SemutAspal

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Contoh surat pengunduran diri kerja
Contoh surat pengunduran diri kerja

Setiap orang memiliki kriteria dalam memilih pekerjaan yang dilakukan. Ada yang termotivasi oleh faktor ekonomi, status sosial, hingga untuk mewujudkan cita-citanya sejak kecil.

Untuk mencapai tujuan tersebut, seseorang bisa berpindah tempat kerja. Tindakan tersebut bisa kamu lakukan saat mendapat kesempatan yang baik. Meski demikian, ada juga yang mengajukan surat pengunduran diri saat dirinya merasa tidak nyaman di tempat kerja.

Apapun alasannya, kamu perlu memberikan surat resign pada manajemen tempat kerjamu sebagai tata cara agar bisa keluar secara resmi dari perusahaan. Berikut adalah beberapa hal terkait surat pengunduran diri dan contoh yang bisa kamu jadikan referensi.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri atau resign adalah surat administratif untuk HRD (Human Resource Development) atau atasan di tempat kerjamu yang berisikan pemberitahuan pengunduran diri dari posisi atau berhenti dari pekerjaan.

Jenis surat yang satu ini merupakan salah satu surat resmi yang dibuat ketika ingin berhenti dari pekerjaan atau jabatan yang sedang diemban.

Setiap perusahaan atau instansi pasti mempunyai ketentuan tersendiri terkait surat pengunduran diri. Jika kamu mengundurkan diri secara lisan, tindakan tersebut bisa dianggap kurang profesional dan kurang sopan.

Untuk itu, jika kamu berniat untuk mengakhiri hubungan kerja, sangat penting untuk mengirimkan surat resign resmi yang terstruktur dengan baik kepada Departemen Sumber Daya Manusia (HRD). Surat tersebut harus mematuhi format resmi dan ditulis dengan tata bahasa yang benar.

Penyebab Karyawan Resign

Kenapa karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya? Alasannya memang cukup beragam. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang dirasakan oleh karyawan ketika memutuskan untuk resign dari perusahaan.

1. Beban Kerja Terlalu Banyak

Karyawan profesional yang berkualitas memang bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dengan baik dan maksimal. Meski begitu, bukan berarti mereka menerima dan mau mengerjakan semua pekerjaan. Mereka tentu akan berpikir ketika atasan mulai memberi tugas-tugas selain job desc utama secara berlebihan.

Bagi mereka yang tidak nyaman, atasan sering memberi tugas tanpa mempertimbangkan kemampuannya. Banyak kasus semacam ini terjadi dan menjadi masalah berulang di banyak perusahaan.

2. Tidak Memperoleh Reward

Atasan seharusnya mengetahui karyawan dan kontribusi mereka terhadap perkembangan perusahaan. Setiap kontribusi yang berarti dari para karyawan untuk perusahaan seharusnya diberikan reward. Reward di sini bisa berupa kenaikan gaji, kenaikan jabatan, bonus, tiket perjalanan, atau hal lainnya.

3. Sikap Atasan kepada Karyawan

Seorang atasan sudah sepatutnya peduli dengan pegawainya. Kepedulian bisa ditunjukkan dengan berbagai macam cara, seperti menyapa, bertanya kabar, memberi solusi ketika terjadi masalah dalam pekerjaan, dan memegang komitmen yang telah disepakati bersama karyawan.

Komitmen adalah wujud tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan atasan kepada pegawainya. Komitmen dapat menaikkan produktivitas dan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan. Apabila atasan menjanjikan sesuatu tapi tidak dipenuhi, jangan salahkan karyawan jika melakukan hal yang sama.

4. Partner Kerja Tidak Cocok

Karyawan profesional yang berkualitas akan menghargai pekerjaannya. Ketika bekerja bersama dengan rekan kerja yang kurang berprofesional, maka produktivitasnya cenderung mengalami penurunan. Terkadang, ketidakcocokan ini jika dibiarkan saja akan mengganggu proses bisnis perusahaan.

5. Perusahaan Tidak Memberikan Ruang

Umumnya, seorang karyawan profesional yang berkualitas ingin mengejar passionnya yang membuat produktivitas bekerja terus meningkat. Passion yang dimaksud adalah sebuah tantangan tersendiri yang harus dicapai dan karyawan tersebut menyukai hal itu.

6. Kreativitas Karyawan Diabaikan

Biasanya, peningkatan kualitas karyawan seiring dengan meningkatnya kreativitas. Hal tersebut akan berbeda jika kreativitas karyawan tidak ditampung dengan baik, mereka akan lebih cepat jenuh dan bosan dengan pekerjaan.

Alasan Pentingnya Surat Pengunduran Diri

Menyusun surat resign atau pengunduran diri merupakan suatu hal yang penting bagi pegawai yang ingin keluar dari sebuah perusahaan. Mengapa perlu membuat surat semacam ini? Berikut adalah beberapa alasan penting perlunya membuat surat pengunduran diri dengan benar.

1. Profesionalisme

Surat resign yang ditulis dengan baik akan menunjukkan profesionalitas. Kesan profesional perlu dibangun sejak menjadi pegawai. Etika yang baik ketika keluar dari pekerjaan adalah dengan membuat surat pengunduran diri, tidak cuma secara lisan.

2. Memberitahu Perusahaan

Saat kamu menyerahkan surat ini kepada HRD atau atasan, perusahaan dapat mengambil sikap yang diperlukan. Kamu harus melakukan ini karena seringnya ini menyangkut tentang hak dan kewajiban yang terjalin antara pegawai dan perusahaan.

Penggunaan surat resign bertujuan untuk mempertahankan hubungan positif dengan perusahaan yang kamu tinggalkan, sehingga memberikan manfaat baik bagi kedua belah pihak.

Sebab mungkin saja dirimu akan berurusan dengan perusahaan tersebut, entah sebagai partner, klien, atau hal lainnya.

3. Kepastian Status Karyawan

Melalui surat tersebut, perusahaan akan mendapat kejelasan status karyawan di perusahaan. Apabila surat telah diserahkan, kamu secara resmi mengundurkan diri serta melakukan langkah-langkah yang terkait dengannya hingga tidak bekerja di perusahaan.

Jenis-Jenis Surat Mengundurkan Diri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai pentingnya membuat surat pengunduran diri saat ingin resign dari perusahaan. Selanjutnya, kita akan membahas jenis jenis surat ini yang dibagi menjadi dua, yaitu one month notice dan two weeks notice.

1. One Month Notice

Jenis surat yang satu ini memberikan pemberitahuan satu bulan sebelum resmi resign dari perusahaan. Melalui surat ini, pegawai memberi tahu keputusan resign kepada atasan atau HRD satu bulan sebelum berhenti bekerja.

Banyak perusahaan menggunakan jenis surat one month notice seperti ini sebagai standar surat pengunduran diri karena mereka dapat menentukan sikap setidaknya dalam satu bulan sesuai dengan strategi dan budget keuangan.

2. Two Weeks Notice

Selain jenis one month notice, ada juga two weeks notice yang merupakan pemberitahuan dua minggu sebelum resmi keluar dari perusahaan. Pemberitahuan two weeks notice lebih mendadak ketika memang benar-benar ingin resign.

Maka, kamu harus memiliki alasan kuat dan logis saat memilih untuk resign. Apabila tidak mempunyai alasan yang logis, kemungkinan besar permohonan pengunduran dirimu akan ditolak oleh perusahaan.

Isi Surat Resign

Apa itu resign? Pengertian resign adalah tindakan formal yang dilakukan pegawai saat berhenti dari perusahaan atau jabatan yang sedang diemban.

Mengundurkan diri atau resign dari institusi tempat bekerja terkadang terasa tidak mudah. Hubungan yang sudah terbangun di tempat kerja harus disikapi dengan baik demi profesionalitas dan nama baik.

Oleh sebab itu, kamu perlu membuat surat pengunduran sesuai format yang berisi unsur-unsur pentingnya. Dalam teks surat pengunduran diri yang sopan, terdapat beberapa unsur yang perlu kamu perhatikan agar tidak meninggalkan kesan negatif.

1. Pilihan Kata Sopan

Rangkai kata-kata pengunduran dirimu dengan sopan dan penuh hormat. Tetap tunjukkan profesionalitas ketika akan meninggalkan tempatmu bekerja. Dalam dunia usaha, menjaga relasi baik sangat penting bagi perkembangan karier.

Jika kamu mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan lain, pimpinan tempat kerja barumu itu bisa saja mengenal pimpinan perusahaanmu dulu dan mereka saling bertanya jawab sebelum interview.

2. Alasan Keluar dari Pekerjaan

Jelaskan alasan mengundurkan diri dari instansi dalam sebuah surat resign dengan padat, singkat, dan jelas. Kamu hanya perlu memberi tahu alasanmu berhenti bekerja dari perusahaan.

Seringnya ini adalah poin utama yang akan dibuat ketika menulis surat permohonan pengunduran diri. Jadi siapkan dulu alasan untuk mengajukan surat pengunduran. Beberapa alasan yang bisa disertakan dalam surat untuk tetap bersifat profesional:

  • Melanjutkan pendidikan
  • Berhenti karena ingin membangun bisnis sendiri
  • Fokus untuk mengurus rumah tangga (wanita yang sudah menikah)
  • Mendapatkan pekerjaan baru yang diimpikan
  • Menambah pengalaman di perusahaan lain
  • Mendapatkan penawaran kerja dari tempat lain dengan gaji yang lebih tinggi

Jika kamu memiliki alasan yang lain, coba teruskan membaca poin ini. Ada alasan-alasan resign yang tidak perlu disertakan dalam suratmu agar hubungan dengan perusahaan dan rekan kerja tetap baik. Hal tersebut mencakup:

  • Memiliki masalah pribadi dengan rekan kerja
  • Memiliki konflik dengan atasan
  • Merasa perusahaan tidak adil terhadap jenjang karirmu
  • Ikut-ikutan resign teman kerja

3. Identitas Diri

Banyak contoh surat pengunduran diri kerja mencantumkan nama, jabatan, maupun nomor pegawai. Informasi yang dicantumkan tersebut berfungsi untuk disimpan dalam arsip dan administrasi perusahaan.

4. Ucapkan Rasa Terima Kasih

Selanjutnya, kamu bisa menemukan ucapan rasa terima kasih dalam surat resign kamu. Penyampaian rasa berterima kasih bisa ditulis setelah penjelasan alasan mengundurkan diri. Berikan ucapan terima kasih karena telah diberi kesempatan bekerja di perusahaan itu.

5. Berikan Ucapan Mohon Maaf

Selain ucapan terima kasih, cantumkan permintaan maaf atas kesalahan yang pernah diperbuat selama bekerja. Jadilah seorang profesional yang berani mengakui kesalahan agar tidak meninggalkan rasa bersalah di kemudian hari.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Sekarang kamu telah mengetahui unsur-unsur yang tercantum dalam surat resign dari pekerjaan, berikut adalah referensi format yang bisa kamu gunakan.

1. Surat Pengunduran Diri Karyawan Bahasa Inggris

Ini adalah sebuah contoh surat resign dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan ketika kamu ingin mengundurkan diri dari perusahaan.

Surabaya, Desember 17, 2021

Mrs. Antika Olivia
Director of Diamond Projects
Kebangkitan 40 St.
Surabaya

Dear Madam,

I am writing this letter to inform you that I will resign from Diamond Projects. I also inform you that tomorrow is my last day working at Diamond Projects.

Really, I appreciate the opportunity that given to me. I think it is the time for me to develop my career. I hope the Diamond Projects will continue to grow up and succedd in the future.

Please tell me if there is anything I can do to this company before my leaving. Thank you for your attention.

Yours faithfully,

Galang

2. Surat Resign Organisasi

Berikut ini merupakan sebuah contoh surat permohonan pengunduran diri yang digunakan untuk menginformasikan keputusan untuk keluar dari organisasi.

3. Surat Resign Guru karena Masalah Kesehatan

Kamu bisa mengikuti format surat mengundurkan diri dari kerja guru yayasan berikut ini.

Surakarta, 30 Mei 2021

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Kepala Yayasan
Yayasan Perhimpunan Pendidikan
di Surakarta

Dengan hormat,
Saya, yang menandatangani dokumen ini:

Nama: Intan Wulandari, S.Pd
NIP: 9841853 3464 3463
Jabatan: Guru TIK
Alamat: Jl. Amal No. 123, Wonorejo

Dengan ini bermaksud menyampaikan permintaan resign dari SMA Kristen 43 Surakarta sebagai Guru TIK. Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan lagi untuk mengajar.

Demikianlah saya menyampaikan surat pengunduran diri ini, tanpa adanya paksaan dan pengaruh dari pihak lain. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Intan Wulandari
NIP. 9841853 3464 3463

4. Surat Resign karena Pindah Tempat Tinggal atau Domisili

Surat pengunduran diri adalah langkah penting dalam mengakhiri hubungan kerja dengan baik dan profesional. Ketika seseorang memutuskan untuk pindah tempat tinggal atau domisili, langkah pertama yang harus diambil adalah menyampaikan niat ini secara resmi kepada atasan atau perusahaan.

Dalam rangka membantumu dalam proses ini, berikut ini adalah contoh surat permintaan pengunduran diri yang dapat dijadikan panduan untuk menyusun surat pengunduran sendiri.

5. Surat Mengundurkan Diri

Surat pengajuan resign diperlukan pekerja yang hendak berhenti dari pekerjaan. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri kerja yang sopan.

Kepada Ibu Juanita,

Dengan surat yang saya kirimkan ini, saya ingin memberikan pemberitahuan resmi bahwa saya akan mengakhiri pekerjaan saya sebagai Resepsionis di Satu Hotel, dimulai pada tanggal 15 Juli 2021.

Saya telah mendedikasikan diri selama dua tahun di sini, dan saya pasti akan rindu bekerja dengan Satu Hotel. Saya bersyukur telah diberi kesempatan belajar dan bertumbuh. Pengalaman sebagai petugas resepsionis di sini menakjubkan. Luar bisa pula seluruh tim yang selalu membantu saya selama bekerja. Saya secara khusus berterima kasih pada Anda atas manajemen yang baik sehingga saya dapat bekerja dengan nyaman.

Sebelum saya keluar, saya pastikan bahwa segala tanggungjawab yang saya tangani telah tuntas. Jangan ragu hubungi saya apabila saya bisa membantu; khususnya dalam perekrutan dan pelatihan pengganti saya. Semoga kita semua tetap bisa menjadi keluarga meski saya sudah bukan lagi bagian dari tim.

Terima kasih banyak. Saya doakan Anda dan Satu Hotel terus sukses.

Salam hormat,

Liana Gita

6. Surat Resign Simple

Kamu tentu bisa membuat surat resign yang benar secara singkat. Berikut adalah contoh simple yang bisa kamu pakai sebagai referensi.

Kepada Bapak Iryawan,

Saya hendak memberitahu Anda secara resmi bahwa saya mengundurkan diri dari posisi Sosial Media Officer di Toko Mulia karena alasan pribadi, dimulai dua minggu sejak hari ini.

Izinkan saya memakai kesempatan ini untuk berterima kasih karena telah memberi dukungan, pelajaran, serta pengetahuan yang membentuk saya sebagai individu yang lebih baik dari segi personal maupun profesional dalam dua tahun ini. Saya menikmati waktu saya di sini sebagai staf dan mengharapkan yang terbaik untuk Anda dan semua rekan Toko Mulia ke depannya.

Saya harap pengunduran diri saya tidak menyebabkan ketidaknyamanan karena pemberitahuan saya yang mendadak. Mohon kabari bila ada yang dapat saya bantu selama masa transisi, termasuk untuk melatih pengganti saya.

Salam,

Erita Iryawati

7. Format Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Untuk pekerja kantoran, wajar bila mengajukan surat permohonan resign ketika mendapat tawaran yang lebih baik. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan mendapat pekerjaan baru.

Wonosobo, Desember 14, 2021

Yth.
Direktur Bank Alphabet
Jalan Keuangan 16
Wonosobo

Bersama dengan surat ini, saya mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan sebagai teller Bank Alphabet yang Anda pimpin.

Merupakan keputusan yang berat bagi saya untuk mengundurkan diri setelah bekerja selama dua tahun di Bank Alphabet. Saya sangat menikmati pekerjaan saya sebagai teller. Kesempatan ini memberi peluang lain untuk tumbuh secara profesional.

Terima kasih atas bantuan dan kesempatan untuk bergabung menjadi bagian Bank Alphabet. Saya berharap Anda dan perusahaan terus mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

Elsa Pratiwi

8. Surat Resign dari Pekerjaan pada Masa Probation

Masa probation adalah periode awal ketika seorang karyawan baru bergabung dengan suatu perusahaan atau organisasi. Ketika memutuskan untuk keluar dari perusahaan ketika masa probation, baik karena alasan profesional atau pribadi, penting untuk melakukannya dengan cermat dan hormat.

Berikut adalah panduan serta contoh surat pengunduran diri yang dapat digunakan sebagai referensi bagi mereka yang sedang menghadapi situasi ini. Surat tersebut mencerminkan sikap profesional dan memberikan rincian yang jelas tentang niat untuk mengakhiri masa probation dengan hormat.

Itulah cara mengundurkan diri dari pekerjaan secara resmi. Di beberapa perusahaan mewajibkanmu untuk memberi one month notice ketika mau resign. Apapun alasan berhenti kerja yang kamu miliki, semoga kamu segera mendapatkan pekerjaan impianmu.

Template surat di atas bisa kamu download dan salin ke Microsoft Word dengan format doc atau langsung menjadi pdf yang bisa dicetak untuk selanjutnya diserahkan ke manajemen perusahaan.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal