SemutAspal

Cara Mengubah Foto ke PDF dengan Cepat

Cara mengubah foto ke PDF
Cara mengubah foto ke PDF

Umumnya, banyak pengguna membutuhkan konversi foto ke format dokumen PDF untuk berbagai keperluan, seperti melampirkan gambar dalam lamaran pekerjaan atau untuk keperluan tugas yang mensyaratkan penggunaan format PDF.

Gambar atau foto biasanya tersimpan dalam format JPG/JPEG. Bagi yang ingin melakukan konversi dari foto JPG ke dokumen PDF, prosesnya dapat dilakukan secara mudah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

Tetapi, bagaimana langkah-langkahnya? Di bawah ini, kami akan memberikan cara mengubah foto ke PDF yang dapat kamu ikuti.

Cara Mengubah JPG ke PDF via HP Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengonversi gambar JPG menjadi file PDF menggunakan perangkat Android, khususnya pada ponsel Xiaomi Redmi Note 10S:

  1. Mulailah dengan membuka galeri ponsel untuk mengakses koleksi foto.
  2. Pilihlah foto yang hendak diubah menjadi dokumen PDF.
  3. Untuk memulai proses konversi, sentuh ikon “Bagikan”, biasanya terletak di bagian atas atau bawah layar, dan umumnya ditandai dengan sebuah panah menghadap ke luar.
  4. Pilih opsi “Cetak” yang ditandai dengan ikon printer. Proses ini akan memungkinkanmu untuk menyimpan gambar sebagai file PDF.
  5. Di bagian paling atas layar, carilah opsi “Simpan sebagai PDF” dan ketuk ikon PDF yang terkait.
  6. Setelah memilih opsi tersebut, kamu akan diarahkan untuk menentukan lokasi penyimpanan file PDF yang baru.
  7. Terakhir, ketuk opsi “Simpan” untuk menyimpan file PDF yang baru dibuat.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat dengan mudah mengonversi gambar JPG menjadi file PDF langsung dari ponsel pintarmu, tanpa memerlukan aplikasi tambahan atau perangkat keras khusus.

Cara Mengubah JPG ke PDF via HP iPhone

Langkah-langkah mengonversi gambar JPG ke format PDF menggunakan perangkat iPhone:

  1. Akses galeri gambar pada perangkat iPhone.
  2. Pilih gambar yang ingin diubah menjadi dokumen PDF.
  3. Tekan ikon “Bagikan” yang biasanya berupa panah menghadap ke atas.
  4. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Print” di menu yang muncul.
  5. Ketuk ikon “Bagikan” kembali, yang terletak di pojok kanan atas layar.
  6. Pilih opsi “Save to Files” untuk menyimpan dokumen PDF yang dihasilkan.
  7. Terakhir, pilih “Save” untuk menyelesaikan proses penyimpanan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat dengan mudah mengonversi gambar JPG menjadi format PDF secara langsung melalui perangkat iPhone.

Cara Mengubah Foto ke PDF melalui Adobe.com

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengonversi gambar atau foto menjadi format PDF menggunakan layanan yang disediakan oleh Adobe.com melalui peramban pada perangkat HP Android atau iPhone:

  1. Akses situs web resmi Adobe melalui tautan https://www.adobe.com/acrobat/online/jpg-to-pdf.html menggunakan peramban di perangkat seluler.
  2. Setelah situs terbuka, temukan dan klik tombol yang bertuliskan “Select a file” untuk memilih gambar atau foto yang ingin diubah menjadi PDF.
  3. Selanjutnya, telusuri dan pilih gambar yang ingin dikonversi. Pastikan untuk memilih gambar dengan cermat sesuai kebutuhan.
  4. Setelah memilih gambar, tunggu sebentar hingga proses konversi selesai. Adobe akan melakukan proses ini dengan cepat dan efisien.
  5. Begitu proses konversi selesai, kamu akan diberi opsi untuk mengunduh file PDF yang baru dibuat. Klik tombol “Download” untuk menyimpannya langsung ke perangkat selulermu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengubah gambar atau foto menjadi format PDF dengan bantuan layanan yang disediakan oleh Adobe.com melalui peramban di perangkat selulermu.

Itulah cara mengubah foto ke PDF secara efisien. Dengan panduan ini, kamu dapat dengan cepat menghasilkan dokumen PDF dari koleksi foto. Semoga informasi ini bermanfaat dalam mengelola dan menyusun berbagai file digital dengan lebih efektif.

Baca juga artikel menarik lainnya di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal