SemutAspal

8 Aplikasi Edit Video di Laptop Terbaik

Aplikasi edit video di laptop
Aplikasi edit video di laptop

Dalam proses pembuatan konten video, seorang kreator perlu memanfaatkan ide kreatif, keahlian storytelling, dan beberapa aplikasi pendukung, termasuk aplikasi edit video.

Aplikasi edit video memungkinkan kreator untuk merancang, mengedit, dan menambahkan efek khusus ke dalam video sesuai dengan kebutuhan. Konten video memiliki keunggulan sebagai sumber informasi yang singkat, padat, dan jelas.

Selain berfungsi sebagai media promosi dan hiburan, video juga efektif untuk menyampaikan tutorial dan presentasi produk dengan cara yang dapat dengan mudah diterima oleh konsumen.

Banyak individu dan perusahaan telah memasuki ranah audio visual dengan menciptakan beragam konten video menarik, seperti yang dilakukan oleh influencer atau youtuber.

Untuk memudahkan proses pembuatan konten video, kreator dapat menggunakan aplikasi edit video ringan yang terpasang di laptop. Dengan adanya aplikasi tersebut, para kreator dapat dengan lancar menciptakan konten tanpa mengalami hambatan.

Terdapat berbagai aplikasi edit video yang tersedia saat ini. Oleh karena itu, berikut adalah rekomendasi delapan aplikasi edit video terbaik yang patut dicoba!

Aplikasi Edit Video di Laptop

Seringkali, hasil dari proses pengeditan video tidak mencapai tingkat kesempurnaan yang diinginkan, mengharuskan dilakukannya penyempurnaan berulang kali.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi hal ini meliputi kualitas piksel yang rendah dan adanya watermark yang mengganggu tampilan.

Oleh karena itu, menemukan aplikasi pengeditan yang tepat menjadi suatu keharusan untuk memastikan bahwa hasil video sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu.

Aplikasi yang efektif akan menjamin kualitas piksel yang optimal dan absennya watermark yang mengganggu dalam tampilan video.

1. Wondershare Filmora

Aplikasi pengeditan video yang dikenal dengan nama Filmora telah menjadi pilihan yang populer di kalangan berbagai lapisan masyarakat.

Terkenal sebagai salah satu perangkat lunak pengedit video yang sangat sesuai baik bagi pemula maupun bagi pengguna yang telah memiliki pengalaman dalam industri film atau videografi.

Filmora menawarkan antarmuka pengguna yang sangat intuitif dan mudah digunakan, membuatnya menjadi pilihan ideal bagi para pemula.

Dengan antarmuka yang ramah pengguna, pengguna dapat dengan mudah memahami dan menggunakan berbagai fitur menarik dan praktis untuk mengedit video.

Keunggulan lain dari Filmora adalah ketersediaan lebih dari 100 format dan efek video, memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk mengeksplorasi berbagai ide secara bebas.

Salah satu fitur utama software ini adalah kemampuan green screen, yang bisa menggabungkan dua video berbeda menjadi satu kesatuan. Dengan fitur ini, proses pembuatan video dapat dilakukan dengan mudah dan efisien.

2. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro, sebuah aplikasi penyunting video yang sering digunakan oleh para ahli di dunia videografi, menonjol berkat sejumlah fitur intuitif yang mempermudah proses pengeditan.

Kelebihan utamanya terletak pada kemampuan fitur drag-and-drop yang memungkinkan pengguna dengan mudah menarik video ke dalam kolom yang disediakan.

Fungsi ini secara otomatis memisahkan video menjadi dua elemen kunci, yakni audio dan visual, membuka peluang untuk menyempurnakan setiap bagian dengan tambahan efek yang menarik.

Keistimewaan Sony Vegas Pro, khususnya dalam aspek kemudahan penggunaan fitur drag-and-drop, menjadikannya pilihan favorit di kalangan profesional yang bergerak dalam dunia penyuntingan video.

3. Corel Video Studio

Bagi kamu yang telah akrab dengan CorelDraw, Corel Video Studio tentu bukan hal yang asing.

Seperti halnya aplikasi pengedit video lainnya, Corel Video Studio menyajikan beragam fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit video dengan berbagai efek yang telah tersedia.

Kelebihan lain dari software ini adalah antarmuka pengguna (UI) yang nyaman dan mudah dipahami. Corel Video Studio juga memiliki keunggulan dalam kompatibilitas, mendukung berbagai format seperti AVI, MP4, dan MOV.

Dengan fitur ini, risiko kerusakan atau ketidakcocokan format saat mengedit atau memproses video dapat diminimalkan.

4. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro, sebuah aplikasi penyunting video yang populer, terbukti mampu menghasilkan video berkualitas tinggi dengan fitur-fitur yang sangat lengkap, banyak digunakan oleh para profesional.

Salah satu keunggulan utamanya adalah kemampuannya untuk terintegrasi dengan sejumlah aplikasi Adobe lainnya, termasuk After Effect, Photoshop, dan Audition.

Integrasi ini mempermudah proses pengambilan, pemotongan, dan penggabungan berbagai elemen audio visual.

Dengan dukungan untuk penyuntingan video 360° dan VR (Virtual Reality), Adobe Premiere Pro memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menciptakan dan memproses konten VR yang lebih canggih.

5.  Pinnacle Studio Express

Pinnacle Studio Express adalah aplikasi editing video yang sangat ramah pengguna, memudahkan para kreator video dalam menghasilkan konten berkualitas.

Dengan tampilan yang intuitif, aplikasi ini telah menjadi favorit di kalangan pengguna video. Keunggulan utamanya mencakup kemampuan untuk membuat video DVD yang dilengkapi dengan fitur menarik seperti DVD menu dan submenu.

Selain itu, Pinnacle Studio Express tidak hanya menawarkan kemudahan penggunaan, tetapi juga memberikan dukungan teknis yang andal dan tutorial yang informatif.

Dengan bantuan ini, pengguna dapat dengan mudah mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul selama proses pengeditan video.

Di samping itu, aplikasi ini memberikan opsi untuk menambahkan efek 3D, memberikan sentuhan modern dan daya tarik tambahan pada video yang dihasilkan.

6. Final Cut Pro X

Final Cut Pro X merupakan salah satu aplikasi editing video yang sangat user-friendly dan efisien untuk digunakan pada laptop.

Kelebihan utama aplikasi ini adalah adanya fitur magnetic timeline yang menyediakan antarmuka pengguna yang mempermudah pengguna untuk menggeser, menghapus, dan memanipulasi klip video dengan sangat mudah.

Dengan kehadiran Final Cut Pro X, pengeditan beberapa video dari berbagai kamera secara bersamaan menjadi jauh lebih sederhana.

Proses editing video dapat dilakukan secara langsung tanpa hambatan, memberikan kemudahan dan efisiensi yang tinggi dalam menghasilkan hasil akhir yang memuaskan.

7. Blender

Blender, sebagai aplikasi editing video, memberikan pengguna kemudahan dalam penggunaan serta ringan di berbagai jenis laptop.

Aplikasi ini tidak hanya gratis, tetapi juga dapat diakses oleh siapa saja. Menyajikan berbagai fitur, Blender dirancang untuk dapat dipahami dengan mudah, bahkan oleh pemula.

Dengan kelebihan tersebut, Blender menjadi pilihan yang sangat sesuai untuk para konten kreator yang membutuhkan efisiensi dalam proses pembuatan video berkualitas tinggi.

Keunggulan utamanya terletak pada kemampuan menggabungkan video, audio, gambar, dan efek, menjadikannya solusi ideal bagi pengguna yang menginginkan produktivitas tinggi dalam pengeditan konten multimedia.

8. OpenShot

OpenShot adalah pilihan ideal untuk kamu yang mencari aplikasi ringan untuk mengedit video di laptop.

Dengan penghargaan sebagai perangkat lunak pengeditan video open source yang unggul, OpenShot menawarkan fitur-fitur kuat yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi.

Ukuran aplikasi OpenShot yang kecil dan ringan memungkinkan penggunaannya di berbagai jenis laptop.

Keunggulan aplikasi ini tidak hanya terletak pada ringan dan kecilnya ukuran, tetapi juga pada fitur-fitur canggih seperti resizing, scaling, timing, dan rotasi.

Dengan kemampuan ini, OpenShot memberikan pengguna kebebasan untuk mengedit video dengan presisi dan kreativitas yang tinggi.

Bagi para kreator konten produktif, OpenShot merupakan solusi yang tepat. Aplikasi ini memungkinkan pengguna tetap menjaga kualitas tinggi dalam hasil akhirnya, sambil tetap memberikan kemudahan penggunaan.

Dengan demikian, OpenShot menjadi pilihan yang sangat sesuai bagi individu yang ingin menghasilkan konten yang memukau tanpa mengorbankan performa laptop. Buka juga halaman aplikasi edit video Android.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal