Kesalahan Fresh Graduate setelah Masuk Kerja

  • 1
    Share

Bagi seorang fresh graduate, dunia kerja adalah tempat yang penuh dengan jebakan kesalahan. Jika tidak berhati-hati, impian sedari kecil kemungkinan besar tidak akan terwujud. Di sana kita akan bertemu dengan realitas yang bisa saja berbenturan dengan ekspektasi kita selama ini.

Kesalahan fresh graduate

Kesalahan Fresh Graduate

Dunia kerja sangat berbeda dengan bangku sekolah maupun kuliah. Ketika pertama kali masuk ke dunia kerja, kita akan menyesuaikan diri lagi. Ada banyak hal yang ternyata belum kita pelajari di bangku pendidikan dan itu menuntut kita untuk belajar dengan cepat.

Tapi kita tidak akan terlalu banyak membahas keluh kesah soal bekerja. Kali ini kita akan membahas kesalahan yang kemungkinan besar akan dilakukan oleh fresh graduate.

1. Terlalu Lama Bermain

Terlalu lama bermain adalah salah satu kesalahan fresh graduate

Menjalani hari kerja tentu membuat kita penat. Kegiatan yang itu-itu saja berjalan setiap minggunya. Dengan begitu, banyak dari fresh graduate menghabiskan akhir pekannya dengan bermain.

Tidak ada salahnya memang, tapi bermain harus dibatasi waktunya. Andaikan kita diberi waktu libur sehari saja, maka manfaatkan sebagian waktu kita untuk beristirahat.

Jangan sampai karena merasa sudah bekerja maka kita bisa melakukan apapun semau kita. Selain tubuh perlu beristirahat, kita harus mulai belajar manajemen keuangan.

2. Menghabiskan Gaji

Menghabiskan gaji

Ketika pertama kali mendapatkan gaji, banyak dari fresh graduate merasa telah menjadi orang yang paling berhasil. Dengan perasaan seperti itu, gaji bulanan yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sebulan malah habis dalam semalam.

Akan sangat susah jika tidak mulai belajar menahan keinginan. Sebab, keinginan kita sebagai manusia tentu tidak akan pernah ada habisnya.

3. Melupakan Kesehatan Tubuh

Melupakan kesehatan tubuh

Sudah disinggung di poin sebelumnya, kesehatan tubuh adalah hal termahal yang kita miliki. Jangan sampai kita terlalu lelah bekerja maupun bermain dengan teman.

Gunakan hari libur semaksimal mungkin untuk beristirahat. Pekerjaan di hari kerja biarlah diselesaikan saat hari kerja. Jangan buang hari liburmu untuk memikirkan hal-hal berat.

4. Menyepelekan Pekerjaan

Menyepelekan pekerjaan

Mungkin kita saat kuliah dapat mengerjakan skripsi atau tugas akhir sendirian dengan baik. Tapi di dunia kerja, kita perlu berinteraksi dengan rekan dan kolega.

Jangan menyepelekan tugas-tugas yang terkesan sederhana sebab dari pekerjaan sederhana itulah kita dibayar agar memberikan hasil terbaik.

5. Tidak Mulai Berinvestasi

Tidak mulai berinvestasi

Bagi saya, investasi bisa dimulai dengan nominal berapapun. Tak usah terlalu besar karena yang terpenting adalah tidak memasukkan semua uang dalam satu kantong. Mulailah investasi yang sederhana seperti reksadana atau emas.

Sisihkan beberapa persen dari pendapatan agar tidak hanya mengendap di rekening. Lakukan itu setiap gajian dan rasakan hasilnya setidaknya beberapa bulan ke depan.


  • 1
    Share