SemutAspal

Apa Persamaan Iklan, Slogan, dengan Poster?

Apa persamaan iklan slogan dengan poster
Apa persamaan iklan slogan dengan poster?

Di era digital seperti sekarang, penggunaan iklan, slogan, dan poster banyak sekali digunakan. Apalagi untuk kepentingan pemasaran suatu produk yang dijual. Tapi, apakah kamu tahu persamaan iklan, slogan, dengan poster yang sebenarnya?

Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster

Berikut masing-masing pengertian iklan, slogan, dan poster.

Apa Iklan Itu?

Iklan adalah suatu tulisan dengan gambar yang memiliki suara dan dapat bergerak. Hal ini biasanya disebut dengan unsur iklan karena mampu menampilkan kata-kata, gambar, gerak, dan suara.

Dengan kata lain iklan merupakan suatu metode untuk menyampaikan informasi pada khalayak umum tentang suatu produk.

Selain itu iklan yang baik harus memiliki ciri yang mampu membujuk dan mendorong audiens untuk membeli produk tersebut. Dengan begitu perusahaan akan memperoleh keuntungan dari penjualan produk. Sehingga mampu menciptakan produk baru untuk dipasarkan kembali melalui iklan.

Apa Slogan Itu?

Berbeda dengan iklan, slogan merupakan kata-kata atau kalimat pendek yang bertujuan untuk memberitahukan sesuatu agar mudah diingat oleh pembacanya.

Biasanya kalimat pendek tersebut dibuat mencolok dan diperuntukkan bagi partai politik atau organisasi untuk menyampaikan prinsip atau ideologinya.

Apa Poster Itu?

Selanjutnya, poster yaitu gambar dan kata-kata dengan bentuk plakat yang dipasang pada tempat umum. Isinya berupa hal penting atau hal baru atas suatu ide atau gagasan pada khalayak umum. Kata-kata yang digunakan biasanya menarik, jelas, lengkap, dan singkat.

Kamu bisa menemukannya pada tempat-tempat terbuka dan ditempel pada tembok atau dinding yang sering dilewati banyak orang. Banyak yang menciptakan poster dengan desain yang menarik. Sehingga kebanyakan poster dibuat dengan penambahan digital art untuk menarik minat pembaca.

Persamaan Iklan, Slogan, dengan Poster

Apa persamaan iklan slogan dan poster
Apa persamaan iklan slogan dan poster?

Setelah mengetahui pengertiannya, kamu bisa mendapati adanya kesamaan antara iklan, slogan, dan poster bukan? Supaya lebih jelas, kamu dapat mengetahui kesamaan masing-masing di bawah ini.

1. Teks Persuasif

Ketiganya memiliki teks persuasif, misal kalimatnya mengajak kamu untuk melakukan sesuatu. Seperti membeli suatu produk, mengikuti kegiatan atau acara organisasi, melaksanakan acara dan lain-lain.

2. Memberikan Informasi

Iklan, slogan, dan poster kesamaannya yakni memberikan informasi pada audiens secara luas. Sehingga mereka dapat mengetahui hal atau keberadaan suatu produk baru yang bisa dibeli.

3. Bahasa Singkat dan Jelas

Selanjutnya, ketiga hal tersebut sama-sama memiliki bahasa penyampaian yang singkat, padat, dan jelas. Oleh karena itu informasi yang disampaikan bisa diterima oleh audiens dengan lebih mudah.

4. Diletakkan secara Strategis

Kemudian, iklan, slogan, dan poster memiliki kesamaan diletakkan pada tempat terbuka yang mudah dijangkau oleh orang. Hal ini bertujuan untuk menarik minat banyak orang untuk membaca iklan, slogan, dan poster tersebut.

5. Menyampaikan Pesan

Persamaan berikutnya yakni untuk menyampaikan pesan penting berupa promosi produk, himbauan, atau bahkan pemberitahuan. Jadi iklan sangat penting diadakan untuk kepentingan umum.

6. Memberikan Penjelasan

Baik iklan, slogan, maupun poster mempunyai kesamaan sebagai penjelas pada suatu hal yang membingungkanmu.

Misal contoh sederhananya cara mencuci tangan, ini merupakan hal yang sangat sepele namun masih banyak orang yang salah saat melakukannya. Sehingga melalui ketiga hal tersebut kamu bisa mendapatkan pencerahan serta penjelasannya.

7. Ditujukan untuk Khalayak

Persamaan iklan, slogan, dengan poster yang terakhir yakni sama-sama ditujukan untuk khalayak umum. Ketiganya bukan dibuat untuk dibaca sendiri, melainkan untuk banyak orang agar tersampaikan tujuannya. Jadi, baik iklan, slogan, ataupun poster sangat penting untuk kepentingan bersama.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal