Pasar Valuta Asing: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan

Jika kamu gemar memperhatikan pergerakan ekonomi dunia, tentu tidak asing dengan sebutan pasar valas atau valuta asing, bukan? Pasar valuta asing adalah sebuah wadah yang berisikan kegiatan jual beli mata uang asing.

Jenis pasar ini termasuk dalam pasar modal. Dalam banyak makalah pasar valuta asing sendiri dijelaskan bagaimana setiap pergerakan di dalamnya melibatkan berbagai pihak. Istilah forex pun berkaitan dengan aktivitas pada pasar valas yang cenderung tidak stabil.

Pasar Valuta Asing adalah Sebuah Wadah Transaksi

Apa yang dimaksud dengan pasar valuta asing?

Supaya lebih mengerti, kamu bisa pahami pengertiannya kata per kata. Pasar memiliki arti tempat terjadinya kegiatan transaksi antara penjual dan pembeli. Ini membuat pergerakan pasar valas layaknya pasar pada umumnya yang tidak pernah berhenti.

Selanjutnya, arti dari valuta adalah mata uang. Seperti diketahui, mata uang memegang peran penting di setiap negara. Transaksi yang melibatkannya pun berperan penting bagi pergerakan ekonomi sebuah negara dan dunia.

Oleh karenanya, valuta asing atau bisa diartikan mata uang asing ini memiliki fungsi utama sebagai alat transaksi internasinal. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengertian pasar valuta asing adalah tempat bertransaksi mata uang asing.

Pasar valuta asing

Fungsi dan Kegunaan

Bukan sekadar tempat terjadinya jual beli mata uang asing, pergerakannya ini memberi dampak luar biasa pada sebuah negara. Berikut fungsi dan kegunaannya:

1. Memudahkan Perjanjian Kontrak

Sama seperti keberadaan mata uang di suatu negara yang alat tukar yang sah dalam kegiatan jual beli, termasuk perjanjian kontrak, fungsi dari keberadaan pasar valas pun untuk memudahkan kegiatan-kegiatan tersebut. Contohnya perjanjian kontrak dengan transaksi kredit. Akan lebih mudah bila menggunakan patokan mata uang asing.

2. Minimalisir Terjadinya Hedging

Salah satu fungsi pasar valuta asing adalah memimalisir terjadinya hedging. Apa itu hedging? Hedging merupakan kondisi perubahan harga yang bisa berubah tanpa diduga.

Risiko di balik kondisi ini cukup berbahaya dan bisa mendatangkan rugi besar bagi pelaku ekonomi. Namun perlu dipahami bahwa meminimalisir dan menghindari itu berbeda.

3. Wadah Pertukaran Valas yang Lebih Aman

Transaksi di pasar modal memiliki risiko karena kegiatan tersebut melibatkan banyak pihak. Keberadaan pasar valas dapat berfungsi sebagai wadah yang lebih aman untuk setiap transaksi internasional.

Hal tersebut juga berhubungan pada kegiatan perdagangan pasar uang. Pasar uang adalah tempat terjadiya pertemuan antara pembeli sebagai pemberi dana dan penjual sebagai penyedia barang atau jasa.

4. Datangkan Keuntungan

Adanya pasar valas memberi banyak keuntungan bagi banyak pihak dan pelaku ekonomi di berbagai negara. Spekulasi pun masuk dalam fungsi dari pasar ini yang dapat dianalisa menjadi risiko atau penerimaan keuntungan.

Entah untuk jangka pendek atau jangka panjang, tentu semua pelaku ekonomi ingin mencapai target dan dapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

5. Jadi Faktor Besar Kondisi Ekonomi Dunia

Karena banyak faktor mempengaruhi valuta asing maka berlaku juga sebaliknya, kondisi ekonomi bisa dipengaruhi oleh perkembangan pergerakan dalam pasar valuta asing. Ada waktunya terjadi ketidakstabilan pasar yang menyebabkan krisis ekonomi bagi banyak perusahan dan negara.

Kesimpulannya, pasar valas adalah bagian yang memberi pengaruh besar pada kondisi ekonomi dunia, melibatkan banyak pihak, serta memiliki fungsi untuk minimalisir risiko kerugian pada kegiatan transaksi internasional.

Bagikan ke media sosial:

Tutup