SemutAspal

Aplikasi Belajar Mengetik 10 Jari dengan Cepat

Aplikasi belajar mengetik 10 jari
Aplikasi belajar mengetik 10 jari

Jika kamu saat ini terbatas pada mengetik dengan jari telunjuk di laptop, penting untuk mulai menguasai teknik mengetik 10 jari untuk mendapatkan berbagai manfaat.

Artikel ini menyajikan pilihan game dan aplikasi belajar mengetik 10 jari yang dapat dijelajahi melalui pencarian internet. Dengan fokus pada teknik dasar, pengguna diajarkan untuk mengetik tanpa melihat keyboard, mempercepat kecepatan dan meningkatkan akurasi.

Selain itu, metode “Hunt and Peck” dan “Buffering” juga dijelaskan sebagai alternatif. Temukan game dan aplikasi yang cocok untuk melatih keterampilan mengetikmu.

Aplikasi Belajar Mengetik 10 Jari

Kamu dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi berikut ini sebagai alat untuk meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari.

1. Rapid Typing

Dengan Rapid Typing, kamu dapat mengonfigurasi keyboard sesuai dengan bahasa yang kamu gunakan dan menyesuaikan jumlah huruf serta platform.

Program ini menyediakan kursus mengetik dasar yang lengkap dengan tes tingkat pemula, berpengalaman, dan tingkat lanjut.

Dengan dukungan untuk 24 bahasa, termasuk Inggris, Belanda, dan Spanyol, aplikasi ini juga tersedia dalam versi portable. Gratis dan mendukung berbagai platform.

2. Typesy

Kamu mungkin familiar dengan aplikasi belajar mengetik Ultimate Typing yang kini telah diubah namanya menjadi Typesy.

Meskipun mengalami perubahan nama, Typesy menawarkan berbagai inovasi dan fitur baru yang membuat proses belajar mengetik lebih cepat dan menyenangkan.

Aplikasi ini menyediakan variasi latihan mengetik yang menghibur, panduan mengetik yang tepat, dan metode mudah untuk meningkatkan kecepatan mengetik.

Tak hanya itu, Typesy juga menyediakan video tutorial dengan instruksi langkah demi langkah untuk meningkatkan kecepatan mengetik, serta game menarik yang terkait dengan keterampilan mengetik.

Selain itu, Typesy mendukung berbagai tata letak keyboard, termasuk US, UK, Australia, Spanyol, dan Brasil.

3. Typing Instructor Platinum

Aplikasi belajar mengetik ini tidak hanya menawarkan kemampuan mengetik 10 jari yang cepat, tetapi juga menyajikan sejumlah fitur unggulan.

Dengan 20 kursus mengetik, game berkualitas tinggi, latihan yang dapat disesuaikan, dan tantangan seru, aplikasi ini cocok untuk pemula maupun profesional.

Kelebihan lainnya, kamu dapat menerima umpan balik untuk melihat perkembangan keterampilan mengetik dengan lebih mudah. Seperti aplikasi lainnya, keberhasilanmu akan dihargai dengan sertifikat khusus.

4. Ultrakey

Ultrakey telah merilis pembaruan terbarunya, meningkatkan kinerja untuk memudahkan belajar mengetik. Cocok untuk berbagai kalangan, dari pekerja hingga keluarga.

Panduan merekomendasikan 20 menit hingga 8 jam sehari untuk menguasai keterampilan mengetik pro. Aplikasi ini menyediakan pelajaran variatif, instruksi efektif, tes mengetik menarik, dan mendukung berbagai layout keyboard.

5. Typing Master 10

Aplikasi ini mendukung berbagai tata letak keyboard, termasuk US, Eropa, Kanada, Belgia, hingga Perancis. Selain itu, tersedia tes mengetik dengan tingkat kesulitan variasi dan fitur permainan menarik.

Kamu dapat menguji kecepatan dan ketepatan mengetik dengan mencoba beberapa fitur yang disediakan. Typing Master 10 tersedia dalam versi berbayar dan gratis untuk pilihan yang lebih fleksibel.

6. GS Typing Tutor

Aplikasi GS Typing Tutor, yang sangat terkenal dalam pembelajaran mengetik, mendukung berbagai bahasa seperti Inggris, Yunani, Jerman, dan Arab, membuatnya dapat digunakan secara global.

Dengan GS Typing Tutor, kamu dapat memilih program latihan mengetik satu atau dua tangan, serta mode Beginner dan mode Performa untuk meningkatkan keterampilan mengetik.

Keunggulan aplikasi ini terletak pada fitur tes mengetik dan latihan mengetik komprehensif. Selain itu, tersedia 24 tata letak keyboard, termasuk QWERTY, Latin, Amerika, dan Perancis.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan kompatibel dengan sistem operasi Windows 10.

7. KeyBlaze

Nikmati pengalaman belajar mengetik yang menyenangkan dengan KeyBlaze, aplikasi komprehensif yang cocok untuk seluruh keluarga, termasuk anak-anak.

Dengan berbagai tes yang disesuaikan untuk segala tingkatan, dari pemula hingga profesional, serta mode latihan, game, dan tes kecepatan mengetik, aplikasi ini juga mendukung berbagai tata letak keyboard.

Aplikasi belajar ngetik
Aplikasi belajar ngetik

Game Mengetik 10 Jari

Kamu dapat memperoleh keterampilan mengetik sepuluh jari dengan memanfaatkan game mengetik cepat yang tersedia di bawah ini.

1. Air Typer

Air Typer adalah permainan edukasi berjenis adventure yang memfokuskan pada kemampuan mengetik 10 jari. Merupakan pilihan ideal bagi pecinta game yang ingin meningkatkan kecepatan mengetik.

Dengan mengendalikan pesawat, pemain dapat menghancurkan pesawat musuh hanya dengan mengetik tulisan atau huruf yang tertera pada tubuh pesawat musuh.

Ini bukan hanya sebuah game, tapi juga cara menyenangkan untuk mengasah keterampilan mengetik secara efektif.

2. Z-Type

Z-Type merupakan permainan flash ringan yang dapat diakses melalui browser. Tujuannya serupa dengan Air Typer, yaitu mengeliminasi pesawat asing dengan mengetik huruf.

Setiap ketikan memicu peluru ke musuh, namun setiap pesawat dapat berisi kata-kata panjang, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mereka yang ingin mengasah keterampilan mengetik 10 jari.

3. Typer Shark Duluxe

Air Typer adalah game edukasi berjenis adventure yang mengasah keterampilan mengetik. Cocok bagi pecinta game yang ingin meningkatkan kecepatan mengetik.

Bermainnya simpel, kendalikan pesawat untuk menghancurkan musuh dengan mengetik huruf atau kata yang muncul pada pesawat musuh.

Aplikasi mengetik 10 jari
Aplikasi mengetik 10 jari

Cara Mengetik 10 Jari

Terdapat banyak model tata letak keyboard, tapi berikut adalah tutorial umum yang relevan untuk banyak tipe keyboard.

Tugas Jari Tangan Kiri

  • Jari telunjuk: Tekan tombol huruf F, R, V, G, T, B, serta angka 4 dan 5.
  • Jari tengah: Tekan tombol huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Jari manis: Tekan tombol huruf S, W, X, dan angka 2.
  • Jari kelingking: Tekan tombol A, Q, Z, 1, Alt, dan yang lainnya, seperti tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, serta tombol jendela atau Windows.
  • Ibu jari: Tekan tombol spasi.

Rumusnya, setelah jari terakhir di tangan kanan menekan tombol, kita dapat melanjutkan dengan menekan jempol kiri, dan sebaliknya.

Tugas Jari Tangan Kanan

  • Jari telunjuk: Tekan tombol huruf J, H, U, Y, M, N, 7, dan 6.
  • Jari tengah: Tekan tombol huruf K, I, koma, tanda lebih kecil <, dan 8 atau tanda bintang *.
  • Jari manis: Tekan tombol huruf L, O, 9, tanda kurung kiri (, titik, atau tanda lebih besar >, serta Alt.
  • Jari Kelingking: Tekan tombol di sebelah kanan, mulai dari tanda titik dua ;, tanda petik ‘, Enter, huruf P, pasangan tanda kurung { } atau [ ] , backslash \ , tanda tanya ? atau tanda miring /, klik kanan (tanda seperti dokumen), Shift, dan Ctrl kanan.
  • Jari Jempol: Tekan tombol spasi.

Metode terakhir ini diterapkan secara spesifik ketika salah satu jari kiri terakhir menekan tombol. Dengan kata lain, jempol bekerja secara bersilangan dengan jempol kiri untuk mengoptimalkan efektivitasnya.

Penutup

Game dan aplikasi belajar mengetik 10 jari tersebut tidak hanya ditujukan bagi pekerja kantoran, melainkan juga sangat bermanfaat bagi pelajar dan mahasiswa yang memerlukan keterampilan mengetik dalam menyelesaikan tugas mereka.

Pengguna diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengetik mereka melalui pemanfaatan game dan aplikasi tersebut, sehingga mereka dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan lebih efisien dan cepat.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal