Profil & Informasi tentang Negara Benin [Lengkap]

Profil negara Benin

Informasi mengenai Benin.

NamaBenin
Nama resmiRepublik Benin
République du Bénin (Prancis)
Ibu kotaPorto-Novo
SemboyanFraternité, Justice, Travail
(Prancis: "Persaudaraan, Keadilan, Karya")
Lagu kebangsaanL'Aube Nouvelle
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan1 Agustus 1960
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifAssembleé nationale
Bahasa NasionalPrancis
AgamaIslam, Katolik Roma, dan Kristen
Mata UangFranc CFA Afrika Barat (CFA) (XOF)
Zona WaktuWaktu Afrika Barat (WAT) (UTC+1)
Kode Telepon+229
Domain.bj
Situs Resmihttps://www.gouv.bj/
Jumlah Penduduk12.864.634 (estimasi Juli 2020)

Republik Benin yang sebelumnya disebut Dahomey adalah sebuah negara berdaulat di Afrika Barat. Mayoritas populasinya tinggal di garis pantai selatan kecil Teluk Benin, bagian paling utara Teluk Guinea. Ibu kota Benin adalah Porto-Novo dan pusat pemerintahannya berada di Cotonou.

Luas wilayah Benin adalah 114.763 km² dan penduduknya pada tahun 2016 diperkirakan sekitar 10.87 juta jiwa. Benin adalah negara tropis yang sangat tergantung pada pertanian.

Batas-batas wilayah Benin:

Letak negara Benin
Letak Benin

Benin memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Benin
Bendera Benin

Pembagian Administratif

Benin dibagi menjadi dua belas departemen yang pada gilirannya dipecah menjadi 77 komune. Sebelum 1999, Benin hanya memiliki enam departemen. Keenam departemen baru ditugaskan ibu kota pada tahun 2008.

Departemen di Benin:

  1. Atakora,
  2. Alibori,
  3. Donga,
  4. Borgou,
  5. Collines,
  6. Kouffo,
  7. Zou,
  8. Plateau,
  9. Mono,
  10. Atlantique,
  11. Littoral,
  12. Ouémé.
Pembagian wilayah administratif Benin
Departemen di Benin

Geografi

Benin adalah sebuah jalur sempit yang membentang dari utara ke selatan di Afrika Barat. Letak astronomis Benin adalah di antara 6°LU hingga 13°LU dan 0° hingga 4°BT.

Benin berbatasan dengan Togo di barat, Burkina Faso dan Niger di utara, Nigeria di timur, dan Teluk Benin di selatan. Jarak dari Sungai Niger di utara ke Samudera Atlantik di selatan kira-kira sejauh 650 km.

Meskipun garis pantai Benin hanya sepanjang 121 km, negara ini memiliki panjang sekitar 325 km pada titik terlebarnya.

Lambang negara Benin
Lambang negara Benin

Bahasa

Bahasa lokal digunakan sebagai bahasa pengantar pendidikan dan bahasa Prancis diperkenalkan setelah beberapa tahun sekolah. Namun jika di kota besar, bahasa Prancis biasanya diajarkan pada usia yang lebih muda.

Bahasa Benin umumnya ditranskripsi dengan huruf terpisah untuk setiap fonem daripada menggunakan diakritik seperti dalam bahasa Prancis atau digraf seperti dalam bahasa Inggris.

Ladang kapas di Benin utara.
Ladang kapas di Benin utara.

Agama

Agama dominan di Benin adalah agama Kristen yang diikuti populasi di selatan dan tengah Benin. Islam yang diperkenalkan oleh Kekaisaran Songhai dan pedagang Hausa sekarang diikuti oleh seluruh populasi di Provinsi Alibori, Borgou, dan Donga.

Dalam sensus 2002, 42,8% populasi Benin adalah Kristen (27,1% Katolik Roma, 5% Gereja Surgawi Kristus, 3,2% Methodis, 7,5% denominasi Kristen lainnya), 24,4% adalah Islam, 17,3% Vodun, 6% agama lokal selain Vodun, 1,9% agama lain, dan 6,5% ateis.

Atakora, salah satu dari dua departemen paling utara di Benin.
Atakora, salah satu dari dua departemen paling utara di Benin.

Survei pemerintah lebih baru yang dilakukan oleh Program Demografi dan Survei Kesehatan pada tahun 2011-2012 menunjukkan bahwa populasi umat Kristen telah meningkat menjadi 57,5% populasi (Katolik 33,9%, Methodis 3%, Celestials 6,2%, dan denominasi lainnya 14,5%), sementara umat Islam menurun menjadi 22,8%.

Meski begitu, banyak juga yang masih memegang keyakinan Vodun dan Orisha. Komunitas Muslim Ahmadiyah, sebuah sekte yang berasal dari abad ke-19, juga hadir di Benin sebagai minoritas yang signifikan.