SemutAspal

Cara Mengirim Lamaran lewat Email

Cara mengirim lamaran lewat email
Cara mengirim lamaran lewat email

Saat ini, metode paling umum dalam melamar pekerjaan adalah melalui email. Mengirim lamaran lewat email memiliki sejumlah keunggulan.

Selain hemat biaya karena tak perlu amplop atau perangko, juga memanfaatkan koneksi WiFi atau kuota, mengirim lamaran via email juga memberikan kecepatan yang luar biasa, dengan kemampuan untuk tiba dalam hitungan detik.

Hal yang Harus Disiapkan

Calon pekerja dapat mengirimkan lamaran kerja dengan menyusun CV, surat lamaran, dan memiliki akun email.

Proses pengiriman lamaran lewat email memakan waktu singkat dan sangat sederhana. Ayo, pelajari tata cara yang efektif untuk mengirim lamaran lewat email!

1. Buat CV Lamaran Kerja

Tahap awal dalam persiapan melamar pekerjaan melibatkan penyiapan curriculum vitae (CV). Saat ini, tersedia berbagai metode, bahkan aplikasi CV maker di smartphone memudahkan pembuatan CV secara praktis.

2. Siapkan Berkas Lain

Ketika mencari pekerjaan dan bersiap untuk melamar, langkah awalnya adalah menentukan dokumen yang dibutuhkan. Umumnya, berkas yang diminta meliputi:

  1. CV / Resume
  2. Surat Lamaran Kerja / Cover Letter
  3. Pas Foto
  4. Scan KTP
  5. Scan Ijazah Terbaru
  6. Scan Sertifikat yang dimiliki
  7. Scan SKCK
  8. Portofolio, jika diperlukan

Namun, penting untuk menyesuaikan dengan persyaratan perusahaan. Jika tidak diminta, tidak perlu dilampirkan.

3. Perhatikan Berkas

Saat mengirim lamaran lewat email, beberapa aspek penting perlu diperhatikan:

  • Pastikan penamaan berkas jelas, misalnya: “CV Reza Adrian, Pas Foto Reza Adrian”.
  • Lampirkan berkas dalam format PDF, yang stabil di semua perangkat dan umum digunakan dalam proses penerimaan kerja.
  • Perhatikan ukuran file, hindari melebihi 1MB. Rekruter cenderung enggan membuka file besar karena penggunaan storage yang signifikan. Sebaiknya kompres PDF agar ukuran file berkurang menggunakan alat seperti Smallpdf.

4. Alamat Email Profesional

Apabila belum memiliki alamat email, langkah awal adalah melakukan registrasi. Pastikan alamat email yang dibuat mencerminkan profesionalisme dan sesuai dengan identitas.

Umumnya, gunakan kombinasi nama lengkap dan angka untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Contoh alamat email profesional: nama.kamu@gmail.com
Contoh alamat email kurang profesional: 193Z0-perak@gmail.com

Cara Mengirim Lamaran lewat Email

Setelah mempersiapkan email dan mendokumentasikan semua persyaratan, langkah selanjutnya adalah mengirimkan lamaran. Jika kamu menggunakan komputer, kirimkan melalui email pada perangkat tersebut.

Bagi yang mengandalkan ponsel, berikut adalah panduan praktis mengirim lamaran lewat email di ponsel, dilengkapi dengan contoh aplikasinya.

1. Buka Aplikasi Email

Jika tidak memiliki aplikasi surel di ponsel, alternatifnya adalah membuka browser web pada perangkat seluler.

2. Klik Tulis

Setelah berhasil masuk ke akun email, mulai pembuatan email baru dengan mengklik tombol merah yang bertuliskan “Tulis” untuk memulai proses komposisi pesan baru.

3. Isi Email Tujuan dan Subjek

Pada penerima, cantumkan alamat email HR atau kontak yang disediakan dalam pengumuman lowongan kerja. Untuk subjek email, gunakan format [Posisi yang Dilamar] – [Nama Pelamar] untuk memberikan kesan profesional dan jelas.

4. Tuliskan Lamaran Kerja

Saat mengirim lamaran pekerjaan melalui email, lebih dari sekadar CV dibutuhkan. Wajib menyertakan surat lamaran kerja via email sebagai pengantar.

Fungsinya serupa dengan surat lamaran konvensional, memberikan penjelasan kepada rekruter tentang isi CV yang terlampir serta merinci tujuan aplikasi pekerjaan.

5. Upload Dokumen Pendukung

Tekan ikon yang menyerupai klip kertas (berbentuk panah) dan carilah file yang akan diunggah. Unggah dokumen yang telah disiapkan dalam format PDF untuk kelengkapan.

6. Periksa Lagi

Tahap paling akhir melibatkan penelitian dan revisi menyeluruh terhadap semua aspek yang telah diatur dan dilampirkan. Pastikan tidak ada kesalahan ketik, kelengkapan dokumen, ketepatan nama penerima email, dan berbagai detail lainnya.

7. Kirim

Setelah keyakinan menguat, klik tombol biru bertuliskan ‘kirim’. Dengan langkah itu, CV dan lamaran kerjamu terkirim melalui email. Proses mengirim lamaran via email terasa sederhana, bukan?

Setelah berhasil mengikuti prosedur pengiriman lamaran kerja lewat email, baik melalui komputer maupun ponsel, langkah berikutnya adalah menjaga etika dan menantikan hasil dengan kesabaran serta doa.

Semoga lamaranmu berhasil dan mendapatkan undangan untuk wawancara.

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Berikut merupakan beberapa model surat lamaran pekerjaan yang dapat kamu sisipkan dalam teks email yang akan kamu kirimkan kepada perusahaan. Pilih dengan bijak untuk meningkatkan kesan profesional.

1. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Subject: Lamaran Pekerjaan – Staff Admin Penjualan

Kepada Yth.
Bapak/Ibu HRD,

Salam sejahtera,

Saya, Kirana Widjaya, fresh graduate jurusan Bisnis Administrasi, tertarik melamar sebagai Staff Admin di PT. Berlomba Mencetak Kain. Saya yakin memiliki keterampilan pemecahan masalah, manajemen waktu, dan detail-oriented.

Pengalaman sebagai Sekretaris BEM menunjukkan kemampuan administrasi saya. Mahir menggunakan Microsoft Office, saya siap berkontribusi positif pada perusahaan ini. Kontak saya: +62812-3456-7890, lampiran dokumen terlampir.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Salam hormat,
Kirana Widjaya

2. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Subject: Lamaran Pekerjaan – Admin Penjualan di PT. Berlomba Mencetak Kain

Kepada Yth. HRD PT. Berlomba Mencetak Kain

Dengan hormat,

Saya, Olivia Hendarta, menemukan informasi lowongan Admin Penjualan melalui job fair Universitas Esa Unggul. Saya tertarik untuk melamar posisi tersebut dan bersedia mengikuti setiap tahapan seleksi yang diperlukan.

Berikut adalah informasi singkat tentang diri saya:

  • Nama: Olivia Hendarta
  • Tempat, Tanggal Lahir: Tasikmalaya, 14 Juli 2001
  • Pendidikan: S1 Akuntansi, Universitas Indonesia

Saya telah melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu langsung dalam wawancara guna menjelaskan lebih rinci tentang pengalaman dan keterampilan saya yang dapat membantu kemajuan PT. Berlomba Mencetak Kain.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Saya sangat berharap dapat bergabung dan berkontribusi di perusahaan ini.

Hormat saya,
Olivia Hendarta
olivia.hendarta@gmail.com
+62851-1234-1234

3. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Subject: Lamaran Pekerjaan: Admin Penjualan di PT. Berlomba Mencetak Kain

Kepada Yth.
Bpk./Ibu. Pimpinan PT. Berlomba Mencetak Kain
Kabupaten Semarang

Dengan Hormat,

Saya, Olivia Hendarta, merespon lowongan Admin Penjualan yang diumumkan pada Glints pada 28 Februari 2021. Dengan ini, saya mengajukan diri untuk bergabung dalam tim PT. Berlomba Mencetak Kain.

Berikut biodata singkat saya:

Nama: Olivia Hendarta
Tempat / tanggal lahir: Jakarta, 12 Mei 1995
Jenis kelamin: Perempuan
Pendidikan terakhir: S1 Manajemen Bisnis
Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 123, Jakarta
No. telepon: 081234567890

Saat ini, saya dalam kondisi sehat baik rohani maupun jasmani. Saya mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, serta memiliki pengalaman administratif selama 2 tahun di bidang penjualan tekstil.

Lampiran:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi SKCK
  5. Fotokopi Ijazah Terakhir
  6. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja

Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap seleksi lebih lanjut. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,
Olivia Hendarta

Tips mengirim CV lewat Email di HP

Mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email menggunakan perangkat HP tidaklah sulit. Inilah panduan sederhana untuk mengirimkan CV dan surat lamaran kerja melalui email menggunakan smartphone!

Aspek yang perlu dicermati saat mengirim lamaran melalui email di perangkat HP:

1. Ukuran File Lampiran

Jika kamu telah menyiapkan semua dokumen dalam format PDF dan menyimpannya di perangkat atau Drive, proses mengunggahnya akan menjadi lebih lancar.

Pastikan total ukuran file lampiran tidak melebihi 1MB; jika jumlah file besar, hindari melebihi 2MB agar HR tidak enggan mengunduhnya karena membutuhkan ruang memori yang signifikan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengirim file melalui email di perangkat seluler:

  1. Buka aplikasi email dan buka pesan yang akan di-reply.
  2. Ketuk ikon klip di pojok bawah layar.
  3. Pilih “Lampirkan File” jika dokumen disimpan di perangkat, atau pilih “Sisipkan dari Drive” jika dokumen berada di Drive.

2. Taruh Surat di Catatan HP

Surat permohonan pekerjaan akan di-copy dan tempelkan dalam badan email, mengeliminasi kebutuhan mengetik ulang saat sudah tersedia di perangkat seluler.

3. Teliti dalam Memeriksa

Mengirim CV melalui email di perangkat HP sebetulnya mirip dengan proses melakukannya di komputer, meskipun perlu diakui bahwa layar dan keyboard HP cenderung lebih kecil.

Oleh karena itu, potensi kesalahan dalam pengiriman CV melalui email menggunakan HP dapat lebih tinggi. Tetapi, dengan rajin memeriksa dan mengoreksi sebelum mengirim, risiko tersebut dapat diminimalkan.

Inilah tata cara mengirim lamaran pekerjaan melalui email yang dapat menambah wawasan tentang langkah-langkah dalam proses pengiriman CV.

Semoga panduan ini membantu memperluas pengetahuan dan membawa kesuksesan dalam pencarian pekerjaan. Semangat dan sukses selalu dalam perjalanan mencapai pekerjaan impian!


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal