Pidato Singkat tentang Kebersihan yang Mudah Dihafal

Pidato singkat tentang kebersihan yang baik tidak dibuat dengan sekejap. Dalam situasi pandemi yang tak kunjung usai, pidato tentang kebersihan lingkungan mengingatkan agar masyarakat senantiasa menjaga alam sekitar.

Buat kamu yang sedang mencari referensi, berikut adalah contoh pidato singkat tentang kebersihan yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber. Langsung simak artikelnya dengan seksama ya!

Contoh Pidato Singkat tentang Kebersihan Lingkungan

Pidato singkat tentang kebersihan

1. Contoh Pidato Tema Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullohi wabarokatuh

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat kepada setiap kita sehingga masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Hadirin sekalian,

Izinkan saya pada pidato kali ini menyampaikan pidato yang membahas masalah kebersihan. Allah SWT mencintai setiap orang yang bersih dan membersihkan segala sesuatu yang melekat pada dirinya.

Oleh sebab itu, saya mengajak kita sekalian untuk mulai menjaga kebersihan demi terciptanya kebaikan, khususnya bagi diri sendiri dan umumnya bagi orang lain di sekitar kita.

Hadirin sekalian,

Langkah mudah pertama yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan diri sendiri sebab itu akan berdampak baik bagi orang yang melihatnya, sehingga pada akhirnya akan ditiru. Mencontohkan hal baik ini dapat dilakukan pada anak-anak atau orang terdekat di rumah.

Oleh karena itu, marilah mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain.

Hadirin sekalian,

Manfaat dari menjaga kebersihan diri dan lingkungan amat penting bagi keberlangsungan hidup kita sendiri. Dengan mencontohkan hal baik pada anak-anak, besar harapan lingkungan yang kita huni menjadi lebih sehat.

Seperti yang kita ketahui, banyak bencana yang bisa terjadi akibat kelalaian kita dalam menjaga kebersihan. Ujungnya, kita akan mendapat pekerjaan rumah yang lebih berat daripada awalnya. Bencana tersebut termasuk banjir dan pemanasan global.

Hadirin yang berbahagia,

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita bersama. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullohi wabarokatuh.

2. Teks Pidato Lingkungan Sekolah

Buat kamu yang sedang mencari referensi pidato singkat tentang kebersihan yang mudah dihafal, ini adalah contoh pidato tentang lingkungan sekolah.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang terhormat Bapak dan Ibu guru, karyawan, serta teman-teman sekalian yang saya kasihi.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan nikmat berupa kesehatan sehigga dapat berkumpul dalam acara yang baik hari ini.

Menjaga kebersihan lingkungan perlu dimulai dari hal kecil. Contoh paling mudah adalah membuang sampah pada tempatnya.

Kita bersama melihat bahwa kesadaran akan kebersihan di sekolah ini masih sangat kurang. Oleh sebab itu, perlu perhatian bersama kita selaku pendidik agar memberikan contoh terbaik bagi murid-murid kita semua.

Hanya itu saja yang dapat saya sampaikan kepada bapak, ibu, dan rekan-rekan sekalian. Apabila ada perkataan yang kurang berkenan, saya mohon maaf dari bapak ibu sekalian.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Pidato tentang Pemilahan Sampah

Berikut adalah contoh pidato singkat tentang sampah yang bisa kamu jadikan referensi mengerjakan tugasmu.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak, ibu, dan hadirin yang saya hormati.

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Sebab, kita bisa bertemu di tempat ini hanya karena limpahan nikmat-Nya.

Kemudian, kami juga berterima kasih kepada Bapak Kepala Desa yang telah berkenan hadir dalam acara ini.

Hadirin yang terhormat.

Apabila diamati secara seksama, kerap kali kita melihat tumpukan sampah tak tertata. Jika tidak segera ditangani dengan baik dan benar maka akan menimbulkan masalah, termasuk banjir dan potensi terjangkit suatu penyakit.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menangani masalah sampah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sampah dengan mengubahnya menjadi kompos.

Langkah-langkah mengubah sampah menjadi kompos:

  1. Siapkan galian yang cukup luas di pekarangan.
  2. Pilih sampah yang mudah busuk.
  3. Masukkan sampah mudah busuk itu (misal daun dan sayuran) ke dalam galian tanah.
  4. Meratakan sampah lapis pertama lalu timbun dengan tanah.
  5. Setelah dua bulan, sampah telah menjadi kompos dan dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

Bapak, ibu, dan hadirin yang terhormat.

Demikian pidato dengan tema memilah sampah dari saya. Semoga hal tersebut bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kehadiran bapak ibu di tempat ini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

4. Pidato Bahasa Sunda Menjaga Kebersihan

Selain pidato bahasa indonesia tentang kebersihan, berikut adalah contoh pidato tentang kebersihan lingkungan sekolah dalam bahasa Sunda.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Wilujeng enjing sadayana Bapa/ibu guru nu anu ku simkuring dipihormat, sareng sadayana rerencangan nu kusimkuring dipikanyaah, khususna siswa kelas 6 nu dipikacinta.

Langkung tipayun, mangga urang sanggakeun puji sinareng syukur ka Allah nu parantos masihan waktos ka urang sadayana dugi ka tiasa patepang raray dina ieu acara. Alhamdulillah urang tiasa kempel di ieu tempat dina kaayaan sehat wal’afiat.

Dina ieu waktos, abdi bade ngadugikeun perkawis pentingna hirup sehat kanggo urang sadayana. Urang sadaya kedah ngajaga lingkungan sareng awak sorangan sangkan dijauhkeun tina sagala panyakit.

Kumargi kitu, urang kedah ngalaksanakeun hirup sehat dina sadidinten ku cara anu sehat oge. Misalna mersihan awak, mersihan kuku, nyikat waos, jeung sagala rupina.

Naha yen ngajaga kabersihan teh penting?

Kusabab bersih teh mangrupakeun sabagian tina iman. Lamun sadidinten urang tiasa ngajaga kabersihan, insya allah awak urang oge bakal sehat sarta dijauhkeun tina sagala macam panyakit.

Salian ti eta, urang bakal bersih jeung jauh tina kokotor sareng lingkungan sabudeureun urang. Urang kedah bersih sangkan hate urang oge jadi bersih.

Hadirin sadayana.

Cekap sakitu nu kapihatur biantara singket ti simkuring. Pamungkas ti abdi, bilih aya basa anu kirang entep seureuhna atanapi kecap anu kirang merenah larapna, mugia kersa ngahapunten.

Hatur nuhun kana sadaya perhatosana.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah beberapa teks pidato persuasif tentang kebersihan lingkungan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensimu membuat pidato kebersihan.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup