Fakta Menarik Menara Eiffel, Awalnya Bukan untuk Paris

Fakta menarik tentang Menara Eiffel

Jika berbicara tentang Prancis, banyak dari kita akan langsung teringat dengan Menara Eiffel yang berada di Paris. Menara tersebut sangat ikonik dan identik dengan Paris dan Prancis, akan sangat berat jika pergi ke Paris tanpa mampir ke Menara Eiffel.

Menara Eiffel diresmikan pada 31 Maret 1889 dalam sebuah upacara meriah. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintahan saat itu, termasuk Perdana Menteri Perancis Pierre Tirard, dan 200 pekerja konstruksi menara itu.

Menara Eiffel adalah sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars, tepi Sungai Seine, Paris. Arsitek Menara Eiffel adalah Emile Nouguier, Maurice Koechlin, dan Stephen Sauvestre.

Mungkin belum diketahui banyak orang, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Menara Eiffel yang harus kamu ketahui.

Pernah Jadi Bangunan Tertinggi di Dunia

Menara Eiffel dinamai menurut nama perancangnya yakni Gustave Eiffel. Menara Eiffel dengan tinggi 325 meter adalah salah satu struktur terkenal dan bangunan tertinggi di Paris. Termasuk antena setinggi 24 meter, tingginya 325 meter sejak tahun 2000 dan berat Menara Eiffel sekitar 10.100 ton.

Saat peresmiannya pada 1889, Eiffel dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di dunia. Rekor itu disandangnya selama kurang lebih 41 tahun hingga Chrysler Building (319 meter) di New York (Amerika Serikat) selesai dibangun pada tahun 1930.

Menara ini sekarang adalah yang tertingggi kelima di Prancis dan paling tinggi di Paris. Untuk rekor bangunan tertinggi, kini dimiliki oleh Burj Khalifa di Kota Dubai, Uni Emirat Arab dengan ketinggian yang mencapai 828 meter.

Iklan Citroën antara 1925 hingga 1934
Iklan Citroën di Menara Eiffel antara 1925 hingga 1934

Sudah Dicat Ulang Lebih dari 18 Kali

Landmark terkenal Kota Paris ini telah dicat ulang hingga 18 sejak pertama kali dibangun. Perawatan tersebut dilakukan setidaknya 7 tahun sekali untuk menjaganya dari karatan.

Dalam setiap pengecatan dibutuhkan cat sebanyak 50 hingga 60 ton. Cat sebanyak itu dipakai untuk melapisi setidaknya 250 ribu meter persegi besi menara yang satu ini. Tiga warna berbeda digunakan pada menara ini, warna gelap di bawah dan warna terang di atas.

Warna cat Eiffel berganti-ganti, dari merah kecoklatan hingga cokelat metalik. Di tingkat pertama menara ini, kamu dapat melihat konsol interaktif yang memberitahukan warna pengecatan selanjutnya.

Awalnya Bukan untuk Paris

Struktur ini dibangun sebagai pintu masuk Exposition Universelle yang merayakan seabad Revolusi Prancis. Eiffel awalnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi pemerintah Barcelona menganggapnya aneh, mahal, dan tidak cocok dengan kota itu.

Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim konsepnya kepada pemerintah Paris. Setelah disetujui, dia membangun menaranya setahun kemudian. Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889 dan dibuka tanggal 6 Mei.

Dikritik oleh Masyarakat

Fakta menarik bahwa pada awalnya, Menara Eiffel mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun karena mengganggu pemandangan. Surat kabar dipenuhi dengan kritikan dari komunitas seni di Paris.

Pengarang novel Guy de Maupassant yang membenci menara itu selalu makan siang di restoran Menara. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris yang tidak terlihat pemandangan menara.

Menara ini memiliki dua restoran yakni Altitude 95 di tingkat pertama dan Jules Verne, sebuah restoran gastronomis mahal di tingkat kedua, dengan lift khusus.

Pemandangan di bawah Menara Eiffel
Pemandangan di bawah Menara Eiffel

Sebenarnya akan Dihancurkan setelah 20 Tahun Berdiri

Eiffel hanya mengantongi izin mendirikan Menara Eiffel selama 20 tahun. Setelah berakhir pada 1909, menara itu diserahkan pada pemerintah Kota Paris. Namun, karena menara itu memberi keuntungan strategis dalam komunikasi dan pariwisata maka menara tersebut dibiarkan berdiri.

Militer menggunakan menara itu untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan dipakai sebagai monumen kemenangan pertempuran itu.

Telah lebih dari 200 juta orang mengunjungi menara ini sejak tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia. Menara ini menerima tamu ke-200.000.000 pada tahun 2002.

Selain kemegahan arsitekturnya, wisatawan dapat menikmati keindahan lanskap Kota Paris dari atas menara. Menara Eiffel selalu jadi tujuan favorit wisatawan yang sedang memadu kasih karena suasana romantis yang ditawarkan olehnya.

Dipenuhi dengan 20 Ribu Lampu

Menara ini diterangi oleh 20 ribu bola lampu yang menyala saat malam hari. Lampu di menara tersebut akan menyala selama lima menit setiap satu jam sekali. Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan cahaya di Menara Eiffel yang digelar pada waktu-waktu tertentu.

Meski kontroversial dan diperdebatkan, ada satu aturan yang harus ditaati setiap orang di sana. Kamu dilarang mengambil bahkan mengunggah foto pertunjukkan cahaya di Menara Eiffel karena dilindungi oleh hak cipta.

Menara Eiffel tersambar petir
Menara Eiffel tersambar petir.

Bonus Fakta Menarik

  • Tahun 1902, menara ini tersambar petir.
  • Tahun 1925, pelukis Victor Lustig “menjual” menara ini sebagai besi tua.
  • Antara 1925 hingga 1934, papan iklan untuk Citroën memenuhi tiga dari empat sisi menara, menjadikannya papan iklan tertinggi di dunia pada waktu itu.
  • Sebelum pendudukan Nazi di Paris tahun 1940, kabel lift Menara Eiffel dipotong oleh orang Prancis sehingga Adolf Hitler harus menaiki tangga ke puncaknya.
  • Tahun 1940 tentara Nazi harus memanjat ke atas untuk mengibarkan swastika, tapi karena bendera tersebut terlalu besar maka bendera itu tertiup angin beberapa jam kemudian, setelahnya digantikan dengan yang lebih kecil.
  • Ketika mengunjungi Paris, Hitler memilih berada di bawah. Dikatakan bahwa Hitler menguasai Prancis, bukan Menara Eiffel.
  • Seorang Prancis mengukur menara selama pendudukan Jerman untuk mengibarkan bendera Prancis.
  • Ketika Sekutu mendekati Paris pada Agustus 1944, Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz, gubernur militer Paris, meratakan menara bersama seluruh kota. Namun, Von Choltitz menolak perintah itu.
  • Buka halaman berikut apabila ingin melihat Menara Eiffel dari atas.

Itulah fakta menarik tentang Menara Eiffel yang awalnya tidak dharapkan tetapi kini jadi ikon Kota Paris.