Negara yang Berbentuk Kerajaan di Asia Tenggara

Negara kerajaan di Asia Tenggara

Apakah ada negara berbentuk kerajaan di Asia Tenggara?

Kerajaan atau monarki adalah salah satu jenis pemerintahan yang dipimpin oleh seorang penguasa.

Monarki berasal dari bahasa Yunani μονος (monos) yang berarti satu dan αρχειν (archein) yang berarti pemerintah. Monarki adalah sistem pemerintahan tertua di dunia.

Perbedaan antara penguasa monarki dengan presiden sebagai kepala negara terletak pada masa jabatannya.

Daftar Negara Kerajaan di Asia Tenggara

Dari 10 negara anggota ASEAN, 4 negara di antaranya menggunakan bentuk pemerintahan monarki.

Berikut adalah 4 negara Asia Tenggara yang berbentuk kerajaan.

1. Thailand

Negara Thailand

Thailand adalah sebuah monarki yang sekarang dipimpin oleh Maha Vajiralongkorn, Raja Rama X yang bergelar Phrabat Somdet Phra Vajira Klao Chao Yu Hua.

Negara yang beribu kota di Bangkok ini adalah salah satu negara pendiri ASEAN.

2. Kamboja

Negara Kerajaan Kamboja

Kamboja adalah sebuah monarki yang dipimpin oleh Raja Norodom Sihamoni yang bergelar Preah Karuna Preah Bat Sâmdach Preah Bâromneath Norodom Sihamoni Saman Bhumichat Sasana Rakkhata Khattiya Khmeraratrat Putthintra Mohaksat Khemareacheana Samuhobhas Kampuchea Ekareacharath Bureanasanti Subheamagala Sirivibunla Khmera Sri Bireat Preah Chao Krung Kampuchea Dhibodi.

3. Brunei Darussalam

Negara Kesultanan Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah sebuah monarki yang dipimpin oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar ‘Ali Saifuddien Sa’adul Khairi Waddien Sultan dan Yang di-Pertuan Brunei Darussalam.

4. Malaysia

Negara Kerajaan Malaysia

Meski negara federasi, Malaysia adalah sebuah monarki yang dipimpin oleh Yang di-Pertuan Agong. Yang di-Pertuan Agong secara resmi dipilih dari sembilan penguasa negara-negara Melayu yang membentuk Konferensi Para Penguasa untuk masa jabatan lima tahun.

Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta’in Billah yang merupakan Sultan Pahang ke-6 adalah Yang di-Pertuan Agong saat ini.

Kesimpulan

Jadi, negara Asia Tenggara yang bentuk pemerintahannya kerajaan adalah Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Thailand dan Kamboja dipimpin oleh Raja, Malaysia oleh Yang di-Pertuan Agong, dan Brunei Darussalam oleh Sultan.

Terima kasih.