SemutAspal

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video di HP Android

Meningkatkan daya tarik akun sosial mediamu dapat dilakukan dengan mengunggah foto bergerak ala video yang diperkaya dengan musik dan filter.

Kini, transformasi foto menjadi video dapat dilakukan melalui aplikasi di ponsel, lebih praktis dibandingkan menggunakan program khusus di laptop.

Di Google Play Store, tersedia berbagai aplikasi edit foto jadi video, memudahkan pengguna untuk menciptakan konten menarik di mana saja.

Dengan membuat video melalui susunan foto atau kolase, kamu dapat menghasilkan slideshow otomatis atau video utuh, sambil memberikan sentuhan personal dengan efek transisi, penyesuaian waktu, dan tambahan musik sesuai selera.

Ingin segera mencoba aplikasi edit foto jadi video yang direkomendasikan oleh SemutAspal? Temukan ulasannya di bagian selanjutnya.

Aplikasi Edit Foto Jadi Video

Berikut adalah sejumlah aplikasi untuk mengedit foto menjadi video musik yang dapat digunakan pada perangkat Android.

1. Loopsie

Dikembangkan oleh Loopsie SRL, aplikasi Loopsie menciptakan efek tiga dimensi pada hasil editan. Keunggulannya terletak pada beragam efek yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti Dazz Cam atau Pixaloop.

Loopsie juga menyediakan fitur kamera video terintegrasi untuk merekam dalam resolusi full HD, tanpa memerlukan unduhan aplikasi tambahan.

Terlebih lagi, aplikasi ini mengatasi efek bergetar akibat pegangan yang tidak stabil, dan antarmukanya ramah pengguna pemula, memungkinkan kamu menguasai setiap fitur dengan cepat.

2. Motion Stills

Aplikasi pengeditan foto ini, dikembangkan secara khusus oleh Google, menonjolkan fitur canggih AR (Augmented Reality) dengan motion tracking untuk menghasilkan video yang alami.

Kamu dapat menambahkan berbagai objek virtual seperti binatang, GIF, dan video lainnya. Keunggulan Motion Stills terletak pada AR yang tidak bergantung pada ARCore, memungkinkan pengguna Android dengan gyroscope dapat mengaksesnya.

Google juga mengintegrasikan objek tiga dimensi dari Blocks dan mode AR Poly untuk menciptakan konten visual yang optimal.

3. Cinemagraph

Selanjutnya, hadir Cinemagraph, aplikasi pengedit foto unggulan dari crazy labs. Cinemagraph memadukan keindahan fotografi dan dinamisme videografi dalam satu aplikasi.

Cinemagraph menyediakan beragam format, termasuk GIF dengan resolusi hingga 1080p. Antarmuka yang simpel memudahkan pengguna pemula untuk mempelajari aplikasi ini.

Fitur lainnya meliputi filter real-time yang beragam, pengaturan frame rate untuk membuat GIF, dan self-timer untuk menghasilkan cinemagraph yang stabil.

Setelah proses pengeditan selesai, hasil karya GIF atau video dapat dengan mudah dibagikan ke berbagai platform media sosial seperti Instagram, X, Facebook, bahkan WhatsApp.

4. KineMaster

KineMaster, aplikasi edit video, memperkaya foto untuk tampil menarik di sosial media atau aplikasi pesan.

Tersedia untuk smartphone, tablet, laptop, dan PC, KineMaster memungkinkan pengguna menambahkan musik, stiker, efek, teks, dan filter dengan mudah.

Meskipun dapat diakses secara gratis, langganan premium yang dinamai KineMaster Pro diperlukan untuk mengakses semua fitur lengkapnya.

5. Funimate Video Editor

Aplikasi Funimate Video Editor menyajikan fitur profesional untuk mengonversi foto menjadi video dengan kualitas tertinggi dan resolusi yang optimal.

Seperti aplikasi sejenis, Funimate memungkinkan pengguna menambahkan stiker, filter, teks, serta beragam efek video, termasuk penggantian atau penambahan latar belakang.

Keistimewaan aplikasi ini terletak pada kemampuannya untuk langsung membagikan video hasil kreasi ke platform sosial seperti TikTok dan Instagram, berkat integrasinya yang sempurna.

Banyak pengguna TikTok yang memilih Funimate Video Editor sebagai pilihan utama untuk mengedit video mereka.

6. Vimage

Aplikasi Vimage unggul dalam menciptakan video berkualitas sinematik dan estetik, menjadikannya favorit di kalangan pecinta seni visual.

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat grafis dan video 3D, live wallpaper, dan menambahkan efek visual sekelas video profesional. Dengan penawaran motion photo yang unik, Vimage memberikan pengalaman yang berbeda dari aplikasi sejenis.

7. PicMotion

PicMotion, diciptakan oleh Smart App Innovation, adalah aplikasi unggulan untuk pengeditan foto dan video dengan musik di ponsel Android.

Menawarkan kemudahan dalam mengatur foto menjadi video sederhana, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyematkan berbagai efek transisi, menciptakan tampilan menarik melalui antarmuka yang simpel, ideal bagi pengguna pemula.

Pengguna tidak akan kesulitan memahami cara kerja dan fitur PicMotion, termasuk kemampuan untuk menambahkan lagu atau instrumental sebagai latar belakang sesuai tren media sosial.

Selain itu, kemudahan berbagi video ke platform seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan Tumblr membuat PicMotion menjadi pilihan utama para pengguna yang ingin berkreasi dan berbagi dengan mudah.

8. PicsArt Photo Editor

PicsArt, sebuah aplikasi edit foto komprehensif dengan slogan “All in one editor” memungkinkan pengguna untuk mengubah foto menjadi video yang menarik dan berbagi hasilnya dengan bangga di media sosial.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pembuatan kolase video dengan berbagai efek dan filter yang dapat disesuaikan. Pengguna dapat menciptakan filter khusus atau menggunakan opsi filter bawaan.

PicsArt juga menyediakan beragam efek, termasuk perubahan warna rambut, mata, dan makeup digital untuk menyempurnakan tampilan foto.

9. Pixgram

Dikembangkan oleh Swiitt Computing, Pixgram membantu pengguna menyusun foto dalam format slideshow dengan beragam fitur pengeditan.

Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan pengguna menambahkan lagu, tetapi juga menampilkan lirik dalam video, menjadikannya favorit penggemar.

Setelah menyunting dan menyimpan video, pengguna dapat dengan mudah membagikannya ke berbagai platform media sosial seperti X, Facebook, dan WhatsApp.

10. VivaVideo

Rasanya kurang lengkap jika kita tidak memasukkan VivaVideo dalam pembahasan aplikasi edit foto dan video. Aplikasi yang dikembangkan oleh QiVideo dan Video Maker App ini mampu mengubah foto-foto menjadi video dengan kualitas profesional.

Untuk menciptakan video menggunakan aplikasi edit foto terbaik ini, kamu dapat memilih konten dari koleksi di Galeri atau merekam langsung melalui kamera.

Di sini, berbagai fitur seperti tema, jenis huruf, dan elemen lain dapat digunakan, yang tidak tersedia dalam versi gratis.

VivaVideo secara rutin memperbarui fiturnya, pengguna bisa menambahkan elemen teks, efek transisi, lagu, stiker, filter, dan lainnya. Bagi yang ingin pengalaman tanpa iklan dan fitur lengkap, tersedia versi pro VivaVideo yang dapat dibeli.

Semua aplikasi yang disebutkan di atas dapat diakses pada ponsel Android, sementara beberapa juga kompatibel dengan iOS untuk pengguna produk Apple.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Aplikasi edit foto menjadi video
Aplikasi edit foto jadi video

Untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengadopsi aplikasi edit foto jadi video musik.

1. Tujuan Pemakaian

Mengetahui maksud di balik pengunduhan aplikasi editing ini sangat penting. Apakah kamu menggunakannya sebagai alat latihan, untuk mengembangkan konten media sosial, atau hanya mencoba-coba?

Menyadari tujuan penggunaan akan membantumu membuat pilihan aplikasi yang sesuai dan menghasilkan hasil yang sesuai dengan keinginanmu.

2. Ukuran File Aplikasi

Hindari menginstal aplikasi berukuran besar jika penyimpanan terbatas. Ini dapat mengurangi kinerja dan menambah beban memori karena cache yang tidak perlu. Saat ini, banyak aplikasi edit foto dengan fitur lengkap yang ringan dan ramah memori.

3. Iklan yang Muncul

Banyak aplikasi edit foto estetik gratis sering menampilkan iklan dari pihak ketiga. Beberapa muncul sesekali, namun ada yang muncul terlalu sering, mengganggu pengalaman pengguna.

Meski begitu, jika iklan tidak menghambat proses, penggunaan aplikasi tetap nyaman untuk keperluan penyuntingan foto.

4. Rating dan Review Pengguna

Rating dan ulasan pengguna selalu terpampang di Google Play Store, memberikan gambaran performa aplikasi melalui perbandingan antara ulasan positif dan negatif.

Sejumlah pengembang juga melampirkan video promosi, memungkinkanmu melihat fitur serta proses pengeditan dalam aplikasi secara lebih detail.

Inilah beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengubah foto menjadi video musik. Cobalah dan kreasikan berbagai video menakjubkan dari koleksi foto kamu. Selamat mencoba!


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal