SemutAspal

Bentuk Bentuk Energi dan Penjelasannya

Bentuk bentuk energi
Bentuk bentuk energi

Bentuk Bentuk Energi

Di dunia ini ada yang namanya energi yang membantu proses kehidupan manusia dan keberlangsungan dari dunia ini. Bentuk bentuk energi sendiri memang cukup banyak, meskipun tidak semua orang tahu mengenai bentuk dari energi tersebut.

Pemanfaatan energi di masa sekarang pun sudah sangat besar mulai dari listrik, panas, dan lain sebagainya untuk menunjang kehidupan.

Energi adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan, dan ternyata energi itu memiliki bentuk yang sangat beragam lho. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih bentuk dari energi tersebut.

1. Energi Potensial

Energi potensial itu adalah sebuah energi yang dihasilkan oleh benda karena kedudukan dari benda tersebut. Secara umum ada 2 jenis energi potensial yakni energi potensial gravitasi dan energi potensial elastis, berikut ini penjelasannya.

a. Energi Potensial Gravitasi

Setiap benda yang ada pada ketinggian tertentu sudah pasti akan jatuh dan akan menghantam lantai atau tanah. Benda yang jatuh tersebut memiliki energi karena adanya daya gravitasi bumi yang menarik benda tersebut.

Pergerakan benda tersebut memiliki energi potensial, di mana semakin tinggi bendanya maka akan semakin tinggi energi potensialnya.

b. Energi Potensial Elastis

Energi potensial elastis adalah energi yang timbul akibat adanya peregangan dari benda yang elastis seperti karet misalnya.

Biasanya ketika sebuah benda elastis ditarik, maka ketika dilepas akan ada pergerakan yang mana menimbulkan energi. Semakin besar peregangan yang terjadi, maka akan semakin besar pula energi potensial yang dihasilkan.

2. Energi Kinetik

Bentuk energi yang kedua adalah energi kinetik yang merupakan energi yang berasal dari pergerakan atau dari benda bergerak. Semakin cepat benda tersebut bergerak, maka energi kinetik yang dihasilkan pun akan semakin besar pula.

Banyak pula yang memanfaatkan energi kinetik ini untuk menghasilkan listrik yang akan diubah kembali menjadi beragam energi yang lainnya.

Kamu bisa melihat contoh pengubahan energi dengan metode kinetik ini seperti kincir angin atau juga kincir air untuk listrik.

3. Energi Listrik

Energi listrik itu adalah sebuah energi yang dihasilkan akibat dari pergerakan muatan listrik dari kawat penghantar akibat adanya perbedaan tegangan.

Arus listrik muncul akibat dari pergerakan muatan listrik, dan arus tersebut yang akan menyalakan beragam peralatan rumah tangga dengan listrik.

Bentuk bentuk energi memang banyak, namun energi listrik inilah yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

4. Energi Kimia

Energi kimia adalah sebuah energi yang dihasilkan dari bahan yang memiliki interaksi kimia di dalamnya seperti misalnya baterai atau bahan bakar.

Jadi, senyawa kimia tersebut akan berinteraksi dan kemudian akan menghasilkan sebuah energi yang bisa dipergunakan untuk banyak hal.

Bahkan makanan yang kita makan pun akan menjadi energi di dalam tubuh kita akibat adanya interaksi kimia lho. Sudah cukup banyak sebenarnya bahan kimia yang dipergunakan untuk bisa menghasilkan energi yang dipergunakan dalam kehidupan.

5. Energi Cahaya

Cahaya adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan, dan ternyata di dalam cahaya itu pun ada energi yang bisa dimanfaatkan. Jadi intinya energi cahaya itu adalah sebuah energi yang dihasilkan dari cahaya baik itu matahari atau cahaya yang lainnya.

Sebagai contoh cahaya lampu, di mana biasanya akan menghasilkan panas yang juga merupakan sebuah energi juga.

Cahaya matahari pun memiliki energi yang besar, sehingga saat ini sudah ada panel surya untuk menangkap energi tersebut dan diubah menjadi listrik.

6. Energi Panas

Energi panas adalah sebuah energi yang muncul dari panas baik itu dari Matahari atau dari inti bumi yang menjadi sumber energi.

Energi panas ini sangat penting bagi kehidupan, karena bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dan juga bisa diubah menjadi energi yang lainnya. Tanpa ada panas, maka bumi tidak akan bisa ditinggali.

7. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi yang timbul akibat adanya reaksi di dalam inti atom yang bisa berupa pembelahan atau penggabungan inti atau fisi.

Saat ini energi nuklir sendiri lebih dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk menghasilkan listrik yang pasokannya sudah semakin berkurang.

Itulah beberapa bentuk-bentuk energi yang sering kita temui dalam kehidupan.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal