Profil & Informasi tentang Negara Burkina Faso [Lengkap]

  • 1
    Share

Profil negara Burkina Faso

Profil negara Burkina Faso.

NamaBurkina Faso
Nama resmiBurkina Faso
Ibu kotaOuagadougou
SemboyanUnité, Progrès, Justice
(Prancis: "Persatuan, Kemajuan, Keadilan")
Lagu kebangsaanUne Seule Nuit
Bentuk PemerintahanRepublik Semi-Presidensial
Sistem PemerintahanSemi-Presidensial
Kemerdekaan5 Agustus 1960
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifAssemblée nationale
Bahasa NasionalPrancis
AgamaIslam dan Kristen
Mata UangFranc CFA Afrika Barat (CFA) (XOF)
Zona WaktuWaktu Greenwich (GMT) (UTC+0)
Kode Telepon+226
Domain.bf
Situs Resmihttps://www.gouvernement.gov.bf/
Jumlah Penduduk20.835.401 (estimasi Juli 2020)

Burkina Faso adalah sebuah negara berdaulat di Afrika Barat yang terkurung daratan. Sebelum diganti oleh Presiden Thomas Sankara menjadi “Burkina Faso” pada 4 Agustus 1984, negara ini dulunya bernama Volta Hulu.

Burkina Faso dalam bahasa Dioula dan More berarti “Negara Orang Jujur”. Ibu kota Burkina Faso adalah Ouagadougou (dibaca: Wagadugu) atau “Waga” saja.

Batas-batas wilayah Burkina Faso:

Letak negara Burkina Faso
Letak Burkina Faso

Burkina Faso memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Burkina Faso
Bendera Burkina Faso

Pembagian Administratif

Sesuai UU No. 40/98/AN tahun 1998, Burkina Faso menganut sistem desentralisasi. Sebagian besar peraturan ini diimplementasikan pada 2 Juli 2001. Burkina Faso dibagi menjadi 13 region administratif. Setiap region dikelola oleh seorang gubernur.

Berikut daftar 13 region di Burkina Faso.

  1. Boucle du Mouhoun,
  2. Cascades,
  3. Centre,
  4. Centre-Est,
  5. Centre-Nord,
  6. Centre-Ouest,
  7. Centre-Sud,
  1. Est,
  2. Hauts-Bassins,
  3. Nord,
  4. Plateau-Central,
  5. Sahel,
  6. Sud-Ouest.
Pembagian wilayah administratif Burkina Faso
Region di Burkina Faso

Geografi

Letak astronomis negara Burkina Faso adalah di antara 9°LU hingga 15°LU dan 6°BB hingga 3°BT. Negara ini terdiri dari dua jenis pedesaan. Di sisi barat daya negara itu terdapat batu pasir masif tempat puncak tertinggi Burkina Faso berada yaitu Ténakourou (749 meter).

Rata-rata ketinggian Burkina Faso adalah 400 meter dan perbedaan antara medan tertinggi dan terendah tidak lebih dari 600 meter. Burkina Faso adalah negara yang relatif datar. Luas wilayah negara Burkina Faso adalah 274.200 km².

Negara ini berutang nama sebelumnya dari ketiga sungai yang melintasi Burknia Faso yakni Volta Hitam, Volta Putih, dan Volta Merah.

Anak Sungai Niger (Béli, Gorouol, Goudébo, dan Dargol) adalah sungai musiman yang mengalir selama empat hingga enam bulan dalam setahun meski masih bisa menyebabkan banjir.

Burkina Faso juga berisi banyak danau. Tiga danau besar di Burkina Faso adalah Tingrela, Bam, dan Dem.

Lambang negara Burkina Faso
Lambang negara Burkina Faso

Demografi

17,3 juta penduduk Burkina Faso terdiri dari dua kelompok etnis Afrika Barat yakni Voltaic dan Mande. Voltaic Mossi sebanyak setengah populasi. Mossi mengklaim bahwa mereka adalah keturunan dari prajurit yang bermigrasi ke Burkina Faso dari Ghana utara sekitar 1100 Masehi.

Mereka mendirikan sebuah kerajaan yang eksis selama lebih dari 800 tahun. Sebagian besar mereka adalah petani, Kerajaan Mossi dipimpin oleh Mogho Naba yang istananya berada di Ouagadougou.

Kota Ouagadougou
Kota Ouagadougou

Bahasa

Bahasa resmi Burkina Faso adalah bahasa Prancis. Burkina Faso adalah negara multibahasa, setidaknya 69 bahasa digunakan di Burkina Faso dengan 60 bahasa merupakan bahasa pribumi.

Bahasa Mossi dituturkan oleh sekitar 40% populasi, terutama di sekitar ibu kota bersama dengan bahasa-bahasa Gurunsi yang terkait erat dengan bahasa lain di seluruh Burkina.

Di barat, bahasa Mande digunakan secara luas. Selain itu terdapat penutur bahasa Dyula, Bobo, Samo, dan Marka. Bahasa Fula dipakai oleh penduduk di bagian utara. Bahasa Gourmanché dituturkan oleh penduduk di timur, sedangkan bahasa Bissa diucapkan oleh penduduk di selatan.

Masjid Agung Bobo-Dioulasso
Masjid Agung Bobo-Dioulasso

Agama

Statistik tentang agama di Burkina Faso tidak tepat karena Islam dan Kristen sering dipadukan bersama dengan kepercayaan agama pribumi.

Sensus Pemerintah Burkina Faso tahun 2006 melaporkan bahwa 60,5% populasi beragama Islam terutama Sunni. Terdapat pula minoritas kecil Syiah dan Ahmadiyah.

Pemerintah memperkirakan bahwa 23,2% populasi adalah orang Kristen (19% adalah jemaat Gereja Katolik Roma dan 4,2% Protestan), 15,3% mengikuti kepercayaan pribumi, 0,6% beragama lain, dan 0,4% ateis.


  • 1
    Share