Cara Mengedit Video TikTok yang Sudah Dipublikasikan

Seperti yang telah diketahui banyak orang, TikTok adalah salah satu aplikasi media sosial yang kini telah banyak peminatnya. Pengguna dapat membagikan video pendek berdurasi 1 menit di TikTok.

Aplikasi besutan perusahaan asal Tiongkok ini telah menyejajarkan diri dengan aplikasi pesaing mereka dari Barat, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Kamu datang ke artikel ini tentu ingin menemukan cara mengedit video tiktok yang sudah dipublikasikan. Apapun alasanmu, saya akan menjelaskannya di bawah ini. Langsung saja kita mulai pembahasannya.

Cara mengedit video TikTok yang sudah dipublikasikan

Adakah Cara Edit Video TikTok yang Sudah Diupload?

Akhir-akhir ini banyak pertanyaan dari pengguna TikTok mengenai video yang mereka upload apakah bisa diedit kembali lewat aplikasi. Untuk pertanyaan yang satu ini jawabannya adalah tidak.

TikTok hingga sekarang belum memberi pengguna cara untuk mengedit kembali video yang telah mereka unggah. Jadi, apabila kamu ingin melakukan langkah tersebut, satu-satunya jalan adalah upload ulang.

Beruntung jika kamu memiliki back-up video hasil editanmu. Coba melihat draft TikTok atau handphone terlebih dahulu. Jika beruntung, kamu bisa mengeditnya lagi sebelum diupload ulang. Jika belum, kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini agar tidak perlu merekam ulang.

  1. Klik Me, jika bahasa indonesia klik Saya
  2. Klik pada video yang ingin kamu edit videonya
  3. Tap tanda titik tiga vertikal di kanan bawah
  4. Pilih “simpan video”
  5. Tunggu proses untuk menyimpan video berhasil

Ketika proses download telah usai, kamu bisa mengirim ulang video TikTok yang sama. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukannya.

  1. Klik tanda “+” di bagian bawah aplikasi
  2. Di sudut kanan, tap “Upload”
  3. Muncul daftar gambar dan video di HP, pilih video yang sebelumnya telah disimpan untuk diedit ulang
  4. Tap selanjutnya di kiri bawah
  5. Klik selanjutnya di sudut kanan atas
  6. Setelahnya, kamu bisa menambahkan teks, stiker, dan mengubah efek
  7. Jika sudah, tap selanjutnya di kanan bawah layar
  8. Lalu, kamu bisa mengedit teks dan mengubah preferensi audiens
  9. Setelah selesai mengedit langsung klik posting

Sampai di sini, video TikTok yang telah diedit akan tampil di timeline. Langkah selanjutnya adalah menghapus video TikTok yang telah kamu upload sebelumnya agar tidak double. Berikut adalah cara menghapus video TikTok.

  1. Masuk ke beranda aplikasi, klik ikon “Saya”
  2. Tap video yang ingin kamu hapus
  3. Klik ikon tiga garis vertikal di sebelah kanan video
  4. Gulir ke kanan hingga melihat tulisan HAPUS
  5. Klik hapus lalu konfirmasi untuk menghapus video

Dengan begitu, proses edit video TikTok yang sudah dipublikasikan selesai. Terakhir, perlu diketahui bahwa cara ini tentu akan menghapus segala engagement di postingan yang telah dihapus. Jadi, pertimbangkan matang-matang ya!