SemutAspal

Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik

Cara membuat judul artikel yang menarik
Cara membuat judul artikel yang menarik

Judul, deskripsi penelusuran, dan URL konten itu memegang peranan yang amat penting di SERP. Tidak hanya itu, ketiga hal di atas sangat berperan penting dalam hal rasio klik artikel di halaman hasil pencarian.

Pada kali ini, kamu perlu tau bagaimana cara membuat title konten pada blog yang bisa mendatangkan pengunjung pada blog. Sebagai contoh mari kita bersama mengunjungi mesin pencari (Google) dengan kata kunci “Cara menghitung SHU”.

Cara membuat judul yang tepat
Cara membuat judul artikel yang menarik

Kira-kira yang manakah yang mendapat klik terbanyak? Kita sama-sama tau. Dari gambar itu saja kita sudah dapat menyimpulkan bahwa title, URL, dan deskripsi penelusuran sangatlah penting. Ya kan?

Baiklah, saya akan membimbingmu untuk membuat paket tersebut dengan benar dan menghasilkan traffic secara efektif.

Cara Membuat Judul Artikel

Yang dipikirkan orang tentang title adalah gambaran ringkas mengenai artikel yang tersaji. Jadi, kita tau apa yang sedang dibahas di artikel lewat title. Ketika kamu bermain dengan dunia blogging dan search engine, title yang biasa-biasa saja tidak akan laku.

Title yang tersaji di hasil pencarian harus memikat, menggoda, dan bikin penasaran. Karena, ketika salah satu kontenmu di halaman 1 Google dengan title yang kurang menggoda, yang mengeklik akan sedikit meski kontenmu itu sebenarnya berkualitas.

Mubazir bukan? Coba tips ini untuk membuat title yang baik.

1. Gunakan Angka

Pada dasarnya manusia tertarik dengan angka-angka yang besar untuk jumlah uang, banyaknya opsi, dan berbagai hal yang menguntungkan lainnya. Serta, angka-angka kecil untuk sesuatu yang ingin disederhanakan dan ingin dilakukan dalam waktu cepat.

Contoh: 25 Cara Menurunkan Berat Badan dalam Waktu 1 Bulan

Rasio kliknya akan berbeda jika memilih judul, 5 Cara Menurunkan Berat Badan dalam Waktu 30 Hari. Dan berbagai kreasi lainnya yang dapat kamu coba dengan memanfaatkan angka sebagai judul konten.

2. Kata-Kata yang Melebihkan

Sifat alami manusia tertarik dengan sesuatu yang lebih WOW. Ya. Ini trik sederhana, kamu bisa membuat sebuah judul konten yang mengandung kata terbaik, terbaru, terhebat, terlucu, ter dan ter lainnya.

Namun perlu diingat, sesuatu yang sudah lebih jangan dilebih-lebihkan lagi. Bikin geli nanti. Contoh seperti berikut:

Cara membuat boneka panda terimut untuk pacar -> judul konten masih wajar
Cara membuat boneka panda terimut ternggemesin untuk pacar tercinta -> judul konten terlalu berlebihan

3. Buat Kalimat Pertanyaan

Gunakanlah cara ini dalam membuat judul konten untuk membangkitkan emosi pembaca.

Opsi pertama

Buat pertanyaan yang sederhana namun menjurus tepat pada sasaran, dan hanya ada 2 jawaban ya dan tidak.

Opsi kedua

Buat pertanyaan yang butuh banyak penjelasan dan jawaban yang kamu berikan memang yang paling dibutuhkan.

Teknik ini agak sulit dilakukan jika belum paham dengan bidang yang digeluti. Jadi ketika belum paham jangan gunakan teknik ini, karena ketika tidak bisa menjawab pertanyaanmu sendiri maka kredibilitas akan jatuh.

4. Nyatakan Sesuatu yang Menarik

Ketika mencari informasi di internet, pasti kamu mencari konten yang paling bisa dipercaya bukan? Itu adalah sifat dasar manusia, butuh sesuatu yang bisa dipercaya.

Maka kamu bisa membuat kalimat “pamer” sebagai judul konten lalu menyajikan bukti-bukti kalau kamu pantas “pamer” di konten. Sebagai bandingan saja:

  1. Cara Meningkatkan Traffic Blog sebesar 300,79% dalam 1 Minggu [Studi Kasus]
  2. Cara Meningkatkan Traffic dari Blogspot

Kira-kira, jika ada judul konten seperti itu di hasil pencarianmu memilih yang mana? Kalau saya sih memilih konten nomor 1. Karena, selain ada angka yang besar (300,79%) terdapat juga kata “STUDI KASUS”.

Ketika saya membaca kata studi kasus di pikiran saya ada kata, “Orang ini berarti sudah pernah mencobanya dan berhasil.” Apakah pendapatmu sama dengan saya tentang ini?

5. Pakai Kata Negatif

Buatlah sebuah judul yang memuat kata negatif seperti jangan, lupakan, tidak, atau kata negatif lainnya. Pada dasarnya manusia itu tertarik dengan sesuatu yang “menolak”. Sesuatu yang berbeda dan melawan arus. Jadi ketika mendapatkan sebuah ide, buatlah judul dengan mengandung kata negatif ini.

Contohnya:

Ide: Cara Membuat Origami Pesawat
Judul: Cara Cepat Membuat Origami Pesawat tanpa Lem

6. Masukkan Kata Spesifik

Langsung saja pada contoh: Cara Melatih Danton agar Suaranya Lebih Keras. Tau maksudnya? Ya benar. Arahkanlah pengunjung untuk penasaran dengan langkah-langkah melatih danton sesuai kebutuhan.

Kalimat spesifik seperti ini akan lebih menarik bagi mereka yang memiliki permasalahan yang sama.

7. Meniru Pesaing

Ketika sudah mentok, kamu bisa meniru konten pesaing namun dengan melakukan sedikit perubahan. Teknik ini telah saya jelaskan di postingan konten kompetitor.

Semangat!

Kamu sekarang sudah bisa membuat judul konten yang berpengaruh pada traffic blogmu. Lanjutkan membaca cara membuat permalink yang tepat. Teknik-teknik di atas bisa kamu gunakan untuk membuat judul konten blogmu lebih menarik lagi.

Dengan catatan, sesuaikan antara isi konten dengan teknik-teknik di atas. Kalimat judul yang benar tidak mengandung tanda baca titik, setiap huruf pada awal kata yang digunakan sebagai judul harus menggunakan huruf kapital kecuali kata penghubung.

Oke? Selamat mencoba. Ketika ingin menyatakan suatu pertanyaan atau pertanyaan, bagikan itu melalui komentar di bawah. Dengan senang hati saya akan menanggapinya.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal