SemutAspal

Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca? Ini Penyebabnya

Kartu SIM tidak terbaca
Kartu SIM tidak terbaca

Kartu SIM yang tidak terbaca kerap menjadi masalah umum akhir-akhir ini. Tentu kejadian ini sangat menjengkelkan, mengingat pada saat kartu tidak dibaca maka smartphone tidak bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya sehingga banyak orang mengeluhkan kenapa kartu SIM tidak dibaca.

Kartu SIM merupakan benda vital saat menggunakan HP sehingga kehadiran si kecil begitu berarti untuk dapat menjalankan aktivitas semestinya. Tentunya pengguna harus mengetahui apa penyebab kartu tersebut tidak dapat dibaca agar segera mendapatkan solusinya.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kartu SIM tidak dapat dibaca, yang antara satu kejadian dan kejadian lain bisa saja berbeda, sehingga kamu tetap harus melakukan deteksi terkait penyebab kartu tidak dapat dibaca. Berikut penyebab paling umum kartu SIM tidak terbaca.

1. Usia Kartu

Usia kartu menjadi penyebab paling utama masalah ini terjadi. Tidak dapat dipungkiri memang bahwa setiap barang memiliki waktu produktifnya masing-masing sehingga jika sudah berhubungan dengan usia maka dapat diwajarkan mengapa kartu SIM tidak terbaca.

Penggunaan kartu SIM yang terlalu lama dapat membuat material penyusun kuningan atau plastic mengalami penurunan performa. Lama kelamaan material tersebut akan tidak layak digunakan sehingga berujung membuat kartu SIM tidak dapat terdeteksi dan tidak dapat digunakan.

2. Kerusakan pada Kuningan

Alasan selanjutnya mengapa kartu SIM tidak terbaca adalah kerusakan kuningan. Kuningan merupakan bagian paling penting dari sebuah kartu yang menyimpan beberapa data dan informasi penting milik pengguna, sehingga kerusakan pada komponen ini menyebabkan kartu SIM tidak bisa lagi digunakan.

Jika kamu sering memindahkan kartu dari satu HP ke HP lainnya, itu dapat menjadi penyebab kerusakan pada kuningan. Pasalnya, kuningan tersebut sering mengalami gesekan yang dapat merusak sehingga jika kartu SIM tidak dapat terbaca maka kamu bisa refleksi seberapa sering memindahkan kartu antar HP.

3. Overheat

Alasan lain mengapa kartu tidak dapat dibaca adalah sistem yang overheat. Tidak hanya ponsel saja yang akan ngehang pada saat overheat, kartu SIM juga dapat mengalami hal serupa.

Kartu SIM yang overheat disebabkan oleh letak kartu pada daerah yang lebih panas. Hal ini bisa terjadi pada beberapa tipe HP tertentu sehingga kartu SIM akan mengalami panas yang berujung overheat.

Mengatasi Masalah

Setelah mengetahui penyebab mengapa kartu SIM tidak dapat dibaca maka selanjutnya kamu harus bisa mengatasi permasalahan tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti melepas kartu secara paksa sementara. Cara ini bisa digunakan layaknya kamu merestart smartphone yang ngehang.

Mencoba memasang SIM card lain pada HP juga bisa menjadi salah satu deteksi dini ketika masalah ini terjadi. Jika setelah memasang kartu lain dapat dibaca, maka yang bermasalah adalah kartu SIM. Begitu pula sebaliknya, jika tetap tidak terbaca meski sudah diganti maka yang bermasalah adalah HP kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba membersihkan kartu SIM dari beberapa kotoran yang menempel. Caranya bisa dilakukan dengan cara menggosok secara perlahan menggunakan penghapus. Penghapus dipercaya mampu membersihkan dari debu-debu mikro pada SIM card.

Penggunaan yang terlalu lama dapat menyebabkan kartu kotor tertutup debu sehingga harus untuk dibersihkan. Jika setelah dibersihkan kartu masih tetap tidak terdeteksi, maka kamu bisa coba untuk datang ke operator menanyakan kenapa kartu SIM tidak terbaca.

Baca juga artikel menarik di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal