenis browser yang populer digunakan saat ini.

1. Google Chrome

Tampilan antarmuka Google Chrome desktop dan mobile
Tampilan antarmuka Google Chrome desktop dan mobile

Browser paling populer saat ini adalah Google Chrome. Software besutan Google ini menawarkan tampilan sederhana untuk menjelajah internet. Selain itu, Chrome juga menawarkan akses yang mudah pada produk Google lainnya misalnya Gmail, YouTube, dan Blogger.

Chrome juga memiliki dukungan ekstensi yang sangat banyak apabila kamu memerlukan alat-alat yang mendukung kinerjamu sehari-hari. Fitur-fitur dasar seperti tab, history, bookmark, incognito, dan download tentu sudah terpasang sempurna.

Buka artikel berikut ini untuk membaca sejarah Google Chrome.

2. Mozilla Firefox

Tampilan antarmuka Mozilla Firefox
Tampilan antarmuka Mozilla Firefox

Pengertian Mozilla Firefox adalah peramban web lintas platform gratis dan open-source yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Mozilla Firefox memiliki performa yang tidak perlu diragukan lagi. Banyak fitur yang bisa disematkan pada Mozilla Firefox melalui add-on. Entah kelebihan atau kelemahan, Mozilla Firefox tidak satu ekosistem dengan Google.

Browser ini juga telah dilengkapi dengan beragam fitur dasar yang harus dimiliki browser-browser modern seperti tab, histori, bookmark, incognito, dan downloadd. Soal penggunaan memori, Firefox tidak terlalu berbeda dengan Google Chrome.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup