SemutAspal

Teknik Pengumpulan Data dan Jenisnya

Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data

Data memang saat ini menjadi salah satu hal yang sangat penting, baik untuk kepentingan ekonomi, politik, dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data pun saat ini sangat beragam dengan metode dan juga tentunya tujuan yang pastinya berbeda-beda.

Bila ingin bisa mempergunakan beberapa teknik tersebut, tentunya kamu harus pahami dulu mengenai tekniknya dan juga beberapa jenisnya.

Mempelajari cara pengumpulan data yang baik dan benar itu penting, supaya nantinya bisa mendapatkan data yang valid dan benar. Berikut ini kami akan jelaskan mulai dari pengertiannya sampai kepada jenisnya dan output yang dihasilkan dari setiap jenisnya.

Pengertian Teknik Pengumpulan Data

Kita harus pahami dulu pengertiannya, supaya nanti bisa paham konsepnya, cara kerja, sampai kepada bagaimana data bisa diolah dengan baik. Ada beberapa pengertian dari teknik untuk mengumpulkan data, dan berikut ini pengertiannya.

  1. Pengertian yang pertama itu adalah sebuah proses riset yang mana peneliti akan menerapkan metode secara ilmiah dan juga sistematis untuk nantinya diolah.
  2. Pengertian kedua adalah sebuah metode atau cara untuk mengumpulkan data yang terkait dengan masalah yang sedang diteliti.

Jenis Teknik untuk Mengumpulkan Data

Untuk bisa mengumpulkan data di masa sekarang ini ada beberapa teknik, total kemungkinan ada 4 teknik yang banyak digunakan. Biasanya orang mempergunakan salah satu teknik saja, namun tidak jarang harus mempergunakan semua teknik tersebut.

Berikut ini kami akan jelaskan lagi beberapa jenis teknik untuk mengumpulkan data yang sangat penting pada saat orang melakukan penelitian.

1. Kuesioner

Pertama ada yang namanya kuesioner yang merupakan sebuah teknik untuk mengumpulkan data dengan menggunakan beberapa pertanyaan. Biasanya kuesioner itu berisi beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan penelitian yang harus dijawab oleh responden yang dituju.

Dalam membuat pertanyaan sendiri ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan, berikut ini beberapa prinsip tersebut.

  • Pertanyaan harus memiliki tujuan yang jelas yakni memperoleh data sesuai dengan penelitian yang dijalankan.
  • Jawaban harus memiliki nilai ukur yang jelas bila ada pertanyaan yang bertujuan untuk mengukur sesuatu.
  • Bahasa yang digunakan itu harus disesuaikan dengan responden, supaya mudah dipahami dan bisa menjawab dengan benar.
  • Jawaban dari pertanyaan bisa dibebaskan atau ada pilihan yang harus dipilih oleh responden.

Kamu bisa membuat kuisioner dengan memanfaatkan Google Form.

2. Interview

Jenis teknik pengumpulan data yang kedua adalah interview atau wawancara atau dalam bahasa lain bertanya langsung. Jadi dari peneliti atau pengumpul data akan bertatap muka dan bertanya langsung kepada sumber data atau narasumber.

Pada sampel besar memang wawancara ini hanya menjadi sebuah studi pendahuluan saja, tidak sebagai data inti. Teknik ini biasanya digunakan ketika kita ingin mendapatkan data dengan pendekatan kualitatif.

3. Observasi

Jenis teknik yang ketiga ada yang namanya observasi atau pengamatan dengan diikuti pencatatan yang sistematik terhadap objek.

Teknik ini mungkin terbilang yang paling mudah, akan tetapi memang harus sedekat mungkin untuk bisa mendapatkan data yang memuaskan. Biasanya memang observasi ini dipakai untuk mendapatkan data mengenai kelakuan dari objek tertentu seperti misalnya suku tertentu.

4. Dokumentasi

Jenis yang terakhir adalah dokumentasi yang bisa merekam sebuah peristiwa dengan sangat baik di masa yang lalu. Dokumentasi ini sendiri bisa mengumpulkan data dalam berbagai bentuk seperti misalnya foto, video, bahkan catatan harian.

Teknik dokumentasi ini mungkin bisa menjadi salah satu teknik mengumpulkan data, akan tetapi lebih tepat sebagai pendukung. Teknik pengamatan dan juga interview itu akan jauh lebih kredibel ketika ditambahkan dengan teknik dokumentasi ini.

Jenis Jenis Data

Jenis data sendiri terbagi menjadi beberapa yang terpisahkan dari beberapa poin, berikut ini kami akan jelaskan jenisnya.

1. Berdasarkan Sumbernya

Bila berdasarkan sumber ada jenis data primer yang paling utama dipakai untuk penelitian dan didapatkan langsung dari narasumber. Data sekunder adalah data pendukung yang mungkin tidak didapatkan langsung dari narasumber.

2. Berdasarkan Tipe Penelitian

Bila berdasarkan tipe penelitian ada kuantitatif atau data dengan orientasi jumlah dan data kualitatif yang berorientasi pada kualitas data. Demikianlah beberapa teknik pengumpulan data yang bisa digunakan.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal