Kewirausahaan: Pengertian, Tujuan Wirausaha

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Keuangan
  6. /
  7. Kewirausahaan: Pengertian, Tujuan Wirausaha

Bagikan ke media sosial:

Kewirausahaan
Kewirausahaan

Pengertian kewirausahaan adalah suatu proses menciptakan sesuatu supaya dapat bernilai tambah di dalam ekonomi. Kewirausahaan juga bisa disebut sebagai proses mendirikan dan juga menjalankan usaha. Wirausahawan umumnya dianggap sebagai inovator di dalam dunia ekonomi.

Inovator tersebut tidak harus menemukan suatu hal yang baru, melainkan seseorang yang dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan bisnis atau usaha. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai kewirausahaan, simak tujuan dan jenis wirausaha yang umum dilakukan oleh masyarakat.

Tujuan-tujuan Kewirausahaan secara Umum

Tujuan-tujuan kewirausahaan yang harus kamu tahu adalah:

Mendukung Munculnya Sejumlah Usaha Kecil

Salah satu tujuan dari kewirausahaan adalah mendukung kemunculan sejumlah usaha kecil. Saat kegiatan kewirausahaan muncul, pasti melibatkan orang banyak dalam mendukung berjalannya usaha tersebut. Keterlibatan dari sumber daya manusia ini bisa membentuk karakter baru untuk menjadi pelaku usaha.

Terlebih lagi di masa seperti saat ini, banyak sektor ekonomi yang terhenti dan akibatnya banyak sumber daya manusia yang kehilangan pendapatan. Dengan kegiatan ekonomi kerakyatan yang dapat didukung secara penuh, maka bisa menciptakan lapangan kerja baru dan perekonomian masyarakat dapat terbantu.

Mengangkat Kesejahteraan Masyarakat

Tujuan kewirausahaan berikutnya adalah bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya kegiatan ekonomi yang masih berjalan, diharapkan bisa memberi sokongan untuk perekonomian nasional.

Dengan konsep kewirausahaan yang cukup kuas, maka inovasi baru bisa muncul sehingga memberikan kesempatan usaha baru muncul yang bisa menekan angka pengangguran di Indonesia.

Menumbuhkan Semangat dalam Berinovasi

Tujuan kewirausahaan yang terakhir adalah untuk menumbuhkan semangat dalam berinovasi. Saat seseorang pada kondisi tekanan tertentu, terkadang bisa memicu semangat untuk berpikir berbeda dari sebelumnya. Tidak heran, banyak inovasi baru muncul dengan kondisi yang semacam ini.

Jadi, itulah beberapa tujuan kewirausahaan dan pengertian kewirausahaan yang harus kamu pahami. Supaya kamu lebih paham mengenai kewirausahaan perlu simak jenis-jenis wirausaha yang bisa dijalankan berikut ini.

Jenis-jenis Wirausaha Paling Populer

Jenis-jenis wirausaha yang paling populer di Indonesia adalah:

1. Startup Bisnis

Akses internet saat ini semakin mudah dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Dengan memakai smartphone, kamu bisa menjalankan usaha secara mudah dan inilah yang dimaksud dengan industri digital. Startup juga termasuk usaha yang belum lama berdiri dan berada pada tahap pengembangan.

Istilah perusahaan startup umumnya mengacu pada perusahaan dengan layanan maupun produk yang berbasis teknologi. Usaha dapat disebut sebagai startup apabila memiliki minimal 3 faktor, seperti pendiri, investor, produk atau layanan.

2. Usaha Retail

Usaha retail merupakan jenis usaha yang melibatkan pada penjualan barang maupun jasa ke konsumen dalam jumlah satuan maupun eceran. Usaha retail juga termasuk Business to Consumer yang tujuannya konsumen membeli untuk memakai secara pribadi dan juga tidak menjual kembali.

Jenis usaha ini memiliki risiko yang minum sebab persaingannya hanya antar retail saja. Usaha retail yang paling populer sekarang adalah minimarket dan sejenisnya.

3. Industri Kreatif

Industri kreatif merupakan usaha yang menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan bakat individu maupun kelompok. Ada beragam jenis bidang yang bisa dijadikan sebagai usaha industri kreatif, seperti penulis, copywiter, fashion designer, penulis artikel dan yang lainnya.

Biasanya industri kreatif ini murni mengandalkan kekreativitasan para anak muda yang bisa menjawab peluang yang sedang berkembang berdasarkan dengan keinginan pasar.

Seperti itulah pengertian kewirausahaan, tujuan dan jenis-jenis wirausaha yang paling populer di Indonesia.


Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial: