Cara Mendapatkan Judul Skripsi yang Menarik

Sudah mencari dan membaca referensi mengenai judul skripsi tapi belum ada yang cocok atau mencerahkan. Selalu berpikir bagaimana cara mendapatkan judul skripsi yang cocok agar bisa wisuda tepat waktu.

Mengingat skripsi adalah tahap terberat dalam masa perkuliahan, kita tidak bisa sembarangan mengambil judul sebab jika salah ambil judul, bisa-bisa skripsinya molor dan harapan wisuda tepat waktu meleset.

Tapi jangan khawatir, Semut Aspal akan memberikan beberapa cara singkat untuk merangsang munculnya judul yang cocok buatmu.

Mari kita mulai

Cara Mendapatkan Judul Skripsi

Cara mendapatkan judul skripsi

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba agar kamu segera mendapatkan judul skripsi yang sesuai dengan seleramu.

1. Topik yang Paling Dikuasai dan Menarik Minat

Dalam mengerjakan skripsi, kita diberi batasan waktu paling lama satu semester. Jika lebih dari satu semester, otomatis wisuda kita mundur.

Maka jangan ribetkan diri dengan mengambil judul dari topik yang sama sekali tidak kamu kuasai.

Selain itu, kamu disarankan untuk mengambil topik yang paling menarik minatmu. Sebab, jika kamu tidak mengambil topik yang menarik bisa saja kamu akan malas mengerjakannya.

2. Perhatikan Sekeliling

Lihat masyarakat, lihat sesuatu yang ada di sekitarmu, adakah permasalahan menarik yang bisa diangkat sebagai judul skripsi.

Jangan terlalu muluk-muluk karena ilmu yang paling berguna adalah ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Permasalahan sederhana di masyarakat bisa diangkat asalkan kamu menemukan sisi unik dan mendapati bahwa permasalahan itu harus segera diselesaikan.

3. Coba Baca-Baca Skripsi

Kamu sangat boleh untuk meniru format judul yang dipakai oleh kakak tingkatmu karena yang terpenting adalah adanya perbedaan.

Misal berbeda objek penelitian, berbeda metode, berbeda sudut pandang, atau perbedaan lainnya sesuai dengan masalah yang terlihat di masyarakat.

4. Jangan Terlalu Perfeksionis

Kesempurnaan adalah hal yang bagus. Namun, dalam pembuatan skripsi terlalu perfeksionis bisa menjadi pedang bermata dua.

Kamu diberikan pilihan untuk melakukan hal yang mudah atau yang susah, selesai dengan cepat atau dengan lambat, wisuda tepat waktu atau tidak.

Judul yang kamu ambil tidak usah terlalu muluk-muluk. Lakukan saja sesuai kemampuan maksimalmu.

Semua orang di dunia pendidikan tau dan sadar bahwa tidak semua orang terlahir dengan kejeniusan dan kemampuan akademik yang mumpuni.

5. Diskusi dengan Calon Dosen Pembimbing

Diskusikan dengan calon dosen yang akan membimbingmu menyusun skripsi. Terkadang, saran dari dosen itu adalah topik terbaik yang bisa kamu angkat.

Biasanya, dosen tersebut akan memberikan beberapa opsi yang bisa kamu ambil, kamu bisa pertimbangkan lagi di rumah dan mulai mencari referensinya. Jika cocok, ambil saja topik yang disarankan oleh dosen.

6. Diskusi dengan Kakak Tingkat

Sangat beruntung bila kamu memiliki koneksi dengan kakak tingkat sebab kamu bisa bertanya tentang pengalaman mereka mengerjakan skripsi dan cara menangani dosen-dosen tertentu.

Selain itu, kamu juga bisa meminta pendapat mereka mengenai penelitian apa yang bisa kamu ambil.

Syukur-syukur, mereka merekomendasikan untuk menyempurnakan dan memperbarui penelitian mereka. Kamu bisa mendapatkan jalan yang lebih mudah.

Penutup

Seperti itulah cara mendapatkan topik dan judul skripsi yang bisa kamu coba. Semangatmu jangan sampai kendur sebelum dapat kata “ACC” sebab akan ada saja hambatan yang melintang saat mengerjakan tugas akhir.

Semoga perjalanan mendapatkan gelar sarjanamu lancar.