SemutAspal

Apa Saja Keuntungan Beriklan dengan Google AdWords?

Google Ads
Google Ads

Semua orang pasti ingin mendapatkan keuntungan dalam segala hal. Namun untuk memperolehnya kamu harus melakukan sesuatu, salah satunya dengan cara beriklan menggunakan Google Adwords.

Untuk mengetahui apa saja keuntungan beriklan dengan Google Adwords kamu bisa mencari tahu informasinya yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Apa Google Adwords Itu?

Sebelum mencari tahu apa saja keuntungan yang bisa didapatkan saat beriklan dengan perangkat ini, pahami lebih dulu apa itu Google Adwords. Jadi Google Adwords merupakan salah satu layanan dari Google untuk mempromosikan bisnis yang kamu miliki.

Cara kerjanya yakni, kamu harus memiliki kata kunci untuk mengiklankan bisnismu supaya bisa muncul pada search engine. Kemudian perlu diketahui bahwa di tahun 2018 Google secara resmi mengubah nama fitur Adwords menjadi Google Ads.

Walaupun ada pergantian nama tapi untuk system dan cara menggunakannya tidak ada perubahan satu pun. Sehingga kamu tidak perlu takut akan ada informasi tambahan yang belum diketahui.

Keuntungan Beriklan dengan Google Adwords

Dengan kehadiran Google Adwords bisnis kamu dapat lebih mudah dipasarkan. Fiturnya sangat membantumu menjangkau lebih banyak audiens sehingga bisa meningkatkan target penjualan. Proses pemasarannya akan lebih menarik dan memperoleh keuntungan seperti di bawah ini.

1. Menghemat Biaya

Keuntungan pertama menggunakan Google Adwords yakni dapat mengemat biaya pemasangan iklan. Karena pemasangan iklan di Google Adwords mulai dari Rp. 50.000 saja. Sehingga biaya lebihnya dapat kamu gunakan untuk keperluan lain.

Jika ingin biaya pemasangannya lebih murah lagi, kamu bisa menggunakan PPC atau strategi pay per click pada iklan yang kamu tayangkan. Dengan penayangan itu, kamu hanya dikenakan tarif saat target atau konsumen mengklik iklan yang dipasang.

2. Mampu Menguasai Pasar Online

Google Adwords mampu membantumu menguasai pasar online. Karena iklan yang kamu pasang pasti akan muncul pada search engine Google. Hampir 97% presentase search engine Indonesia menguasai mesin pencarian terbanyak.

Maka dari itu, iklan kamu dipastikan mampu tembus pasar online dengan presentasi tersebut. Sehingga produkmu dapat terjual dan membantumu memperoleh pendapatan. Keuntungan ini hanya didapatkan pada Google, karena pada platform lain persentasenya pasti berbeda-beda.

3. Membuat Target Pasar Lebih Spesifik

Selanjutnya, keuntungan yang akan didapatkan adalah target pasarmu jadi lebih spesifik. Kamu dapat mengatur iklan ditampilkan di perangkat apa sesuai dengan pengaturan yang dilakukan. Pada akhirnya, targetnya dapat terprediksi dengan jelas sesuai dengan jadwal tayangnya.

4. Menjangkau Audiens Lebih Banyak

Dengan Google Adwords kamu dapat menjangkau audiens lebih banyak sehingga keuntungan yang diperoleh juga bertambah. Sistem akan bekerja dengan semaksimal mungkin untuk mendapatkan audiens sehingga kamu hanya perlu menunggu iklan dibaca oleh audiens.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Adwords?

Informasi selanjutnya yang perlu kamu ketahui yakni mengenai cara menggunakan Google Adwords untuk mendapat keuntungan lebih banyak. Caranya dapat kamu ketahui sebagai berikut.

  1. Pertama, buka dan masuk akun Google dengan email yang kamu miliki
  2. Jika sudah masuk, pilih ‘pick a goal for your ad’
  3. Tentukan tujuan yang ingin kamu capai untuk iklan kamu seperti: take an action on your website, visit your storefront, dan call your business
  4. Kemudian kamu lanjutkan dengan memilih target lokasi sesuai kebutuhan bisnis
  5. Sesuaikan kategori dengan bisnis yang kamu geluti, misal bisnis makanan maka kategori yang dipilih yakni kuliner
  6. Selanjutnya buat Salinan untuk iklan dengan cara copywriting
  7. Buat dan masukan logo atau foto bisnis setelahnya
  8. Berikutnya tentukan biaya iklan, bisa juga gunakan system PPC
  9. Gunakan metode pembayaran yang sesuai kebutuhan
  10. Iklan siap diunggah

Cara menggunakannya sangat mudah bukan, untuk itu tunggu apalagi segera pasang iklan di Google Adwords. Akan ada banyak keuntungan beriklan dengan Google Adwords yang akan kamu dapatkan.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal