Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup

Dengan berbagai ukurannya, terdapat jutaan spesies binatang atau hewan hidup di dunia ini. Dari banyaknya mereka tentu ada yang terbesar, hewan apakah itu?

Mari kita bahas itu sekarang.

Daftar 10 Hewan Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 hewan terbesar di dunia lengkap dengan informasi tentang ukuran tubuhnya, yaitu berat dan panjangnya.

Paus Biru (Blue Whale)

Paus biru dewasa
Paus biru dewasa

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah hewan terbesar di dunia sekarang ini. Bobot seekor paus biru dapat mencapai 173 ton dengan panjang tubuh mencapai 29 meter.

Perbandingan ukuran Paus Biru dengan ukuran rata-rata Manusia.
Perbandingan ukuran Paus Biru dengan ukuran rata-rata Manusia.

Populasi paus biru secara global diperkirakan sejumlah 10.000 hingga 25.000 ekor. Mereka hidup di Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, lautan di sekitar Antartika, dan Samudera Hindia.

Gajah Afrika (African Elephant)

Gajah hutan Afrika betina di Taman Nasional Nouabalé-Ndoki
Gajah hutan Afrika betina di Taman Nasional Nouabalé-Ndoki

Gajah Afrika (Loxodonta) adalah genus yang terdiri dari dua spesies gajah hidup yakni gajah semak Afrika (L. africana) dan gajah hutan Afrika yang lebih kecil (L. cyclotis). Keduanya adalah herbivora dan hidup berkelompok.

Gajah semak Afrika adalah hewan darat terbesar. Gajah semak betina dapat setinggi 2,2 hingga 2,6 meter dan seberat 2.160 hingga 3.232 kg, sedangkan gajah semak jantan memiliki tinggi 3,2 hingga 4 meter dan berat 4.700 hingga 6.048 kg. Individu terbesar yang tercatat memiliki tinggi 3,96 meter dengan berat sekitar 10.400 kg. Individu tertinggi yang tercatat memiliki tinggi 4,21 meter dan beratnya mencapai 8.000 kg.

Gajah hutan Afrika berukuran lebih kecil dengan tinggi pejantannya mencapai 2,5 meter. Ini adalah spesies hewan darat terbesar ketiga.

Beruang Cokelat (Brown Bear)

Seperti semua beruang, beruang coklat dapat berdiri di atas kaki belakangnya dan berjalan selama beberapa langkah dalam posisi ini. Hewan terbesar
Seperti semua beruang, beruang coklat dapat berdiri di atas kaki belakangnya dan berjalan selama beberapa langkah dalam posisi ini.

Beruang coklat (Ursus arctos) adalah spesies beruang yang ditemukan di sebagian besar Eurasia utara dan Amerika Utara. Di Amerika Utara, populasi beruang coklat sering disebut “beruang grizzly”.

Ini adalah salah satu anggota terestrial terbesar yang masih hidup dari ordo Karnivora, yang hanya dapat disaingi oleh kerabat terdekatnya yakni beruang kutub (Ursus maritimus). Tempat tinggal utama beruang coklat meliputi bagian Rusia, Asia Tengah, Cina, Kanada, Amerika Serikat, Hokkaido, Skandinavia, dan wilayah Carpathian (terutama Rumania, Anatolia, dan Kaukasus).

Rentang normal dimensi fisik beruang coklat:

  • Panjang kepala dan tubuh 1,4 hingga 2,8 meter.
  • Tinggi bahu 70 hingga 153 cm.
  • Ekornya berkisar antara 6 sampai 22 cm.

Berat rata-rata beruang jantan dewasa adalah 217 kg sementara betina dewasanya rata-rata seberat 152 kg.

Buaya Muara (Saltwater Crocodile)

Kepala buaya air asin, hewan terbesar
Kepala buaya air asin

Buaya air asin (Crocodylus porosus) adalah buaya air asin dan air payau yang hidup di pantai timur India melintasi Asia Tenggara ke Australia utara dan Mikronesia.

Buaya air asin sering diklaim sebagai buaya hidup terbesar saat ini. Buaya jantan mampu tumbuh hingga sepanjang 6 meter dan berat antara 1.000 hingga 1.075 kg. Buaya betina jauh lebih kecil dan jarang melampaui 3 meter. Buaya air asin juga dikenal sebagai buaya muara, buaya Indo-Pasifik, buaya laut, atau saltie.

Jerapah (Giraffe)

Jerapah jantan Somalia mencari makan pada pohon akasia yang tinggi di Kenya.
Jerapah jantan Somalia mencari makan pada pohon akasia yang tinggi di Kenya.

Jerapah (Giraffa) adalah mamalia artiodactyl Afrika, hewan darat tertinggi yang hidup dan ruminansia terbesar.

Jerapah hidup tersebar dari Chad di utara hingga Afrika Selatan di selatan, dan dari Niger di barat hingga Somalia di timur. Jerapah biasanya mendiami sabana dan hutan.

Jerapah dewasa memiliki tinggi 4,3 hingga 5,7 meter, dengan jantan lebih tinggi daripada betina. Pejantan tertinggi yang tercatat adalah 5,88 meter dan betina tertinggi yang tercatat adalah 5,17 meter.

Berat rata-rata jerapah adalah 1.192 kg untuk pejantan dewasa dan 828 kg untuk betina dewasa. Berat maksimum yang tercatat adalah 1.930 kg untuk jantan dan 1.180 kg untuk betina.

Jerapah dapat menutup lubang hidungnya yang berotot untuk melindungi dari badai pasir dan semut.

Burung Unta (Ostrich)

Burung unta dengan anak-anaknya. Hewan unggas terbesar
Burung unta dengan anak-anaknya

Burung unta biasa (Struthio camelus) atau hanya burung unta adalah spesies burung besar yang tidak dapat terbang yang hidup di Afrika.

Burung ini memiliki leher dan kaki yang panjang, dan dapat berlari untuk waktu yang lama pada kecepatan 55 km/jam serta memiliki turbo sekitar 70 km/jam, kecepatan berlari tercepat untuk burung apa pun. Burung unta adalah spesies burung terbesar yang masih hidup serta memiliki telur terbesar dari semua burung masih ada.

Burung unta biasa biasanya memiliki berat 63 hingga 145 kilogram. Burung unta Masai dari Afrika Timur (S. c. Massicus) rata-rata seberat 115 kg pada jantan dan 100 kg pada betina.

Burung unta jantan dapat mencapai tinggi 2,1 hingga 2,8 meter, sementara burung unta betina berkisar antara 1,7 hingga 2 meter. Mereka dapat hidup antara 40 hingga 45 tahun.

Salamander Raksasa Tiongkok (Chinese Giant Salamander)

Seekor Salamander raksasa Cina berusia 30 tahun di kebun binatang Jerman, hewan amfibi terbesar
Seekor Salamander raksasa Cina berusia 30 tahun di kebun binatang Jerman

Salamander raksasa Cina (Andrias davidianus) adalah salah satu salamander terbesar dan salah satu amfibi terbesar di dunia. Hewan ini sepenuhnya akuatik dan endemik untuk sungai dan danau di lembah Sungai Yangtze, Cina tengah.

Rata-rata salamander dewasa memiliki berat antara 25 hingga 30 kg dan panjang 115 cm. Beratnya bisa mencapai 50 kg dan panjang 180 cm, menjadikannya spesies amfibi terbesar.

Hiu Paus (Whale Shark)

Hiu paus di Laut Andaman, sekitar Kepulauan Similan.
Hiu paus di Laut Andaman, sekitar Kepulauan Similan.

Hiu paus (Rhincodon typus) adalah hiu karpet penyaring yang bergerak lambat dan merupakan spesies ikan terbesar yang diketahui. Individu terbesar yang dikonfirmasi memiliki panjang 18,8 meter.

Ukuran rata-rata hiu paus dewasa diperkirakan 9,8 meter dan 9 ton.

Hiu paus memegang banyak rekor dalam hal ukuran di kerajaan hewan, terutama vertebrata nonmamalia terbesar yang masih hidup.

Ikan ini adalah satu-satunya anggota genus Rhincodon dan satu-satunya anggota yang masih ada dari keluarga Rhincodontidae, yang termasuk dalam subkelas Elasmobranchii di kelas Chondrichthyes.

Cumi-cumi Raksasa (Colossal Squid)

Spesimen ini, ditangkap pada awal 2007, adalah hewan sefalopoda terbesar yang pernah tercatat.
Spesimen ini, ditangkap pada awal 2007, adalah sefalopoda terbesar yang pernah tercatat.

Cumi-cumi raksasa (Mesonychoteuthis hamiltoni) adalah bagian dari keluarga Cranchiidae dan diyakini sebagai spesies cumi terbesar dalam hal massa.

Cumi-cumi ini adalah satu-satunya anggota genus Mesonychoteuthis yang dikenal dan hanya diketahui dari sejumlah kecil spesimen.

Spesies ini dipastikan mencapai massa setidaknya 495 kilogram, meskipun spesimen terbesar – yang hanya diketahui dari paruh yang ditemukan di perut paus sperma – mungkin seberat 600-700 kilogram, menjadikannya invertebrata terbesar yang dikenal. Panjang maksimum diperkirakan mencapai 9-10 meter.

Gajah Laut (Elephant Seals)

Seekor gajah laut sedang berbaring. Hewan terbesar
Seekor gajah laut sedang berbaring.

Gajah laut adalah anjing laut besar tanpa telinga yang bisa pergi ke laut dari genus Mirounga. Kedua spesies, gajah laut utara (M. angustirostris) dan gajah laut selatan (M. leonina), keduanya diburu hingga hampir punah pada akhir abad ke-19, tetapi jumlahnya telah pulih.

Gajah laut utara yang agak lebih kecil dari kerabat selatannya, hidup di pesisir Pasifik AS, Kanada, dan Meksiko. Lokasi berkembang biak paling utara di Pantai Pasifik adalah Race Rocks, ujung selatan Pulau Vancouver di Selat Juan de Fuca.

Gajah laut selatan ditemukan di Belahan Bumi Selatan tepatnya pulau-pulau seperti Georgia Selatan dan Pulau Macquarie, dan pesisir Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Argentina di Semenanjung Valdés. Di Chili selatan, ada koloni kecil yang terdiri dari 120 ekor di Jackson Bay, Admiralty Sound (Seno Almirantazgo), Tierra del Fuego.

Gajah laut jauh lebih besar daripada mamalia akuatik karnivora dari ordo Pinnipedia lainnya. dengan gajah laut selatan biasanya mencapai panjang 5 meter dan berat 3.000 kg. Beberapa pejantan mencapai panjang 6 meter dan berat 4.000 kg. Betina biasanya berukuran sekitar 3 meter dan 900 kg. Seekor gajah laut utara mencapai panjang antara 4,3 hingga 4,8 m dan berat hingga 2.500 kg.

  • 1
    Share