KUR BRI: Syarat, Ketentuan, Tabel Angsuran

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Keuangan
  6. /
  7. KUR BRI: Syarat, Ketentuan,...

Bagikan ke media sosial:

Tabel pinjaman bank BRI terbaru
Tabel angsuran KUR BRI

Kredit Usaha Rakyat atau KUR adalah program kredit bersubsidi dari pemerintah dengan bunga rendah untuk UMKM atau usaha yang feasible yang belum bankable. Salah satu bank pemerintah yang memfasilitasi KUR adalah KUR BRI.

PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. memberikan plafon KUR BRI sebesar Rp 25 juta hingga Rp 500 juta tergantung jenis KUR BRI. BRI menawarkan bunga KUR sebanyak 6% dalam jangka waktu pelunasan atau tenor 3-5 tahun tergantung jenis KUR BRI.

Dilansir dari laman kur.ekon.go.id, industri yang dapat dibiayai oleh KUR antara lain pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan, penawaran jasa, pembiayaan calon TKI di luar negeri, dan pembiayaan calon pekerja magang di luar negeri.

Apa saja syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman KUR BRI 2022 terbaru berdasarkan jenis kelompok KUR BRI? Berikut adalah penjelasannya lengkap dengan tabel angsuran kur BRI.

KUR BRI 2022

3 jenis pinjaman BRI KUR yakni KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Masing-masing kelompok KUR BRI mempunyai syarat dan maksimum pinjaman. Dilansir dari laman bri.co.id, berikut adalah syarat dan ketentuan pengajuan KUR BRI menurut jenis KUR BRI.

1. KUR Mikro Bank BRI

Jenis KUR BRI ini adalah kredit modal kerja atau investasi dengan plafon kredit hingga Rp 50 juta per debitur. KUR BRI Mikro ini terbagi lagi menjadi dua jenis pinjaman, yakni kredit modal kerja dengan masa pinjaman maksimum 3 tahun dan kredit investasi dengan masa pinjaman maksimum 5 tahun.

Suku bunga dari KUR BRI Mikro ini sebanyak 6% efektif per tahun. Dalam KUR ini, debitur tidak dikenakan biaya administrasi dan provisi. Persyaratan yang harus dipenuhi calon debitur KUR BRI Mikro:

  • Individu yang melakukan usaha produktif dan layak.
  • Usaha telah berjalan secara aktif minimal 6 bulan.
  • Tidak sedang menerima kredit perbankan kecuali kredit konsumtif misalnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan kartu kredit.
  • Melengkapi syarat administrasi misal KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha.

2. KUR Kecil Bank BRI

KUR Kecil BRI adalah kredit modal kerja atau investasi untuk debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond pinjaman lebih dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta per debitur.

KUR BRI Kecil ini dibagi lagi menjadi dua jenis pinjaman, yakni kredit modal kerja dengan masa pinjaman maksimum 4 tahun dan kredit investasi dengan masa pinjaman maksimum 5 tahun. Suku bunga KUR BRI Kecil ini sebanyak 6% efektif per tahun dengan agunan sesuai dengan peraturan bank.

Persyaratan yang harus dipenuhi calon debitur KUR BRI Kecil:

  • Memiliki usaha produktif dan layak.
  • Tidak sedang menerima kredit perbankan kecuali kredit konsumtif misal KPR, KKB, dan, kartu kredit.
  • Menjalankan usaha secara aktif minimal 6 bulan.
  • Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (SIUMK) atau surat izin usaha lain yang setara.

3. KUR TKI Bank BRI

KUR TKI BRI adalah pinjaman yang diperuntukkan bagi pembiayaan keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond hingga Rp 25 juta per debitur atau sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

TKI yang dapat mengajukan KUR BRI TKI hanya untuk mereka yang ditempatkan di Singapura, Hong Kong, Taiwan (Republik China), Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Suku bunga KUR BRI TKI ini sebesar 6% efektif per tahun dan masa pinjaman maksimum 3 tahun atau sesuai kontrak kerja. Debitur dibebaskan dari biaya administrasi dan provisi ketika mengajukan KUR BRI ini. Persyaratan yang harus dipenuhi calon debitur KUR BRI TKI:

  • Individu adalah calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan yang telah disebutkan di atas.
  • Melengkapi persyaratan administrasi seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, paspor, visa, dan persyaratan lain sesuai ketentuan.

Itulah rincian bunga KUR BRI, besaran plafond pinjaman, dan tenor pinjaman sesuai jenis KUR BRI. Pada Bank BRI, jenis-jenis KUR yang ditawarkan adalah KUR Kecil Bank BRI, dan KUR TKI BRI.

FAQ

Kapan KUR BRI 2022 dimulai?

Pendaftaran online KUR BRI di KUR bri.co.id dibuka sampai Desember 2022.

Apa perbedaan Kupedes dan KUR BRI?

KUR BRI merupakan Kredit Usaha Rakyat bersubsidi suku bunga dari pemerintah, sedangkan Kupedes BRI adalah pinjaman murni dari BRI.


Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial: