SemutAspal

YouTube Studio Aplikasi dan Cara Menggunakan

Youtube Studio
Youtube Studio

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan YouTube. YouTube adalah platform berbagi video yang dipakai banyak orang untuk mencari rezeki. Salah satu alat yang diberikan YouTube untuk mempermudah kerja para content creator adalah YouTube Studio.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian, kegunaan, dan cara menggunakan layanan YouTube satu ini. Selain itu, di sini juga akan kami bahas tentang bagaimana cara konten creator bekerja menggunakan layanan yang telah disediakan ini.

Untuk proses pembuatan video YouTube, content creator bisa melakukannya dengan upload video tanpa edit, upload video yang telah diedit simple, atau upload dengan edit via layanan YouTube satu ini

Apa Itu YouTube Studio?

Pengertian YouTube Studio adalah tempat bagi content creator YouTube untuk mengelola channel milik mereka, termasuk menganalisa, berinteraksi dengan penonton livestream, hingga bergabung ke YouTube Partner Program.

Bisa dibilang bahwa ini merupakan sebuah alat yang bisa digunakan para content creator untuk mengelola channel melalui berbagai fiturnya sehingga creator wajib menguasai alat ini jika ingin mengembangkan channel menjadi lebih baik.

Logo YouTube
Logo YouTube

Cara Mengakses lewat Website

Kamu bisa mengakses langsung layanan YouTube ini dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Pastikan kamu sudah memiliki akun Google yang terhubung dengan channel YouTube.

  1. Buka halaman Studio YouTube
  2. Login ke akun Google yang terhubung dengan kanal YouTube
  3. Kamu sudah di dashboard

Jika ingin menggunakan YouTube Studio untuk beberapa akun berbeda, kamu mungkin akan dimintai kode autentikasi ketika login.

Fitur

Ada berbagai fitur yang memudahkan manajemen channel serta melihat data terkait penonton video kamu. Berikut adalah fitur-fitur yang bisa kamu temukan di layanan ini.

  • Manajemen channel dan deskripsinya
  • Manajemen video yang diupload serta live stream
  • Upload video dan memulai live stream baru
  • Menghubungi customer service YouTube
  • Buat dan kelola playlist yang dimiliki
  • Melihat data performa kanal melalui fitur analytics
  • Bisa dimanfaatkan untuk mengikuti perkembangan terbaru

Itulah pengertian, manfaat, dan kegunaan dari YouTube Studio sebagai alat yang membantu para YouTuber mengelola channel.

Baca juga artikel terkait di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal