SemutAspal

5 Aplikasi Cari Jodoh untuk Dapatkan Pasangan

Aplikasi cari jodoh
Aplikasi cari jodoh

Alasan Memakai

Mencari pasangan melalui aplikasi cari jodoh telah menjadi kebiasaan umum dalam era ini, dengan banyak orang memanfaatkannya atas beberapa alasan yang bervariasi.

1. Kepraktisan mejadi Faktor Utama

Dengan hanya menggunakan ponsel dan koneksi internet, seseorang dapat dengan mudah menelusuri berbagai profil calon pasangan potensial.

Aplikasi cari jodoh memungkinkan individu untuk menghindari kerumitan mencari pasangan secara tradisional.

2. Kepadatan Jadwal

Kesibukan dalam dunia kerja sering membuat orang sulit untuk berkenalan secara langsung. Dalam konteks ini, aplikasi cari jodoh memberikan solusi efektif bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu namun tetap ingin menjalin hubungan.

3. Kriteria

Selain itu, keberagaman kriteria menjadi alasan lain. Setiap orang memiliki standar pasangan yang berbeda.

Dengan menggunakan aplikasi kencan online, seseorang dapat memanfaatkan fitur filter untuk menyaring calon pasangan sesuai dengan kriteria tertentu, seperti usia, agama, dan minat.

Tidak hanya itu, banyak yang tertarik menggunakan aplikasi cari jodoh karena terinspirasi oleh kisah sukses bertemu dengan pasangan hidup secara online.

Oleh karena itu, apakah kamu tertarik untuk mencoba aplikasi semacam ini? Jika iya, berikut beberapa pilihan aplikasi cari jodoh yang populer berdasarkan Google Play Store yang dapat kamu pertimbangkan.

Daftar Aplikasi Cari Jodoh

Berikut adalah beberapa aplikasi cari jodoh yang bisa kamu coba manfaatkan demi tujuanmu menemukan pasangan hidup.

1. Bumble

Bagi mereka yang aktif mencari pasangan melalui platform daring, tentunya tidak asing dengan Bumble. Aplikasi ini telah meraih popularitas tinggi sebagai salah satu platform pencarian pasangan terkemuka.

Menurut informasi resmi dari situsnya, Bumble dirancang untuk membantu pengguna membangun hubungan, baik itu dalam konteks romantis maupun persahabatan.

Cara penggunaannya pun cukup sederhana, di mana pengguna dapat menyukai profil yang muncul dengan swipe ke kanan, atau sebaliknya dengan swipe ke kiri jika tidak tertarik.

Yang membuat Bumble unik adalah konsep di balik tindakan pertama setelah match. Setelah match berhasil terjadi, perempuan diwajibkan mengambil inisiatif dengan mengirimkan pesan pertama.

Interaksi ini diberi batas waktu 24 jam, di mana pihak pria harus merespons pesan dalam waktu tersebut, atau match akan hangus.

Meskipun Bumble dapat diunduh dan digunakan secara gratis, tersedia pilihan berlangganan untuk mengakses fitur-fitur lebih canggih.

Langganan memberikan akses ke fitur menarik seperti memperpanjang waktu match, rematch dengan seseorang yang masa berlaku match-nya telah habis, dan melihat profil orang yang telah menyukaimu terlebih dahulu.

2. Tinder

Banyak individu mengidentifikasi “Tinder” sebagai salah satu aplikasi pencarian pasangan yang paling populer, dan popularitasnya semakin diperkuat oleh fakta bahwa telah diunduh lebih dari seratus juta kali di Google Play Store.

Tinder berfungsi sebagai platform kencan online global yang memungkinkan penggunanya untuk mengembangkan jejaring sosial, berkenalan dengan individu baru, dan berinteraksi dengan pengguna di sekitar lokasi mereka.

Aplikasi ini memanfaatkan teknologi berbasis lokasi serta menyediakan filter berdasarkan gender, jarak, dan kriteria lainnya sesuai dengan preferensi pengguna.

Proses kerja Tinder mirip dengan aplikasi kencan pada umumnya, di mana kedua pengguna harus saling menyukai (swipe right) untuk menciptakan suatu pertandingan.

Sebaliknya, ketidakcocokan terjadi jika salah satu pengguna melakukan swipe left pada pengguna yang tertarik padanya.

Untuk mencegah penipuan, Tinder dilengkapi dengan fitur verifikasi foto yang bertujuan untuk memastikan keaslian identitas pengguna.

Akun yang telah terverifikasi ditandai dengan centang biru, memberikan kepercayaan tambahan kepada pengguna terkait keaslian profil yang mereka lihat.

3. Coffee Meets Bagel

Aplikasi pencarian pasangan selanjutnya yang patut diperhatikan adalah Coffee Meets Bagel. Berbeda dari aplikasi lainnya, fokus utama aplikasi ini adalah memberikan pertandingan yang berkualitas daripada sekadar jumlah.

Setiap harinya, aplikasi ini hanya merekomendasikan satu orang kepada pengguna. Coffee Meets Bagel memilih pasangan berdasarkan minat dan pengalaman pribadi pengguna, menjadikannya lebih personal.

Uniknya, fitur chat dalam aplikasi ini hanya dapat diakses selama tujuh hari. Keputusan untuk melanjutkan interaksi di platform lain atau tidak perlu diambil dalam batas waktu tersebut.

Langkah ini diambil dengan tujuan mendorong pengguna untuk mengambil keputusan lebih cepat mengenai hubungan mereka. Selain itu, Coffee Meets Bagel juga menawarkan keunikan lain dengan proses pendaftaran yang sederhana.

Pengguna hanya perlu mendaftar menggunakan akun Facebook atau nomor ponsel pribadi. Oleh karena itu, jangan heran jika kemungkinan pasangan yang dihasilkan oleh aplikasi ini adalah teman dari daftar pertemanan Facebook yang kamu miliki.

4. Badoo

Jika sedang mencari pasangan, Badoo bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Badoo, sebuah aplikasi pencarian jodoh yang telah meraih ketenaran global, telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Play Store.

Dengan lebih dari 300 juta pengguna yang tersebar di berbagai negara, Badoo menjadi platform yang ideal untuk menemukan pasangan dari luar negeri.

Namun, tak hanya itu, Badoo juga mempermudah pencarian pasangan di sekitar lokasimu melalui fitur People Nearby. Uniknya, tanpa perlu mencocokkan profil, kamu dapat langsung memulai percakapan dengan seseorang yang menarik perhatianmu.

Berbeda dengan aplikasi sejenis, Badoo memungkinkanmu untuk memulai percakapan secara langsung tanpa harus melakukan match terlebih dahulu.

Aplikasi ini juga menawarkan beragam fitur seperti obrolan, panggilan telepon, serta pengiriman audio dan foto, memberikan variasi yang kaya dalam interaksi.

Meskipun Badoo dapat digunakan secara gratis, tersedia juga opsi berbayar yang memberikan akses ke fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pencarian pasanganmu.

5. Dating.com

Ada juga opsi mencari pasangan melalui aplikasi Dating.com. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1993, Dating.com telah berkembang pesat dan kini memiliki kehadiran global di lebih dari 32 negara, sesuai informasi resmi dari situsnya.

Aplikasi ini memiliki tujuan utama untuk menghubungkan lajang dari berbagai belahan dunia, menciptakan potensi hubungan romantis secara global.

Seperti halnya aplikasi kencan pada umumnya, pengguna diminta untuk membuat profil dengan memasukkan foto dan berbagi detail pribadi mereka.

Setelah berhasil membuat profil, langkah berikutnya adalah menjelajahi database keanggotaan untuk menemukan profil potensial yang sesuai.

Ketika terjadi keserasian, pengguna dan pasangan dapat berinteraksi melalui sistem pesan langsung dan obrolan langsung yang disediakan oleh aplikasi ini.

Penutup

Itulah adalah beberapa aplikasi pencarian pasangan yang sangat populer di Google Play Store. Apakah kamu tertarik mencoba salah satu dari aplikasi ini? Jika iya, aplikasi mana yang menjadi pilihanmu?

Sarankan untuk mencoba terlebih dahulu; mungkin kamu akan menemukan pasangan hidup melalui salah satu dari aplikasi kencan ini.

Walaupun demikian, penting untuk selalu berhati-hati saat menggunakan aplikasi kencan dan ketika pertama kali bertemu dengan teman kencan.

Penting untuk menggunakan akal sehat dan tetap waspada terhadap tanda-tanda bahaya apa pun. Hindari memberikan informasi pribadi, seperti alamat rumah atau rincian kartu kredit, kepada siapa pun yang baru saja kamu temui.

Semoga kamu dapat menjalani pengalaman pencarian cinta dengan aman, dan semoga kamu berhasil menemukan pasangan yang sesuai dengan kriteriamu.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal