Ciri-Ciri Website yang Berkualitas dan Keren

Berbicara tentang bisnis di masa kini tak bisa lepas dari website. Ini merupakan aset paling berharga yang harus segera dimiliki. Jika tidak ingin ribet, kamu bisa langsung menggunakan jasa pembuatan website di Niagaweb.

Perbedaan paling mencolok antara website dan media sosial adalah fleksibilitasnya yang sangat besar. Kamu sebagai pemilik website bisa mengatur tampilan, membuat konten, dan menata navigasi sesuai strategi promosimu.

Hal-hal tersebut adalah satu kelebihan website dibandingkan media sosial yang memiliki fitur optimasi yang terbatas. Masih ada manfaat yang akan kamu rasakan saat menggunakan website, mari kita bahas itu terlebih dulu.

Ciri-ciri website yang baik
Kriteria website yang baik

Manfaat Website

Sebelum membahas ciri-ciri website yang berkualitas, perlu diketahui terlebih dulu bahwa terdapat beragam manfaat membuat website. Beberapa di antaranya adalah berikut ini.

Media berbagi informasi

Website bisa dijadikan sebagai media berbagi informasi yang sepenuhnya kamu kontrol baik dari sisi tampilan maupun konten. Kamu bisa membuat konten dengan format yang sesuai dengan citra perusahaan tanpa pembatasan seperti ketika menumpang ke platform media sosial.

Display produk

Jika kamu memiliki produk, kamu bisa menampilkannya di tempat-tempat dengan visibilitas tinggi. Lokasi strategis tersebut biasanya berada di bagian atas halaman. Selain itu, kamu bisa menggunakan format display produk yang kamu inginkan termasuk banner.

Tempat jual beli produk

Kamu tak hanya bisa menampilkan produk bisnismu kepada pengunjung website. Dengan website, kamu bahkan bisa menjual produkmu lengkap dengan pelaporannya. Di masa sekarang, penting untuk mendapatkan laporan akurat dari aktivitas promosi di internet.

Company branding

Tak berhenti pada kegiatan jual beli, kamu pun bisa melakukan company branding menggunakan website. Kamu bisa mendapatkan data-data yang kamu butuhkan untuk menyusun strategi pendekatan terbaik ke calon konsumen.

Untuk diketahui, semua layanan dan aplikasi yang banyak digunakan sekarang ini berangkat dari sebuah website. Termasuk YouTube, Google, atua TikTok, ketiganya dibangun di atas sebuah website.

Kriteria dan Ciri-Ciri Website Berkualitas

Dengan beragam manfaatnya, ada semacam kriteria penilaian halaman website yang telah disepakati secara tidak langsung oleh para pengguna internet. Yang termasuk kriteria web yang baik adalah sebagai berikut.

Website Responsive

Website responsive

Bisa dilihat dari data kunjungan ke website, lebih dari 80% traffic yang masuk berasal dari para pengguna smartphone. Hal ini tak mengherankan sebab harga ponsel pintar tiap tahunnya semakin murah.

Sebagai pemilik website, kita perlu menyesuaikan diri dengan keinginan pengunjung. Salah satu keinginan tersebut adalah tampilan website yang baik untuk pengguna smartphone maupun desktop.

Jadi, kebutuhan akan tampilan website yang responsive perlu dipenuhi agar tidak ada perbedaan tampilan yang terlalu mencolok namun tetap nyaman untuk digunakan.

Design Website yang Simpel dan Mudah Digunakan

Design situs

Selanjutnya adalah desain website yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Website yang sederhana akan membuat pengguna nyaman untuk menjelajahi website tersebut.

Beberapa hal terkait tampilan yang perlu diperhatikan adalah penggunaan font, warna, tata letak, serta fitur-fitur yang ditambahkan untuk mempermudah pengoperasian website.

Selain tampilan, desain juga berbicara tentang navigasi situs. Navigasi situs yang baik adalah ketika pengunjung dapat menemukan konten yang diinginkan dengan cepat dan mudah.

Kedua hal tersebut tentu saling berhubungan, jadi kamu tidak bisa melupakan satu aspek dan lebih mementingkan aspek yang lain.

Speed Website yang Cepat

Loading cepat website

Kecepatan pemuatan website adalah satu hal yang paling krusial. Ada harga yang harus dibayar ketika waktu muat website terlalu lama.

Waktu loading berkaitan dengan segala hal dari dalam website yang bisa kamu perbaiki. Beberapa hal yang mungkin bisa kamu terapkan adalah sebagai berikut:

  • Hindari penggunaan video karena ukurannya yang besar
  • Gunakan preload, dns-prefetch, atau preconnect
  • Kompres semua media yang dimuat pada laman
  • Buang sumber daya yang tidak dipakai, termasuk CSS, JS, icon, dan font
  • Hindari penggunaan sumber daya dari luar website
  • Pilih hosting dengan kecepatan yang baik

Konten yang Menarik dan Relevan

Konten yang menarik

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah konten yang dibuat. Perlakukan konten sebagai sebuah produk yang dijual. Konten yang baik haruslah relevan dengan kebutuhan pengunjung dan dibahas secara menarik oleh penulis.

Ini penting diperhatikan sebab konten adalah sesuatu yang paling berpengaruh terhadap SEO dan rating website di mesin pencari. Pada akhirnya, inilah yang akan mendatangkan pengunjung dan pendapatan terhadap bisnismu.

Penutup

Itulah ciri-ciri website yang baik dan beberapa hal lain yang bisa saya bagikan. Tentu, tak semua hal bisa saya jabarkan karena ada banyak hal teknis yang malah bikin kamu malas untuk memiliki website.

Padahal, fungsi website dalam promosi di internet sangat banyak. Tidak baik kalau penjelasan saya malah membuat ragu-ragu dan akhirnya bisnismu tidak berkembang.

Seperti sudah dijelaskan di awal artikel, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Niagaweb jika tidak ingin ribet dengan masalah-masalah teknis website yang bikin pusing.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup