Ular Terbesar yang Masih Hidup di Bumi

Apa spesies ular terbesar yang masih hidup di Bumi?

Dalam hal ukuran, ternyata Indonesia menyumbang beberapa ular masuk dalam daftar ular terbesar di Bumi.

Ular apakah itu? Mari kita bahas selengkapnya.

Ular terbesar yang masih hidup di dunia

Ular-Ular Terbesar di Dunia

Ular-ular yang besar dalam hal ukuran kebanyakan adalah ular dari keluarga Boidae dan Pythonidae.

Meski ular-ular itu tidak beracun, bukan berarti mereka tidak berbahaya. Mereka adalah jenis ular yang membunuh mangsanya dengan cara melilit.

Dengan rahangnya yang bisa melebar, mereka kerap menelan bulat-bulat mangsa yang berukuran lebih besar darinya.

Sanca Papua

Piton papua, ular terbesar

Apodora papuana adalah spesies sanca yang umum dikenal sebagai sanca papua, sanca irian, atau sanca zaitun papua. Ular ini dapat ditemukan di Papua.

Ular ini adalah satu-satunya spesies dalam genus Apodora. Tidak ada subspesies yang dikenali saat ini.

Seekor ular besar ketika dewasa tumbuh hingga setidaknya 5 meter. Namun, mereka tidak seberat ular sanca lainnya, beratnya tidak lebih dari 22,5 kg.

Mereka terkenal memiliki kemampuan untuk mengubah warna, meskipun mekanisme dan alasan yang tepat untuk itu tidak sepenuhnya dipahami.

Anaconda Tutul Gelap

Eunectes deschauenseei adalah spesies boa tidak berbisa yang endemik di Amerika Selatan bagian timur laut. Tidak ada subspesies yang dikenali saat ini.

Nama-nama umum: anaconda tutul gelap, De Schauensee’s anaconda.

Eunectes deschauenseei ditemukan di Brasil utara (negara bagian Pará dan Amapá) dan Guyana Prancis.

E. deschauenseei adalah spesies semi-akuatik yang biasanya ditemukan di rawa-rawa, daerah air tawar musiman pada ketinggian di bawah 300 meter.

Pejantan dewasa berukuran 130 hingga 211 cm dan betina dewasa 120 hingga 231 cm.

Anakonda Kuning

Anakonda kuning di Kebun Binatang Ohrada, Hluboká nad Vltavou, Republik Ceko.
Anakonda kuning di Kebun Binatang Ohrada, Hluboká nad Vltavou, Republik Ceko.

Anaconda kuning (Eunectes notaeus), juga dikenal sebagai anaconda Paraguay adalah spesies boa endemik Amerika Selatan bagian selatan.

Eunectes notaeus adalah salah satu ular terbesar di dunia tetapi lebih kecil dari kerabat dekatnya, anaconda hijau.

Rata-rata ular dewasa tumbuh hingga 3,3 sampai 4,4 meter. Pada umumnya, betina lebih besar daripada jantan setidaknya hingga 4,6 meter.

Ular ini umumnya memiliki berat 25 hingga 35 kg, tetapi spesimen dengan berat lebih dari 55 kg ditemukan.

Seperti semua boa dan ular sanca, ular ini tidak berbisa dan membunuh mangsanya dengan cara melilit. Tidak ada subspesies yang dikenali saat ini.

Boa Ekor Merah

B. c. constrictor
B. c. constrictor

Boa constrictor (Boa constrictor) juga disebut boa ekor merah atau boa biasa adalah spesies ular besar, tidak berbisa, dan berbadan berat yang sering dipelihara dan dikembangbiakkan di penangkaran.

Boa constrictor adalah anggota keluarga Boidae yang ditemukan di Amerika Utara, Tengah, dan Selatan yang beriklim tropis, serta beberapa pulau di Karibia. Sembilan subspesies saat ini dikenali, meskipun beberapa di antaranya masih kontroversial.

Boa constrictor adalah ular besar sepanjang 0,91 hingga 3,96 m tergantung pada lokasi dan ketersediaan mangsa yang cocok.

Pada umumnya, betina memiliki ukuran lebih besar daripada pejantan. Ukuran boa betina dewasa rata-rata adalah antara 2,1 dan 3 meter sedangkan pejantan tumbuh antara 1,8 dan 2,4 meter.

Boa constrictor memiliki berat hingga 27 kg. Betina umumnya memiliki berat 10 hingga 15 kg. Beberapa spesimen dari spesies ini dapat mencapai atau mungkin melebihi 45 kg.

Sanca Permata

Sanca permata, ular terbesar

Amethystine python (Simalia amethistina) juga dikenal sebagai scrub python atau sanca permata secara lokal adalah spesies ular tak berbisa dalam keluarga Pythonidae. Spesies ini ditemukan di Indonesia, Papua Nugini, dan Australia.

Populer di kalangan penggemar reptil, dan terkenal karena warna dan ukurannya, ia adalah salah satu dari enam ular terbesar di dunia, yang diukur berdasarkan panjang atau beratnya, dan merupakan ular asli terbesar di Australia dan Papua Nugini.

Spesimen S. amethistina dilaporkan telah sepanjang lebih dari 8,5 meter. Spesimen dewasa rata-rata berukuran 2 hingga 4 meter.

Betina biasanya memiliki berat sekitar 15 kg. Beberapa spesimen luar biasa telah dikonfirmasi memiliki berat lebih dari 30 kg dan spesimen yang tidak dikonfirmasi ukurannya dilaporkan memiliki skala 90 kg.

Pejantan jauh lebih kecil dan ramping, rata-rata 5,1 kg meski terkadang beratnya lebih dari 11 kg.

Sanca India

Sanca india di Taman Nasional Nagarhole.
Sanca india di Taman Nasional Nagarhole.

Python molurus adalah spesies sanca besar dan bukan endemik yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di anak benua India dan Asia Tenggara.

Ular ini dikenal dengan nama sanca India, sanca ekor hitam, sanca batu India, dan sanca batu asia. Relatif berwarna lebih terang daripada sanca burma dan biasanya mencapai ukuran 3 meter.

Subspesies terpanjang hidup di India, mereka biasanya tumbuh hingga 3 meter.

Data itu didukung oleh penelitian tahun 1990 di Taman Nasional Keoladeo yang menyatakan bahwa 25% populasi sanca memiliki panjang 2,7 hingga 3,3 m. Bahkan ada dua individu yang berukuran hampir 3,6 meter.

Spesimen terpanjang yang tercatat secara ilmiah hidup di Pakistan. Individu itu memiliki panjang 4,6 meter dan berat 52 kg. Di Pakistan, sanca india umumnya mencapai panjang 2,4 hingga 3,0 meter.

Sanca Batu Afrika

Subspesies Afrika Selatan di alam liar.
Subspesies Afrika Selatan di alam liar

Sanca batu afrika (Python sebae) adalah spesies ular besar yang tidak berbisa di keluarga Pythonidae. Spesies ini adalah endemik Afrika sub-Sahara.

Python sebae adalah salah satu dari 11 spesies yang hidup dalam genus Python. Python sebae memiliki dua subspesies.

Satu subspesies ditemukan di Afrika Tengah dan Barat, dan subspesies lain ditemukan di Afrika Selatan. Subspesies selatan umumnya lebih kecil dari kerabat utara. Ular ini ditemukan di berbagai habitat, dari hutan hingga tepi gurun.

Spesies ular terbesar Afrika dan salah satu yang terbesar di dunia, rata-rata sanca batu Afrika berukuran 3 hingga 3,53 meter. Berdasarkan laporan, ada spesimen yang dapat melebihi 6 meter.

Bobot sanca ini berada di kisaran 44 hingga 55 kg. Spesimen yang sangat besar mungkin memiliki berat 91 kg atau lebih. Spesies ini mungkin merupakan ular paling berat kedua yang hidup dan bisa melebihi 90 kg.

Sanca Batik

Kepala ular sanca batik
Kepala ular sanca batik

Python reticulated (Malayopython reticulatus) atau sanca batik adalah spesies ular dalam keluarga Pythonidae yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Ini adalah ular terpanjang di dunia.

Sanca batik adalah ular endemik terbesar di Asia. Lebih dari seribu ular sanca batik liar di Sumatra selatan dipelajari dan diperkirakan memiliki panjang 1,5 hingga 6,5 meter dan berat 1 hingga 75 kg.

Salah satu spesimen terbesar yang diukur secara ilmiah, dari Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia, diukur dengan anestesi 6,95 meter dan berat 59 kg setelah tidak makan selama hampir 3 bulan.

Sanca Burma

Sanca burma di Everglades Florida
Sanca burma di Everglades Florida

Sanca Burma (Python bivittatus) adalah salah satu dari lima spesies ular terbesar di dunia. Sanca burma adalah hewan endemik Asia Tenggara.

Mereka sering ditemukan di dekat air, daerah berawa, dan kadang-kadang semiquatik, tetapi juga dapat ditemukan di pohon. Panjang individu liar rata-rata 3,7 meter, tetapi diketahui ada yang dapat mencapai 5,74 meter.

Bentuk kerdil terjadi di Jawa, Bali, dan Sulawesi, dengan panjang rata-rata 2 meter di Bali, dan maksimum 2,5 meter di Sulawesi.

Anakonda Hijau

E. murinus di New England Aquarium
E. murinus di New England Aquarium

Anaconda hijau (Eunectes murinus) juga dikenal sebagai anaconda biasa, boa air, atau sucuri adalah spesies boa tidak berbisa yang ditemukan di Amerika Selatan.

Anaconda hijau adalah jenis ular terberat dan terpanjang yang masih ada dan diketahui. Istilah “anaconda” sering merujuk pada spesies ini, meskipun istilah ini juga dapat berlaku untuk anggota lain dari genus Eunectes.

Nama ilmiah anaconda hijau berasal dari bahasa Yunani εὐνήκτης yang berarti “perenang yang baik”, dan bahasa Latin murinus yang berarti “tikus” karena dianggap memangsa tikus.

Anaconda hijau adalah yang terberat di dunia dan salah satu dari ular terpanjang di dunia, dengan panjang 5,21 m dan berat 97,5 kg.

Betina dewasa memiliki panjang rata-rata sekitar 4,6 meter, sedangkan pejantannya rata-rata hanya sekitar 3 meter.

Bobot kurang dipelajari dengan baik, meskipun dilaporkan berkisar antara 30 hingga 70 kg. Anaconda hijau adalah ular terbesar endemik Amerika.

Eunectes murinus mungkin adalah spesies ular terberat di dunia. Anaconda hijau juga adalah reptil dari ordo Squamata terberat yang ada di dunia dan mungkin hanya disaingi oleh Komodo.