SemutAspal

Bagaimana Fungsi Iklan bagi Pemerintah dan Perusahaan?

Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan?
Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan?

Ada banyak media yang digunakan untuk beriklan misalnya, radio, televisi, koran, internet, dan baliho. Iklan yang di pasang kebanyakan berasal dari perusahaan swasta, tapi pemerintah juga tidak jarang memasang iklan di media yang sama.

Jadi apa sih fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan tersebut? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan pada artikel ini.

Apa Fungsi Iklan untuk Pemerintah dan Perusahaan?

Sebagai audiens mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa pemerintah dan perusahaan harus beriklan. Apakah beriklan memiliki dampak yang besar pada penjualan produk?

Jika iya, apa saja fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan. Mengapa iklan menjadi sangat penting bagi dua instansi tersebut untuk memasarkan produknya?

Pada dasarnya, iklan dibuat bukan hanya untuk menarik audiens untuk membeli suatu produk. Namun berdasarkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan, iklan adalah bagian dari komunikasi dalam waktu tertentu untuk menyampaikan informasi pada audiens.

Sehingga dapat disimpulkan fungsi iklan seperti berikut.

  • To Remind: Membantu mengingatkan audiens terkait adanya produk dan program tertentu
  • To Inform: Membantu menginformasikan atau menyampaikan keunggulan, manfaat, dan deskripsi dari produk tertentu sehingga bisa digunakan atau dibeli
  • To Persuade: Membantu masyarakat agar mengikuti pesan yang diinformasikan atau disampaikan iklan misalnya ajakan atau permintaan untuk membeli dan berubah sikap

Fungsi Iklan untuk Pemerintah

Agar lebih jelas, yuk kita bahas iklan untuk pemerintah lebih dulu. Simak beberapa fungsinya sebagai berikut.

1. Memberikan Pengetahuan

Iklan pemerintah biasanya berfungsi untuk memberikan pengetahuan. Misalnya dengan cara penyampaian informasi lewat iklan layanan masyarakat. Seperti menghindari penggunaan narkoba, mencegah terjadinya banjir, dan menjauhi korupsi.

2. Agenda Pemerintah

Pemerintah pasti memiliki kebijakan yang perlu ditaati oleh masyarakatnya. Untuk itu agar lebih mudah dipatuhi, pemerintah membuat agenda dengan mengiklankan kebijakannya. Misalnya informasi BLT atau Bantuan Langsung Tunai atau migrasi televisi digital.

3. Keterbukaan Informasi Publik

Fungsi selanjutnya yakni untuk memenuhi keterbukaan informasi publik. Sehingga masyarakat mampu mengetahui apa saja program yang tengah direalisasikan pemerintah. Misal memasang iklan pada baliho, videotron, dan koran untuk menginformasikan hasil APBD yang dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat.

4. Menginformasikan Pariwisata

Pemerintah dapat mengiklankan program pariwisata daerah sehingga masyarakat dapat mengetahui dan berkunjung ke tempatnya. Dengan begitu pendapatan daerah dapat meningkat karena pemasukan pariwisata.

Sehingga iklan ini sangat penting untuk mengajak banyak orang dari dalam maupun luar daerah untuk berkunjung.

Fungsi Iklan untuk Perusahaan

Setelah mengetahui fungsi iklan untuk pemerintah, sekarang kamu perlu memahami fungsi iklan untuk perusahaan. Beberapa fungsinya yakni sebagai berikut.

1. Memperkenalkan Produk

Fungsi iklan bagi perusahaan yang pertama yakni untuk memperkenalkan produk di pasaran. Sehingga audiens dapat mengetahui adanya produk tersebut dan dapat membelinya. Selain itu melalui iklan ini diharapkan dapat menarik konsumen dengan lebih banyak.

2. Menjaga Citra Merek

Selanjutnya perusahaan membutuhkan iklan untuk mengubah serta mengembangkan citra merek. Maksudnya, merk yang dibuat berbeda dengan merk produk pada umumnya.

Misal merk pertama mengklaim bahwa produk dapat mencerahkan kulit, merk kedua menyatakan bahwa produk dapat memutihkan dan menghaluskan kulit. Sehingga fungsi iklan harus menyatakan perbedaan dari produk lainnya.

3. Menyampaikan Keberadaan Produk

Iklan digunakan untuk menyampaikan atau memberitahukan adanya suatu produk. Sehingga konsumen dapat memahami fungsi dan keunggulan produk tersebut. Selain itu konsumen bisa mengingat betul adanya merk dari produk saat ingin membelinya.

4. Memberi Nilai Tambah

Kemudian adanya iklan akan memberikan nilai tambah pada suatu produk. Apalagi dengan iklan yang menarik dan kreatif. Pelanggan akan dengan mudah tertarik dengan produk dan membelinya.

Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan sudah terjawab pada artikel ini. Sehingga kamu sudah bisa mengetahuinya. Karena iklan memang sangat penting untuk penyampaian suatu produk atau hal bagi kepentingan khalayak umum.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal