Daftar 7 Logam Terkuat di Bumi [Tebaru]

Saya yakin kamu datang ke sini karena ingin tau logam terkuat di bumi.

Logam adalah salah satu benda yang sangat mempengaruhi peradaban manusia.

Ini dibuktikan dengan banyaknya peralatan yang menggunakan logam sebagai bahan utamanya. Mulai dari peralatan dapur hingga perang, banyak yang memakai logam.

Berikut adalah daftar yang kamu inginkan.

Catatan: Tingkat kekerasan suatu logam didapatkan melalui pengukuran menggunakan alat ukur kekerasan (hardness tester).
Daftar Logam Terkuat di Bumi

1. Tungsten (W)

Tungsten adalah sebuah logam berwarna abu-abu yang mudah ditemukan dalam campuran beberapa elemen kimia. Kepadatan jenis logam yang satu ini 19,3 kali lebih padat dari air, 71% lebih padat dari timah, dan sedikit lebih padat dibandingkan uranium. Itulah alasan tungsten dinobatkan sebagai salah satu logam terkuat di bumi.

2. Osmium (Os)

Osmium adalah logam transisi yang mudah dijumpai dalam kehidupan. Karakteristik logam ini dibandingkan dengan timah adalah memiliki densitas 22,59 g/cm³.

Kepadatan dan titi lebur osmium cukup tinggi yang kurang lebih menyamai logam tungsten.

3. Titanium (Ti)

Mungkin titanium tidak memiliki kepadatan setinggi tungsten maupun osmium, tapi titanium memiliki kekuatan, kelenturan, dan ketahanan terhadap korosi yang tinggi.

Titik lebur titanium relatif tinggi yakni sekitar 1.650°C atau 1.923,15 K dengan kekuatan tarik 63.000 psi. Titanium yang seberat 60% berat baja hampir sama kuatnya dengan baja.

4. Borazon (cBN)

Logam ini lebih dikenal dengan nama cubic boron nitride. Borazon adalah material yang terbentuk dari hasil pemanasan sejumlah nitrogen dengan menggunakan tekanan 7 GPa pada suhu 1800°C.

Borazon terdaftar dalam kelompok material terkuat di bumi dengan rumus kimia cBN. Borazon biasa digunakan sebagai bahan pembentuk alat penggiling dan alternatif berlian karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan berlian.

5. Berlian

Tentu semua orang tau berlian. Berlian adalah salah satu perhiasan mahal yang disukai kaum hawa.

Lebih dari itu, ternyata berlian adalah salah satu material paling keras di dunia. Oleh karena itu, tanpa alat yang canggih akan sangat sulit mengukir sebuah berlian.

6. Wurtzite Boron Nitride (wBN)

Logam ini lebih keras 18% dibandingkan berlian.

Meski strukturnya sama dengan berlian, wurtzite tercipta pada suhu dan tekanan yang tinggi. Karena sifat kerasnya, material ini dipakai sebagai bahan dasar alat potong dan perkakas.

7. Lonsdaleite

Logam ini juga memiliki kemiripan dengan berlian, namun dengan tingkat kekerasan yang lebih tinggi. Lonsdaleite lebih keras 58% dibandingkan berlian.

Material ini relatif langka karena terbentuk saat meteorit yang mengandung grafit jatuh ke bumi. Karena itulah, ilmuan sangat berhati-hati ketika menggunakan logam ini.

  • 1
    Share