Review GoPro Hero 10 Black menurut Seorang Pemula

Beberapa minggu lalu saya memutuskan untuk membeli GoPro Hero 10 Black dengan harga kurang dari Rp7,5 juta di marketplace. Ini adalah kamera pertama yang saya beli. Benar, saya adalah orang yang sangat awam di dunia fotografi dan videografi.

GoPro Hero 10 Black bisa dibilang adalah versi terbaru dari action-cam ini yang resmi dirilis pada September 2021 silam.

Salah satu alasan memilih seri ini adalah saya akan memakai kamera ini setidaknya sampai 2 versi di atas GoPro ini rilis. Setidaknya begitulah saran dari orang-orang yang lebih dulu tau soal GoPro.

Selain itu, saya berniat membuat video luar ruangan yang menuntut kepraktisan dan kestabilan video. Buat kamu yang ingin tau sudut pandang pemula tanpa pengalaman tentang GoPro Hero 10 Black, simaklah review berikut ini.

Fungsi GoPro Hero 10 Black

Fungsi GoPro Hero 10 Black
GoPro Hero 10 bisa ditaruh di papan selancar

Seperti sudah disinggung sedikit sebelumnya, GoPro Hero 10 Black merupakan kamera aksi yang mampu merekam dengan sangat baik. Hal ini didukung dengan beragam fitur dan spesifikasi yang tertanam padanya.

Kamu bisa menggunakan GoPro untuk keperluan dokumentasi atau vlog yang akan dipublikasikan di media sosialmu. Apalagi perekaman video dilakukan di luar ruangan dengan latar pemandangan-pemandangan indah.

Apa bedanya dengan HP? Sangat berbeda, ukuran GoPro yang relatif kecil membuatnya tidak terlalu mencolok saat digunakan. Selain itu, kamu bisa menggunakannya untuk merekam di bawah air atau dalam kondisi hujan.

Tentu GoPro juga bisa kamu gunakan untuk berfoto juga. Fitur GoPro pun juga mendukung burst photo maupun live burst photo agar bisa menangkap momen keren yang bergerak begitu cepat.

Tak berhenti dengan bisa mengambil foto dan video, GoPro juga menyediakan fitur time lapse dan timewrap. Kedua fitur ini bisa kamu gunakan untuk membuat karya sesuai keinginanmu.

Spesifikasi GoPro Hero 10 Black

Berbicara soal gadget tak bisa lepas dari spesifikasi, berikut adalah spesifikasi GoPro Hero 10 Black.

Layar preview Gopro
Preview video di GoPro Hero 10
Resolusi sensor23MP
Resolusi video5.3K, 5K (4:3), 4K, 2.7K, 1080
Rasio video16:9 dan 4:3 (khusus untuk 5K, 4K, dan 2.7K)
Frame rate240, 120, 60, 30, 24 (tergantung resolusi dan rasio video)
StabilisatorHyperSmooth 4.0
Baterai1720mAh
Waterproof10 meter (maksimal kedalaman ketika di bawah air)
Berat153 gram
PortUSB C

Fitur GoPro Hero 10 Black

Review Gopro Hero 10 Black
Tampilan sisi depan GoPro Hero 10

Dengan spesifikasi itu, GoPro memberikan segudang fitur yang bisa kamu nikmati untuk mengabadikan berbagai momen spesialmu. Fitur-fitur tersebut antara lain:

1. Fitur Penyimpanan

GoPro Hero 10 menawarkan fitur penyimpanan cloud berbayar saat daya sedang terisi. Fitur ini jelas mempermudah pengguna untuk melakukan back-up video yang telah diambil. Seperti diketahui bersama bahwa penyimpanan adalah hal yang cukup krusial ketika video atau foto diambil.

2. Lensa Kamera Tahan Air

GoPro Hero 10 Black dibekali lensa kamera beresolusi tinggi (23,6 MP) yang bisa menghasilkan video dengan resolusi hingga 5.3K. Lensa tersebut tidak mudah tergores dan tahan air. Kamu bisa mengatur resolusi tersebut menggunakan layar touch screen di bagian belakang.

3. Horizon Levelling

Fitur selanjutnya adalah leveling horizon, yaitu kemampuan untuk mengunci posisi horizon meski kameranya diputar. Kemampuan ini sangat berbeda jauh dengan GoPro Hero 8.

Fitur ini memungkinkan gambar dikunci dengan kemiringan hingga 45 derajat, naik 27 derajat dibandingkan Gopro Hero 9 Black. Namun, horizon leveling hanya tersedia ketika kamu merekam video dengan resolusi 4K, 2.7K, atau 1080p.

4. HyperSmooth 4.0

HyperSmooth 4.0 adalah fitur terbaru yang baru tertanam pada GoPro Hero 10 Black yang berfungsi sebagai stabilisator. Fitur ini bisa meredam goyangan tak disengaja sehingga video yang dihasilkan jauh lebih mulus. Setidaknya fitur ini sesuai dengan harga GoPro Hero 10 yang meningkat spesifikasinya.

Secara pribadi, ini adalah alasan saya memilih GoPro Hero 10 Black sebagai kamera pertama saya. Action camera ini sesuai dengan kebutuhan saya saat ini yang berupa video jalan-jalan. Jika bukan GoPro, besar kemungkinan saya akan membutuhkan gimbal.

5. Hasil Video Resolusi Tinggi

Lensa kamera pada GoPro Hero 10 sebesar 23,6 MP dengan rincian resolusi video 2.7K (60, 120, 240 fps), 4K (24, 30, 60, 120 fps), dan maksimal sebesar 5,3K hingga 60 fps. Dengan resolusi dan fps seperti itu, kamu bisa membuat video slow motion keren dengan resolusi tinggi.

6. Layar Preview Depan

Fitur ini jelas sangat menguntungkan bagi vlogger. Untuk seorang vlogger, layar depan sangat berguna untuk melihat posisi. Tidak lucu jika sudah lama bikin vlog ternyata yang terekam adalah bahu.

7. SuperView

Review GoPro Hero 10 Black tidak lengkap jika saya tidak menyinggung tentang superview yang bisa kamu pakai untuk mengambil video dengan latar belakang lebih luas. Video yang diambil dengan mode ini terlihat seperti memakai fisheye.

Harga GoPro Hero 10 Black

Harga GoPro Hero 10 Black
Ukuran GoPro Hero 10

Sebagai seri terbaru, GoPro Hero 10 Black saya dapatkan dengan harga di bawah Rp 7,5 juta di marketplace. Jika kamu berminat membelinya, kamu bisa mengunjungi toko berikut ini. Barang saya dikirim dengan baik tanpa adanya kerusakan sebab bubble wrap yang digunakan sangat tebal.

Saya pesan Minggu siang, hari Selasa siang sudah sampai di tangan saya. Ternyata secepat itu pengirimannya, saya kira bakal butuh waktu seminggu. Saya tinggal di Jawa Tengah dan percaya tidak percaya, ini adalah kali pertama saya belanja online.

Itulah review GoPro Hero 10 Black dari saya, semoga memberimu sedikit gambaran tentang action-cam ini.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup