Profil & Informasi tentang Negara Togo [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Togo [Lengkap]

Informasi mengenai Togo.

NamaTogo
Nama resmiRepublik Togo
République togolaise (Prancis)
Ibu kotaLomé
SemboyanTravail, Liberté, Patrie
(Prancis: "Kerja, Kebebasan, Tanah Air")
Lagu kebangsaanSalut à toi, pays de nos aïeux
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan27 April 1960
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifAssembleé nationale
Bahasa NasionalPerancis
AgamaIslam
Kristen
Katholik Roma
Agama Lokal
Mata UangFranc CFA Afrika Barat (CFA) (XOF)
Zona WaktuWaktu Greenwich (GMT) (UTC+0)
Kode Telepon+228
Domain.tg
Situs Resmihttps://www.republicoftogo.com/
Jumlah Penduduk8.608.444 (estimasi Juli 2020)

Republik Togo adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di Afrika Barat. Togo berada di Teluk Guinea dan beribu kota di Lomé. Togo berdaulat atas wilayah seluas 57.000 km² yang menjadikannya sebagai salah satu negara terkecil di Afrika.

Togo adalah negara tropis sub-Sahara yang ekonominya sangat bergantung pada sektor pertanian. Togo adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Afrika, Perdamaian Atlantik Selatan dan Zona Kerjasama, Francophonie, Organisasi Kerjasama Islam, dan Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat.

Batas-batas wilayah Togo:

Letak negara Togo
Letak Togo

Togo memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Togo
Bendera Togo

Pembagian Administratif dan Geografi

Pembagian wilayah administratif Togo
Region di Togo

Togo dibagi menjadi lima region yang kemudian dipecah lagi menjadi 30 prefektur. Dari utara ke selatan, region di Togo adalah Savanes, Kara, Centrale, Plateaux, dan Maritime.

Togo memiliki wilayah seluas 56.785 km² dan merupakan salah satu negara terkecil di Afrika. Togo berbatasan dengan Teluk Benin di selatan, Ghana berada di barat, Benin di timur dan utara, Togo berada di selatan Burkina Faso. Togo secara astronomis berada di antara 6°LU hingga 11°LU dan 0° hingga 2°BT.

Pantai Togo di Teluk Guinea yang sepanjang 56 km terdiri dari laguna berpasir. Di utara, daratan Togo dipenuhi savana yang lembut. Berbeda dengan negara di bagian tengah yang dipenuhi perbukitan. Bagian selatan Togo memiliki lanskap dataran savana dan hutan hingga pantai laguna dan rawa-rawa yang luas.

Gunung tertinggi di Togo adalah Gunung Agou (986 m). Sungai terpanjang yang berada di Togo adalah Sungai Mono dengan panjang 400 km. Sungai tersebut mengalir dari utara ke selatan.

Lambang negara Togo
Lambang negara Togo

Demografi

Dengan populasi sekitar 7,6 juta jiwa, ada sekitar 40 etnis yang berbeda di Togo. Etnis Ewe di selatan adalah mayoritas dengan 32% populasi. Sepanjang garis pantai selatan, etnis Ewe mencapai 21% populasi. Juga ditemukan etnis Kotokoli (Tem) dan Tchamba di bagian tengah Togo dan etnis Kabye di utara (22%). Etnis Ouatchi menyumbang 14% populasi.

Kadang-kadang etnis Ewe dan Ouatchi dianggap sama, tetapi orang Prancis yang mempelajari kedua etnis menganggap mereka berbeda. Kelompok etnis lain di Togo adalah etnis Mina, Mossi, dan Aja (sekitar 8%). Ada juga populasi orang Eropa di Togo (< 1%).

Rumah-rumah tradisional Taberma
Rumah tradisional Taberma

Agama

Menurut laporan kebebasan beragama pemerintah AS tahun 2012, pada tahun 2004 Universitas Lomé memperkirakan bahwa 33% populasi adalah penganut animisme tradisional, 28% adalah jemaat Gereja Katolik Roma, 14% orang Islam Sunni, 10% Protestan, dan 10% denominasi Kristen lain. 5% populasi adalah ateis. Laporan itu juga mencatat bahwa banyak orang Kristen dan Islam masih melakukan praktik agama pribumi.

Namun, hal ini bertentangan dengan CIA World Factbook yang menyatakan bahwa 29% populasi beragama Kristen, 20% beragama Islam, dan 51% populasi beragama pribumi.

Ibu kota Togo, Lomé
Ibu kota Togo, Lomé

Bahasa

Togo adalah negara multibahasa. Menurut Etnolog, 39 bahasa berbeda dituturkan di Togo. Dua bahasa lisan pribumi secara politik telah ditetapkan sebagai bahasa nasional pada tahun 1975 yakni bahasa Ewé dan Kabiyé. Kedua bahasa tersebut adalah bahasa pribumi yang paling banyak dituturkan.

Bahasa Prancis adalah bahasa resmi Togo. Bahasa Ewe adalah bahasa yang lebih digunakan di selatan. Bahasa Kabiyé dipakai sebagai bahasa perdagangan di beberapa kota utara.

  • 1
    Share