Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Tak banyak yang menyangka bahwa TikTok akan menjadi media sosial raksasa dan memiliki jumlah pengguna seperti sekarang ini. Hingga banyak orang berlomba-lomba mencari cara mendapatkan uang dari TikTok.

Kenapa TikTok sangat digemari sekarang ini? Jawabannya tentu ada pada masing-masing penggunanya. Namun satu hal yang pasti, TikTok memberi ruang bagi bisnis untuk lebih berkembang apabila bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Apa Itu TikTok?

TikTok adalah aplikasi sharing video yang memungkinkan penggunanya untuk merekam dan berbagi video singkat diiringi dengan musik. Pengguna juga dapat berinteraksi, menyukai, dan mengikuti creator yang mereka sukai.

Platform media sosial yang awalnya bernama Douyin ini dirilis oleh ByteDance untuk pasar dalam negeri Tiongkok pada 2016. Douyin mencapai 100 juta pengguna hanya dalam waktu satu tahun.

Melihat keberhasilannya, perusahaan asal Tiongkok tersebut melakukan rebranding dengan nama TikTok. Hal itu dianggap perlu sebab mereka hendak penetrasi ke pasar global.

Sekarang kita dapat melihat bahwa TikTok telah memiliki setidaknya satu miliar pengguna aktif dari berbagai kalangan usia dan profesi di seluruh dunia.

Cara mendapatkan uang dari TikTok 2021

Kita tentu ingat, TikTok dianggap sebagai aplikasi alay pada awal kemunculannya di Indonesia. Selain itu, TikTok sempat diblokir di tahun 2018 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI karena dianggap memiliki konten negatif dan meresahkan.

Pengguna TikTok di Indonesia per Agustus 2020 telah menembus angka 22,2 juta. Ini adalah kolam traffic yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pemilik bisnis atau brand.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

TikTok memiliki cara main yang relatif sama dengan media sosial lainnya, namun berbeda dengan YouTube yang memiliki opsi iklan Adsense.

Inti dari bermain TikTok untuk bisnis adalah mendapatkan traffic berkualitas yang bisa dikonversi menjadi uang. Semakin besar kemungkinan orang melakukan aksi setelah melihat postingan sebuah akun, makin besar pula tawaran yang masuk.

Dalam praktiknya, cara mendapatkan uang dari tiktok untuk pemula memerlukan kreativitas agar akun menjadi lebih dan semakin bernilai jual. Beberapa alternatif yang bisa dilakukan oleh pemilik brand maupun personal adalah sebagai berikut:

  • Posting Konten Berbayar
  • Jual Merchandise
  • Dapatkan Koin
  • Ajak Teman
  • Jual Beli Akun TikTok
  • Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager
  • Konsultan TikTok
  • TikTok Marketing
  • Influencer Marketing
  • Luncurkan Musik

Mari kita bahas satu per satu untuk lebih jelasnya.

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula

1. Posting Konten Berbayar

Prinsipnya sederhana, kamu mempromosikan sesuatu melalui postingan TikTok di akunmu. Akan tetapi, kamu perlu berusaha agar brand melirik akunmu. Ini adalah hal yang wajar ketika berbicara tentang cara mendapatkan uang dari internet.

Biasanya, agensi marketing atau brand akan melihat jumlah followers, like, tayangan video, serta tingkat engagement atau keterlibatan content creator di TikTok. Selain itu, brand juga melihat jenis postingan yang sering kamu unggah.

Semua data tersebut mereka kumpulkan untuk melihat cocok tidaknya followers kamu dengan target market brand tersebut. Jika beruntung kamu bisa tawar menawar tentang biaya endorse dan perjanjian kerjasama yang hendak dilakukan.

Entah kamu yang menghubungi brand atau brand yang menghubungimu, kamu tetap harus menyiapkan audience yang menjadi tempatmu berjualan. Beberapa cara agar followers di TikTok meningkat, antara lain:

  • Menemukan niche konten
  • Edit dan upload video yang menarik sesuai niche
  • Konsisten dan terjadwal dengan niche pilihanmu
  • Optimasi profil TikTok sebaik mungkin
  • Mengikuti challenge viral
  • Kolaborasi dengan pengguna TikTok lain
  • Upload konten ke media sosial lain
  • Upload di jam prime time

2. Jualan Merchandise

Jika kamu sudah memiliki minimal 10.000 pengikut, kamu bisa memikirkan opsi untuk menjual merchandise sebagai cara menghasilkan uang di TikTok. Kamu bisa menggandeng supplier untuk memproduksi dan menjual merchandisemu dengan sebuah perjanjian kerjasama.

3. Dapatkan Coins dan Gift

Ada banyak cara mendapatkan uang di TikTok ketika followers sudah banyak. Salah satu opsi yang terbuka adalah gift atau donasi yang diberikan fans ketika live streaming di TikTok.

Sistemnya tak jauh berbeda dengan platform Twitch yang lebih dulu populer bagi para streamer. Ketika pengguna melakukan live streaming, viewers dapat memberikan stiker yang nantinya bisa ditukar menjadi uang.

Jadi agar dapat uang, content creator harus memberi konten yang bisa membuat viewers rela mengirimkan gift. Kenapa stiker tersebut bisa diuangkan? Sebab stiker itu dibeli oleh mereka di TikTok dengan uang.

4. Ajak Teman

Cara mendapatkan uang dari TikTok dengan mengundang teman bisa dilakukan oleh semua pengguna TikTok. Untuk pemula, ini adalah opsi yang mungkin bisa kamu coba. Kamu hanya perlu mengajak temanmu yang belum pernah mendownload TikTok agar segera download.

5. Jual Beli Akun TikTok

Buat kamu yang gampang bosen dan senang gonta-ganti niche konten, bisa banget bisnis jual beli akun TikTok. Konsepnya sangat simpel, yang perlu dilakukan hanya:

  1. Membuat akun dengan minat pada topik tertentu
  2. Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan, dan engagement
  3. Setelah akun populer, jual ke brand atau perusahaan dengan bidang yang sama

Kenapa bisnis semacam ini dapat berhasil? Sebab, akan lebih mudah beli akun dengan followers yang sudah sesuai target market lalu mengembangkannya daripada memulai dari nol.

6. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Buat kamu yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi kamu bisa banget jadi TikTok Manager. Tugas utamamu adalah mengelola akun TikTok perseorangan maupun perusahaan agar makin berkembang.

Biasanya, brand atau perusahaan menyewa jasa pengelola akun untuk promosi bisnis milik mereka sehingga hal-hal yang harus kamu capai meliputi:

  • Peningkatan followers, like, jumlah tayangan video, atau engagement
  • Strategi content marketing terbaik
  • Pengembangan ide kreatif konten TikTok
  • Pengelola tawaran kerja sama

Tanpa banyak pertimbangan, cara ini tentu cocok untuk kamu yang sudah paham seluk beluk dunia marketing.

7. Konsultan TikTok

Berbeda dengan jasa pengelola akun, konsultan TikTok tidak perlu menghandle secara langsung urusan teknikal pembuatan konten hingga pengeposannya. Konsultan hanya perlu memberi strategi pembangunan merek dan berbagi cara meningkatkan pengikut TikTok.

Meski terkesan mudah, kamu harus membangun personal brand bahwa strategi yang dilakukan sukses dan berhasil, setidaknya bagi akun TikTok yang kamu kelola. Jika tidak, kamu akan susah mendapatkan klien.

TikTok Lite untuk bisnis Indonesia

8. TikTok Marketing

Poin ini ditujukan bagi kamu pemilik bisnis yang ingin melakukan promosi berbayar di aplikasi ini melalui TikTok Ads. Tak jauh berbeda dengan Facebook Ads dan Instagram Ads, TikTok dapat menampilkan iklan personal pada orang-orang yang sesuai target pasarmu.

Hal tersebut dapat terjadi dengan bantuan algoritma TikTok yang terus dikembangkan. Satu contoh, kamu memiliki bisnis baju gamis. Jika kamu mengiklankannya di TikTok, iklan promosimu akan diperlihatkan pada user dengan minat baju gamis.

9. Influencer Marketing

Dalam influencer marketing ada pihak penghubung antara brand dan influencer yang disebut sebagai agensi. Agensi biasanya bertugas menjadi perantara, koordinator, dan manajemen para influencer.

Merekalah nantinya yang akan mengadakan perjanjian iklan dengan brand, mencarikan influencer yang tepat, hingga memberi konsep iklan yang akan dikerjakan oleh influencer pilihannya.

Sebenarnya, TikTok memiliki platform khusus Creator Marketplace dengan fitur spesifik bersama influencer. Namun, biaya yang dikeluarkan relatif lebih mahal karena banyaknya pihak yang terlibat.

Ini adalah peluang untukmu yang berani memberi harga lebih murah namun bisa mencukupi kebutuhan yang diperlukan brand.

Cara Menghasilkan Uang di Tiktok dengan Menonton Video

Ini adalah poin yang paling dicari-cari, hanya dengan menonton video dapat uang. Langkah melakukannya sederhana:

  • Pastikan menginstall aplikasi Tiktok terbaru di HP Android atau iOS
  • Pergi ke halaman profil
  • Kemudian di pojok kiri atas, klik ikon Rp seperti koin emas
  • Setelahnya akan melihat informasi Saldo dan Koin
  • Mulai dapatkan uang dengan menonton video TikTok dengan menekan tombol Klik.
  • Tiap menonton video Tiktok selama 5 menit akan mendapatkan 800 koin, 15 menit = 2800 koin, dan juga 30 menit = 6000 koin
  • Untuk proses konversi koin menjadi rupiah akan dilakukan oleh sistem dari Tiktok keesokan harinya
  • Setelah terkumpul bisa tarik saldo ke Aplikasi DANA

1 koin tiktok itu berapa rupiah? 10 koin bernilai 1 rupiah. Jadi, 6000 koin TikTok senilai 600 rupiah. Ini adalah salah satu cara mendapatkan koin di TikTok.

Lagu TikTok untuk jualan

Tips Monetize TikTok

Setelah puas dengan banyaknya opsi cara mendapatkan uang dari TikTok, kamu perlu mengingat inti dari semua metode di atas. Benar, kamu perlu traffic agar bisnismu berhasil. Berikut adalah beberapa tips monetisasi TikTok.

1. Tetapkan Niche Akun

Niche akun TikTok tentu sangat berpengaruh pada pemasukan. Apalagi jika kamu melakukan cara Sponsored Content Post, jasa pengelola akun, dan jual beli akun. Nilai akun bertemakan teknologi tentu berbeda dengan akun bertema film.

Selain itu, tema yang spesifik bisa membantu akun lebih tertarget bagi viewers. Akun bertema otomotif tentu banyak dilihat oleh pecinta otomotif dan pengiklan potensial adalah perusahaan otomotif.

Terdapat beberapa cara agar niche akun TikTok lebih spesifik, antara lain:

  • Tulis minat di bio profil
  • Ikuti user di topik yang sama
  • Buat video TikTok yang bermanfaat seputar topik yang diinginkan
  • Gunakan hashtag yang sesuai tema
  • Lakukan challenge viral yang disesuaikan dengan topik

2. Optimasi Konten agar Masuk FYP

FYP atau For You Page adalah rekomendasi konten pada beranda user saat pertama kali membuka aplikasi TikTok. Jika kontenmu masuk FYP tentu menguntungkan sebab itu dapat meningkatkan jumlah tayangan dan like.

Namun agar masuk FYP, kamu perlu menerapkan tips-tips berikut:

  • Membuat dan memposting video sesuai trend
  • Menulis caption interaktif
  • Menggunakan lagu yang sedang populer
  • Gunakan hashtag yang sesuai
  • Buat konten yang memancing audiens menonton hingga akhir

FYP juga merupakan tempat terbaik apabila kehabisan ide konten.

3. Tingkatkan Followers

Sama seperti banyak media sosial lainnya, tidak disarankan untuk membeli follower agar memiliki fondasi yang kuat. Tingkatkan jumlah follower dengan cara organik maupun iklan. Berikut adalah cara mendapatkan follower organik di TikTok.

  • Konsisten dan terjadwal
  • Optimasi profil TikTok
  • Upload konten ke media sosial lain
  • Upload di jam prime time
  • Kolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya

Kerja di industri kreatif tak jauh berbeda dengan bisnis lainnya. Ulang langkah-langkah di atas waktu demi waktu, ketika sudah cukup kamu bisa memanfaatkan TikTok untuk jualan jasa dan produkmu.

Cara menghasilkan uang di TikTok Lite untuk pemula

BONUS: Bangun Personal Brand

Personal brand adalah hal terpenting dalam industri influencer di media sosial. Seseorang dengan personal brand yang kuat akan diikuti oleh para pengikutnya tak peduli platform yang digunakan. Sebagai influencer, tentu tidak boleh bergantung pada suatu platform dengan segala kelebihan miliknya.

Penutup

Semoga konten ini menjawab pertanyaan “Bagaimana cara dapat uang dari TikTok?”. Kamu bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan dan pengalamanmu bersosial media.

Terakhir, hati-hati terhadap penipuan yang membawa nama TikTok seperti TikTok Cash maupun TikTok Fan. Tidak ada jalan mencari uang dengan cepat, yang pasti gaji mengikuti usaha kita.

X