SemutAspal

Penulisan Kata Disini atau di Sini sesuai KBBI

Penulisan kata disini atau di sini
Penulisan kata disini atau di sini

Seringkali, para siswa bertanya, apakah yang benar: “disini” atau “di sini”, menurut KBBI? Meskipun kita menggunakan bahasa Indonesia setiap hari, memahami bahasa ibu bisa menantang. Terdapat kompleksitas dalam materi dan kosakata yang harus dikuasai.

Meski dianggap rumit, pelajaran bahasa Indonesia penting untuk dikuasai, terutama dalam hal penulisan kata yang benar. Temukan jawaban dan manfaat belajar bahasa Indonesia dengan lebih mendalam.

Penulisan Disini atau Di Sini sesuai KBBI

Merujuk pada Kridalaksana (2001) dalam karya berjudul “Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik)” oleh Yendra (2018:4), bahasa adalah sistem simbol suara yang digunakan oleh individu dalam komunitas untuk interaksi, komunikasi, dan identitas. Setiap bahasa unik dengan karakteristiknya sendiri.

Dalam penulisan bahasa Indonesia, terdapat aturan khusus yang perlu diperhatikan terutama dalam menulis karya tulis atau jurnal. Salah satunya adalah penggunaan yang tepat antara kata depan “di” dan “ke”, yang seringkali disalahartikan meskipun sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Biasanya, kata “di” dipisah saat digunakan sebagai kata depan, terutama dalam konteks waktu atau tempat, seperti “di dalam lemari” atau “di hari Senin”. Oleh karena itu, yang benar antara “di sini” dan “disini” adalah “di sini” karena pemisahan kata “di” menandakan tempat.

Namun, penting untuk diingat bahwa kata “di” harus disambungkan dengan kata yang mengikuti. “Di” dan “ke” harus bersambung saat diikuti oleh kata kerja, berperan sebagai awalan untuk kata kerja. Misalnya, “Adi ditinggal temannya ke sekolah”.

Bahasa Indonesia berperan sebagai alat komunikasi universal di Indonesia, memungkinkan interaksi lintas suku. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan sesuai KBBI akan meningkatkan pemahaman pembaca.

Temukan kebenaran antara “disini” atau “di sini”. Artikel ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan penulisan bahasa Indonesia. Lanjutkan membaca beberapa artikel berikut jika tertarik:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal