Pengertian Marketing beserta Fungsinya

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Pemasaran
  6. /
  7. Pengertian Marketing beserta Fungsinya

Bagikan ke media sosial:

Pengertian marketing

Belajar mengenai pengertian marketing merupakan hal yang begitu menarik di era kemudahan saat ini. Mengingat fungsi marketing begitu dibutuhkan dalam berbagai bidang khususnya dalam memasarkan suatu produk. Marketing sendiri dapat diartikan sebagai pasukan terdepan dalam menjalankan perang.

Dalam berbagai macam perusahaan marketing menjadi divisi utama yang memiliki tugas paling penting. Bahkan peran dari marketing ini mampu menentukan maju atau bahkan mundurnya suatu perusahaan. Maka tak heran jika marketing selalu dinantikan keberadaannya.

Deretan Fungsi Marketing bagi Perusahaan

Berbicara fungsi marketing tentu tak perlu lagi diragukan karena memegang peranan sangat vital. Berikut merupakan fungsi dari divisi marketing dalam suatu perusahaan:

1. Fungsi Pertukaran

Fungsi pertama dari divisi marketing adalah menjalankan pertukaran. Dalam dunia marketing setiap konsumen bebas memilih produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan cara menukarkan menggunakan alat penukaran yang sah.

Penukaran ini bisa dilakukan dengan uang atau dapat menukarkan dengan jenis produk lainnya. Tentu jenis produk yang dipilih adalah produk dengan nilai jual tinggi.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi selanjutnya dari divisi marketing adalah menjalankan fungsi distribusi. Distribusi merupakan suatu kegiatan penyaluran produk. Kegiatan ini dilakukan dengan cara memindahkan produk baik dengan cara mengangkut atau menyimpan produk tersebut.

Produk-produk yang dimiliki oleh produsen akan didistribusikan kepada konsumen sesuai target pasar yang membutuhkan baik melalui jalur laut, darat, atau bahkan udara. Distribusi memainkan fungsi penting yakni memastikan ketersediaan produk di pasaran agar tidak terjadi kelangkaan.

3. Fungsi Perantara

Tak hanya menjalankan fungsi distribusi dan pertukaran, marketing juga memainkan peranan penting sebagai perantara. Melalui marketing, informasi produk yang dimiliki produsen akan tersampaikan pada konsumen.

Dengan begitu terjadi perputaran uang dan produk yang menguntungkan kedua belah pihak, baik konsumen atau produsen.

4. Fungsi Lain dari Marketing

Selain 3 fungsi utama marketing juga masih memiliki fungsi lain yang tak kalah penting dari fungsi sebelumnya jika ditinjau dari pengertian marketing. Berikut merupakan fungsi lain divisi marketing dalam suatu perusahaan:

Marketing Sales

Fungsi lain dari divisi marketing yang pertama adalah marketing sales. Tujuannya adalah untuk menghasilkan penjualan produk yang dimiliki oleh perusahaan lain. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan atas setiap produk yang dapat terjual.

Marketing Promosi

Fungsi lain selanjutnya adalah bertugas untuk mengenalkan produk kepada masyarakat luas sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan agar produk suatu perusahaan dapat dikenal luas oleh masyarakat. Semakin dikenal produk maka akan meningkatkan peluang penjualan.

Marketing Riset dan Pengembangan

Fungsi lain dari marketing adalah dapat digunakan untuk mencari informasi dari suatu produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Melalui riset dan pengembangan ini pihak marketing juga dapat menciptakan produk baru berdasarkan analisis kelebihan dan kekurangan suatu produk.

Terhadap setiap perkembangan tersebut nantinya akan dilaporkan oleh pihak marketing kepada perusahaan. Pelaporan ini akan menjadi dasar suatu tindak lanjut dalam proses bisnis perusahaan.

Marketing Communication

Fungsi lain divisi marketing adalah dapat membuat hubungan yang baik antara perusahaan dengan pihak luar. Dalam hal ini dimaksudkan seperti konsumen, masyarakat, atau beberapa perusahaan yang memang terlibat secara langsung pada suatu bisnis.

Setelah mengetahui pengertian marketing beserta fungsinya maka tak heran bukan jika setiap perusahaan mencari divisi marketing sebanyak-banyaknya? Oleh karena itu tak heran jika skill marketing saat ini menjadi skill yang paling banyak dicari oleh orang.


Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial: