SemutAspal

Pengertian Energi, Fungsi, Tips Menghemat

Pengertian energi
Pengertian energi

Energi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, bahkan kita membutuhkan energi untuk bekerja atau melakukan sesuatu hal. Pengertian energi sendiri sering disepelekan, padahal sebenarnya penting untuk mengetahui konsep dari energi itu sendiri.

Energi pun saat ini sedang menjadi topik yang hangat di dunia, karena energi di bumi saat ini sudah semakin menipis dan krisis. Penggunaan energi yang berlebihan pada akhirnya menjadi salah satu penyebab krisis energi yang terjadi di seluruh dunia.

Tentunya perlu ada gerakan yang nyata agar supaya krisis energi ini bisa terselesaikan dengan baik untuk generasi selanjutnya. Berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai energi mulai dari pengertian sampai dengan fungsi dan tips untuk berhemat.

Pengertian Energi

Bila dalam ilmu fisika, energi itu dideskripsikan sebagai sebuah satuan kapasitas yang bisa dipergunakan untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Dalam hukum kekekalan energi sendiri menyatakan kalau energi itu tidak bisa diciptakan, akan tetapi bentuknya bisa diubah sesuai kebutuhan.

Saat ini sudah ada banyak sekali pengubahan energi yang terjadi, salah satunya adalah pengubahan energi menjadi energi listrik. Energi sendiri selalu berhubungan dengan pergerakan, termasuk juga dalam perubahan energi itu sudah pasti akan ada pergerakan di dalamnya.

Sebagai contoh adanya pergerakan dari kincir angin yang bisa diubah menjadi energi listrik yang bisa dipakai untuk satu rumah. Belum lagi teknologi terkini dengan adanya energi panas atau cahaya matahari yang diubah menjadi listrik dengan menggunakan baterai.

Massa dan energi itu memiliki hubungan yang sangat erat, karena nilai energinya itu akan sangat dipengaruhi oleh massa dari benda.

Jadi baik itu pergerakan dari benda atau tambahan pada massa tersebut sudah pasti akan mempengaruhi nilai energi yang dihasilkan. Bahkan massa diam saja memiliki energi yang mana setara dengan energi diam, jadi memang keduanya saling bergantung.

Fungsi Energi

Makhluk hidup yang ada di bumi atau mungkin di luar bumi itu sudah pasti akan membutuhkan energi untuk bisa menjalankan hidup. Manusia pun sama, bahkan saat ini manusia sangat ketergantungan dengan energi untuk bisa mengembangkan hidup mereka.

Energi memiliki banyak sekali fungsi yang tentunya dipengaruhi oleh bentuk dari energi itu sendiri. Ada beberapa fungsi yang bisa didapatkan, berikut ini fungsi dari energi.

  • Fungsi yang paling umum itu adalah untuk mengerjakan sesuatu hal seperti yang tertera pada pengertian energi itu sendiri.
  • Fungsi yang kedua adalah untuk diubah menjadi energi lainnya yang mungkin dibutuhkan seperti misalnya listrik.
  • Fungsi yang ketiga untuk menghidupkan berbagai alat elektronik yang saat ini sangat beragam dengan fungsi yang sangat beragam pula.

Tips untuk Hemat Energi

Dunia saat ini harus menghadapi krisis energi, karena memang penggunaan yang sangat masif dan tanpa adanya inovasi energi terbarukan.

Listrik dan bahan bakar adalah jenis energi yang saat ini sedang krisis terlebih bila dilihat dari kebutuhan yang semakin besar. Ada beberapa tips sebenarnya yang bisa dipergunakan supaya bisa lebih hemat energi di masa krisis seperti ini.

  1. Tips yang pertama adalah kamu perlu lebih efisien dalam menggunakan energi terutama energi listrik di rumah.
  2. Tips yang kedua adalah gunakan peralatan yang hemat energi, sehingga energi yang kamu gunakan akan jauh berkurang.
  3. Tips yang ketiga adalah berinovasi untuk mencari sumber energi terbarukan, sehingga bisa menambah asupan energi di bumi.

Jenis Jenis Energi

Energi sendiri memiliki banyak jenis atau bentuk yang pemanfaatannya itu memang sudah banyak dipergunakan oleh manusia saat ini. Berikut ini beberapa jenis energi yang banyak kamu jumpai di sekitar kamu.

  1. Energi potensial yang merupakan energi yang dihasilkan benda dari kedudukannya, semakin tinggi jelas energinya makin besar.
  2. Energi listrik adalah energi yang dihasilkan akibat perpindahan muatan listrik yang menghasilkan arus listrik.
  3. Energi kimia yang mana merupakan energi yang muncul akibat dari bahan kimia, sebut saja baterai.
  4. Energi kinetik di mana pengertian energi kinetik adalah energi yang dihasilkan dari gerak seperti kincir air misalnya.

Baca juga artikel terkait lainnya di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal