Profil & Informasi tentang Negara Liberia [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Liberia [Lengkap]

Informasi mengenai Liberia.

NamaLiberia
Nama resmiRepublik Liberia
Republic of Liberia (Inggris)
Ibu kotaMonrovia
SemboyanThe love of liberty brought us here
(Inggris: "Cinta akan kebebasan membawa kita ke mari")
Lagu kebangsaanAll Hail, Liberia, Hail!
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan26 Juli 1847
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifBadan Legislatif Liberia (Senate + House of Representatives)
Bahasa NasionalInggris
AgamaIslam
Kristen
Katolik Roma
Baha'i
Hindu
Sikh
Buddha
Mata UangDolar Liberia (L$) (LRD)
Zona WaktuWaktu Greenwich (GMT) (UTC+0)
Kode Telepon+231
Domain.lr
Situs Resmihttp://www.micat.gov.lr/
Jumlah Penduduk5.073.296 (estimasi Juli 2020)

Republik Liberia adalah salah satu negara merdeka di kawasan pantai barat Benua Afrika. Bersama dengan Ethiopia, Liberia adalah negara modern di Sub-Sahara Afrika yang tidak mengalami masa kolonialisasi Eropa di Afrika.

Batas-batas wilayah Liberia:

Letak negara Liberia
Letak Liberia

Liberia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Liberia
Bendera Liberia

Pembagian Administratif

Liberia dibagi menjadi lima belas county yang pada gilirannya dibagi lagi menjadi total 90 distrik dan selanjutnya dibagi lagi menjadi klan.

Kelima belas kabupaten dikelola oleh kepala yang ditunjuk langsung oleh presiden. Konstitusi menyerukan pemilihan umum bagi kepala daerah, tetapi pemilihan ini belum terjadi sejak 1985 karena perang dan kendala keuangan.

Liberia terbagi menjadi 15 county:

  1. Bomi,
  2. Bong,
  3. Gbarpolu,
  4. Grand Bassa,
  5. Grand Cape Mount,
  6. Grand Gedeh,
  7. Grand Kru,
  8. Lofa,
  9. Margibi,
  10. Maryland,
  11. Montserrado,
  12. Nimba,
  13. Rivercess,
  14. River Gee,
  15. Sinoe.
Pembagian wilayah administratif Liberia
County di Liberia
Lambang negara Liberia
Lambang negara Liberia

Geografi

Liberia terletak di Afrika Barat dan berbatasan dengan Samudra Atlantik Utara di barat daya negara itu. Liberia secara astronomis terletak di antara 4°LU hingga 9°LU dan 7°BB hingga 12°BB.

Batas barat laut utama Liberia ditandai oleh Sungai Mano sementara batas tenggara ditandai oleh Sungai Cavalla. Tiga sungai terbesar Liberia adalah St. Paul yang berada di dekat Monrovia, sungai St. John di Buchanan, dan Sungai Cestos. Ketiga sungai tersebut mengalir menuju Atlantik. Dengan panjang 515 km, Cavalla adalah sungai terpanjang di Liberia.

Titik tertinggi Liberia berada di Gunung Wuteve dengan ketinggian 1.440 meter. Gunung Nimba (1.752 m) dekat Yekepa memang lebih tinggi namun tidak sepenuhnya berada di Liberia karena gunung itu berada di perbatasan Liberia dengan Guinea dan Pantai Gading. Gunung Nimba juga merupakan gunung tertinggi bagi mereka.

Pemandangan danau di Bomi County
Pemandangan danau di Bomi County

Demografi

16 etnis lokal yang diakui secara resmi adalah Kpelle, Bassa, Mano, Gio atau Dan, Kru, Grebo, Krahn, Vai, Gola, Mandingo atau Mandinka, Mende, Kissi, Gbandi, Loma, Fante, Dei atau Dewoin, Belleh, dan Americo.

Kpelle (20% populasi) adalah kelompok etnis terbesar di Liberia yang sebagian besar tinggal di Bong County dan Liberia tengah. Americo-Liberia mencapai 2,5%. Keturunan orang Kongo mencapai sekitar 2,5%.

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dan berfungsi sebagai lingua franca dalam bermasyarakat. Tiga puluh satu bahasa lokal digunakan di Liberia namun hanya sedikit yang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Liberia juga berbicara berbagai dialek kreol yang secara kolektif dikenal sebagai Bahasa Inggris Liberia.

Kuda nil kerdil adalah di antara spesies yang diburu secara ilegal untuk makanan di Liberia. World Conservation Union memperkirakan bahwa ada kurang dari 3.000 kuda nil kerdil yang tersisa di alam.
Kuda nil kerdil adalah spesies yang diburu secara ilegal untuk dikonsumsi. World Conservation Union memperkirakan bahwa ada kurang dari 3.000 kuda nil kerdil yang tersisa di alam.

Agama

Menurut Sensus Nasional 2008, 85,6% populasi adalah orang Kristen, sementara umat Islam mewakili 12,2% populasi.

Protestan di Liberia terdiri dari Lutheran, Baptis, Episkopal, Presbiterian, Pantekosta, Metodis Bersatu, African Methodist Episcopal (AME) dan denominasi African Methodist Episcopal Zion (AME Zion) membentuk sebagian besar populasi Kristen, diikuti oleh pengikut Gereja Katolik Roma dan denominasi lainnya.

Islam di Liberia sebagian besar diwakili oleh kelompok etnis Mandingo dan Vai. Sunni, Syiah, Ahmadiyya, Sufi, dan Muslim non-denominasi merupakan bagian terbesar dari Islam Liberia.

Jalan-jalan di pusat kota Monrovia, Maret 2009
Jalan-jalan di pusat kota Monrovia, Maret 2009

Agama pribumi tradisional dipraktekkan oleh 0,5% populasi dan 1,5% sisanya adalah ateis. Terdapat pula komunitas kecil Baha’i, Hindu, Sikh, atau Buddha. Banyak orang Liberia juga berpartisipasi dalam masyarakat rahasia agama pribumi berbasis gender seperti Poro untuk pria dan Sande untuk wanita. Masyarakat Sande yang semuanya perempuan melakukan sunat.

Konstitusi memberikan kebebasan beragama. Sementara pemisahan gereja dan negara diamanatkan oleh Konstitusi, Liberia dianggap sebagai negara Kristen dalam praktiknya. Sekolah umum menawarkan pelajaran Alkitab meskipun orang tua dapat tidak mengikutsertakan anak mereka. Menurut undang-undang, perdagangan dilarang pada hari Minggu dan hari raya Kristen lainnya.