Pengertian Analisis SWOT dan Penggunaannya

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Keuangan
  6. /
  7. Pengertian Analisis SWOT dan...

Bagikan ke media sosial:

Analisis SWOT
Analisis SWOT

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menilai perusahaan kamu, salah satu metode yang paling efektif adalah dengan analisa SWOT.

Apabila kamu masih bingung, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian analisis SWOT serta bagaimana cara dan mengapa harus menggunakannya di dalam dunia bisnis.

Agar sebuah bisnis yang kamu jalankan dapat sukses, kamu harus terus melakukan analisis proses produksi secara teratur untuk memastikan perusahaan kamu beroperasi secara efektif dan efisien.

Apa Itu Analisa SWOT?

Analisa SWOT atau diartikan dengan analisa kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman adalah proses perencanaan yang membantu perusahaan kamu mengatasi tantangan dan menentukan bisnis baru apa yang perlu dilakukan.

Analisa SWOT merupakan sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk melakukan identifikasi dan analisa kekuatan, kelemahan, kesempatan atau peluang, dan ancaman terhadap perusahaan.

Tujuan utama analisa SWOT adalah untuk memberikan informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam dunia bisnis atau penetapan strategi bisnis.

Dalam mendukung hal ini, analisa SWOT menggunakan lingkungan internal dan eksternal serta faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya sebuah keputusan. Umumnya, sebuah bisnis akan menggunakan metode penilaian menggunakan analisis SWOT.

Kapan dan Kenapa Harus Menggunakan Analisa SWOT?

Analisis SWOT sering digunakan pada awal maupun bagian dari proses perencanaan dari strategi bisnis. Ini dianggap sebagai dukungan yang kuat dalam pengambilan keputusan karena dapat memungkinkan sebuah perusahaan untuk membuka peluang kesuksesan yang jauh lebih besar daripada sebelumnya.

Pengertian analisis SWOT dapat mengidentifikasi beberapa pasar yang memiliki bisnis cukup unggul dan kompetitif di antara perusahaan terkait.

Hal ini dapat membantu setiap orang untuk merencanakan jenjang karier dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki serta memberikan peringatan berupa ancaman yang dapat bisa kapan saja datang hingga menggagalkan kesuksesan bisnis.

Jenis analisis ini cukup efektif untuk digunakan agar mengenali secara praktis dengan menyertakan masalah dan kekhawatiran bisnis. Ini juga dapat menghindari ancaman agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Penggunaan analisa SWOT sering kali melibatkan tim pelaksana yang beragam. Tim tersebut nantinya akan menggunakan pengalaman dan data aktual, seperti angka pendapatan bulanan atau biaya untuk membuat analisis SWOT. Inilah yang membuatnya cukup efektif.

Bagaimana Cara Melakukan Analisa SWOT?

Analisis SWOT umumnya mewajibkan pembuat keputusan agar dapat menentukan tujuan yang ingin mereka capai dalam bisnis, perusahaan, inisiatif, atau individu terlebih dahulu. Inilah yang membuat adanya daftar kekuatan, kelemahan serta peluang dan ancaman.

Berbagai teknologi tersedia untuk memandu proses pengambilan keputusan. Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan, termasuk dalam masing-masing dari empat elemen SWOT.

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan untuk mengidentifikasi beberapa kekuatan perusahaan, seperti “Apa yang kamu lakukan agar lebih baik dari orang lain?”. Selanjutnya untuk mengidentifikasi kelemahan, kamu mungkin akan ditanya “Di mana kamu perlu perbaikan?”.

Demikianlah mereka akan menjawab pertanyaan seperti “Tren pasar apa yang dapat meningkatkan penjualan?”. Untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman, kamu bisa menggunakan pertanyaan “Di mana pesaing kamu yang memiliki keunggulan pangsa pasar?”.

Nah, itu dia beberapa penjelasan singkat dan jelas yang telah kami rangkum mengenai pengertian analisis SWOT, tujuan, serta cara menggunakan analisa SWOT dengan baik dan benar.

Semoga pembahasan dalam artikel ini dapat membantu kamu untuk mengurangi kebingungan mengenai penggunaan analisa SWOT pada bisnis kamu ke depannya. Good Luck! Selamat mencoba, ya!


Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial: