SemutAspal

Urutan Processor Intel dan Spesifikasinya

Urutan processor Intel
Urutan processor Intel

Urutan Processor Intel

Intel sudah membagi segmen produk untuk processornya ke dalam kelas konsumen. Konsumen dengan kebutuhan komputasi dengan performa yang standar, misal untuk mengetik atau browsing, telah tersedia varian bernama Intel Celeron serta Pentium.

Bagi konsumen yang memiliki kebutuhan lebih kompleks, tersedia juga tipe Intel Core i dengan kualitas spesifikasi tingkat dewa. Inilah tingkatan processor Intel berdasarkan spesifikasi mulai dari yang paling rendah:

1. Intel Celeron

Ini adalah generasi Intel processor yang mana targetnya adalah para pemula dan dikenal sebagai laptop dengan low budget. Processor seri Celeron memiliki pilihan produk dengan 2 maupun 4 core serta pilihan tingkat kecepatan clock mencapai 3.2 GHz.

Processor seri Celeron dari generasi terbaru telah menyediakan support dalam segi multimedia, peningkatan grafis, juga WiFi spec gigabit.

2. Intel Pentium

Seperti halnya Celeron, seri Intel Pentium target pasarnya adalah pengguna dengan kebutuhan performa komputasi yang standar serta harganya lebih murah.

Intel Pentium memiliki performa lebih baik jika dibandingkan dengan Celeron. Varian seri Pentium ada dalam pilihan 2 maupun 4 core yang kecepatan maksimalnya mencapai 3.9 GHz. Pentium pun didukung dengan kualitas audio visual lebih canggih.

3. Intel Core i3

Melanjutkan urutan prosesor Intel yang masuk ke generasi yang terbaru dan kini memiliki performa jauh lebih baik dibandingkan seri sebelumnya.

Seri i3 bukan lagi processor yang dianggap cuma bisa menjalankan tugas yang sederhana, tetapi juga mampu melakukan pekerjaan yang lebih rumit.

Intel Core i3 dari generasi ke 8 sudah tersedia pilihan 2 maupun 4 core, opsi kecepatan clock-nya hingga 4.0 GHz.

4. Intel Core i5

Intel Core i5 adalah generasi baru yang performanya tidak kalah keren. Processor dari generasi ini telah dilengkapi teknologi mode Turbo Boost yang bisa menaikkan tingkat kecepatan clock lebih tinggi.

Terdapat dukungan untuk streaming video resolusi 4K serta video 360º. Intel Core i5 tersedia dengan tipe 4 sampai 6 core dan opsi kecepatannya mencapai 4.3 GHz.

Juga ada opsi processor Unlocked dan memungkinkan kamu melakukan overclock untuk memanfaatkan kecepatan yang lebih tinggi.

5. Intel Core i7

Urutan processor Intel selanjutnya adalah dari generasi ke-8 yang semakin canggih karena dukungan pada teknologi yang disebut Turbo Boost juga Hyper Threading.

Intel Core i7 ini bisa digunakan streaming resolusi 4K dengan mudahnya, edit konten video 360º, serta dilengkapi support teknologi bernama Thunderbolt 3.

Lebih menarik lagi, pada varian Intel Core i7 yang terbaru, kamu akan menemukan tipe processor yang memiliki grafis level Radeon RX Vega M yang terintegrasi. Intel Core i7 memiliki opsi 4 sampai 6 core dan kecepatan maksimalnya mencapai 4.5 GHz.

6. Intel Core i9

Ini merupakan varian processor dari Intel yang terbaru dan memiliki performa yang lebih tinggi lagi dibandingkan dengan yang sebelumnya, yaitu Intel Core i7.

Processor cocok untuk pengguna yang menginginkan performa komputasi yang super cepat. Dilengkapi teknologi bernama Intel Optane dengan tugas meningkatkan performa sampai maksimal.

Intel Core i9 memiliki pilihan 6 core yang kecepatan maksimalnya mencapai 4.8 GHz.

7. Intel Core X-Series

Ini merupakan peningkatan dari processor Intel Core i seri sebelumnya yang kemampuan core serta clocknya lebih ekstrem.

Core yang ada pada processor Intel X mencapai 18 core dan 36 thread. Jumlah total core yang banyak akan mampu meningkatkan PC umum naik ke level studio.

Kamu dengan mudah edit video resolusi 4K juga 360º. Edit music dan foto tanpa masalah, bisa bermain game dengan pengaturan maksimal. Processor mendukung penggunaan aplikasi dengan basis virtual reality.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal