SemutAspal

Kupedes BRI: Syarat Pengajuan Pinjaman

Tabel Kupedes BRI
Tabel Kupedes BRI

Banyak individu menggambarkan bank sebagai institusi keuangan yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan uang, sekaligus juga sebagai lembaga yang dapat memberikan pinjaman dalam jumlah signifikan kepada individu atau entitas lainnya.

Bank BRI sebagai salah satu bank pemerintah menyediakan keduanya. BRI memiliki program bernama Kupedes BRI dan kita akan membahasnya sekarang.

Pengertian Kupedes BRI

Kupedes singkatan dari Kredit Umum Pedesaan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kupedes BRI adalah bentuk fasilitas pinjaman yang diperuntukkan bagi masyarakat.

Program ini didirikan dengan maksud utama untuk memberikan dukungan finansial kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna memperluas perkembangan bisnis mereka.

Industri UMKM ini cukup beragam mulai dari pertanian, perdagangan, jasa, hingga home industri. Kehadiran kredit pinjaman ini membantu sektor-sektor tersebut lebih maju dan berkembang.

Keunggulan

Mereka yang menerima manfaat Kupedes tentu telah mempertimbangkan banyak hal. Kamu yang masih mencari bahan pertimbangan, mari kita telusuri beragam manfaat yang diberikan oleh layanan Kupedes BRI.

1. Pembayaran Cepat dan Mudah

Dengan cakupan jaringan yang meluas, kamu memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran kredit melalui unit BRI yang berlokasi di berbagai wilayah dengan lebih mudah. Ini merupakan salah satu poin penting yang harus ada bukan?

2. Fleksibel untuk Bermacam Keperluan

Nominal pinjaman Kupedes cukup besar. Kamu bisa memanfaatkan dana tersebut untuk memenuhi banyak kebutuhan usaha, misalnya pengembangan bisnis, memulai bisnis baru, sampai melakukan kegiatan konsumtif yang kamu inginkan.

3. Biaya Ringan

Melalui Kupedes, BRI tidak hanya membebaskan pengelolaan dana pinjaman para debitur.

BRI menawarkan biaya administrasi sebesar Rp 10.000 tanpa biaya provisi, yang dapat dianggap sebagai pilihan yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan biaya administrasi yang umumnya dikenakan pada pinjaman lainnya.

4. Pilihan Tenor

Selanjutnya, tenor yang ditawarkan kredit pinjaman Kupedes sangat beragam. Kamu diberi pilihan tenor dari 12 bulan sampai 60 bulan. Kamu dapat menyesuaikan jumlah angsuran bulanan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

5. Suku Bunga Kompetitif

Kupedes menawarkan suku bunga yang bersaing dengan bank lokal Indonesia lainnya, dengan pilihan suku bunga sebesar 1,2%, 1%, atau 0,9%. Untuk bank BRI, suku bunga yang akan diterapkan tergantung pada jumlah pinjaman yang dipilih.

6. Asuransi dan Bonus

Bank BRI memberikan insentif tambahan kepada debitur yang memenuhi kewajiban mereka dengan baik, termasuk bonus pinjaman Kupedes BRI serta perlindungan asuransi gratis sebagai bentuk penghargaan atas kesetiaan debitur.

Debitur yang secara teratur melunasi kredit mereka tepat waktu tiap bulan berhak mendapatkan manfaat ini. Asuransi pun diberikan secara cuma-cuma meliputi asuransi kesehatan, kecelakaan, serta jiwa.

Syarat Pengajuan Kupedes BRI

Berbeda dengan pengajuan Kartu Kredit BRI Online yang memerlukan hanya slip gaji dan KTP, pengajuan kredit Kupedes BRI mengharuskan debitur untuk memenuhi persyaratan serta melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan.

1. Syarat dan Ketentuan Umum

Beberapa persyaratan Kupedes BRI yang harus dipenuhi:

  • Seorang WNI dibuktikan dengan kartu identitas seperti KTP.
  • Pengalaman usaha minimal 1 tahun.
  • Untuk menjadi calon peminjam Kupedes, kamu harus berusia setidaknya 18 tahun jika sudah berkeluarga maupun 21 tahun jika masih single. Selain itu, peminjam harus berusia minimal 65 tahun pada saat Kupedes selesai dilunasi.
  • Kamu juga perlu menyediakan agunan seperti Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

2. Dokumen yang Dibutuhkan

Dalam pengajuan Kupedes, ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon debitur, yaitu:

  • Calon debitur harus melampirkan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.
  • Selain itu, calon debitur diwajibkan untuk melampirkan salinan Kartu Keluarga (KK) yang terbaru serta buku nikah (jika ada).
  • Melampirkan legalitas usaha minimal oleh lurah, kepala desa, atau pasar.
  • Kamu perlu mengisi semua informasi yang diperlukan dalam formulir pendaftaran untuk mendapatkan pinjaman Kupedes.
  • Pastikan juga kamu menyertakan pas foto berwarna dengan ukuran 4 x 6 sebagai lampiran.

Tabel Angsuran Kupedes BRI

BRI memberikan ketetapan terkait pembayaran angsuran pinjaman BRI. Berikut adalah informasi terkait tabel angsuran Kupedes BRI. Kamu perlu mengonfirmasinya ke cabang BRI terdekat saat mengajukan pinjaman.

Cara Mengajukan Permohonan Kupedes BRI

Simaklah cara pengajuan pinjaman ke BRI untuk kamu yang memenuhi syarat mengajukan pinjaman.

  1. Datang ke Kantor Unit BRI
  2. Antri ke customer service BRI untuk mengajukan pinjaman Kupedes
  3. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
  4. Menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan
  5. Pulang
  6. Tunggu pihak BRI menghubungi untuk memberi persetujuan antara 3 hingga 7 hari kerja
  7. Datang ke Kantor Unit BRI tempat pengajuan untuk mengesahkan berkas
  8. Dana pinjaman masuk ke rekening beberapa jam kemudian

Pada dasarnya, pengajuan pinjaman Kupedes mengikuti langkah-langkah yang serupa dengan proses pengajuan pinjaman pada bank-bank lain.

Sebelum bank memberikan pinjaman, mereka harus melakukan evaluasi yang cermat terhadap kelayakan calon peminjam.

Informasi mengenai Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) termasuk persyaratan dan jadwal angsuran dapat ditemukan dalam tabel angsuran Kupedes BRI.

FAQ

Apa itu Kupedes BRI?

Kredit Umum Pedesaan BRI, yang disingkat sebagai Kupedes, adalah sebuah program pinjaman yang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha di pedesaan memenuhi kebutuhan mereka dalam menjalankan usaha produktif.

Apa syarat pinjaman Kupedes BRI?

Peminjam harus melengkapi formulir pengajuan dengan semua agunan dan dokumen yang telah ditetapkan dalam prosedur yang berlaku.

Apa perbedaan Kupedes dan KUR BRI?

KUR BRI adalah program Kredit Usaha Rakyat yang menawarkan suku bunga bersubsidi dari pemerintah, sementara Kupedes merupakan jenis pinjaman tanpa subsidi yang disediakan oleh BRI.

Berapa cicilan Kredit Umum Pedesaan?

Kamu dapat merujuk ke tabel angsuran Kupedes BRI untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang jumlah angsuran bulanan.

Berapa limit pinjaman Kredit Umum Pedesaan?

Kamu dapat mengajukan pinjaman dengan plafon maksimal sebesar Rp200 juta, yang dapat dibayar dalam jangka waktu maksimal 60 bulan.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal