SemutAspal

Serba Serbi Startup Studio Indonesia

Serba Serbi Startup Studio Indonesia
Serba Serbi Startup Studio Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebuah startup membutuhkan pihak inkubasi dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satu pihak yang bisa membantu pelaku startup untuk mengembangkan bisnisnya adalah Startup Studio Indonesia.

Startup Studio atau yang lebih dikenal dengan SSI merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk mendukung para pelaku bisnis startup.

Nah, sebelum membahas mengenai program Kominfo yang satu ini, yuk cari tahu sekilas mengenai startup terlebih dahulu agar kamu makin tahu dan bisa jadi ilmu pengetahuan baru.

Serba Serbi Startup

Startup sendiri dapat diartikan sebagai perusahaan rintisan yang didirikan oleh satu atau lebih dari satu orang dengan mengenbangan suatu produk dengan layanan unik ataupun layanan baru yang dapat menyelesaikan masalah calon customer nantinya.

Jenis perusahaan seperti ini cenderung menggunakan sistem online untuk memasarkan ataupun memperkenalkan produknya ke khalayak umum. Dengan sistem online, kesempatan untuk tumbuh secara pesat di kemudian hari pun begitu besar.

Orang yang bekerja di perusahaan startup juga umumnya adalah muda mudi yang memang memiliki ide yang jauh lebih fresh daripada generasi sebelumnya. Itulah mengapa startup bisa berkembang berkat ide-ide yang dimilikinya.

Meskipun demikian, ada banyak sekali rintangan yang harus kamu hadapi jika ingin mendirikan perusahaan startup. Modal. Ya, modal menjadi salah satu permasalahan yang kerap menghambat perkembangan suatu perusahaan rintisan.

Dalam hal ini, perusahaan rintisan mengandalkan investor maupun venture capital untuk mendapatkan dana yang besar agar operasional tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Nah, kabar baiknya, kini banyak program-program dari pemerintah siap mengucurkan sejumlah dana demi membantu para startup untuk jauh lebih berkembang. Salah satunya adalah melalui program Startup Studio Indonesia.

Startup Studio Indonesia

Startup Studio Indonesia sendiri adalah program yang diselenggarakan oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan untuk memfasilitasi startup digital agar bisa berkembang dan mencapai tahap product-market fit serta memiliki founder yang potensial di bidangnya.

Startup Studio merupakan jawaban atas sulitnya mendapatkan sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis. Startup Studio hadir sebagai salah satu solusi atas permusuhan yang dimiliki oleh para penggiat startup.

Dengan visi menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya yang mampu menghadirkan inovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia ini membuat para pelaku startup merasa terbantu dengan program-program yang dimilikinya.

Memangnya apa saja program tersebut? Program yang pertama adalah Founder Camp, di mana program ini memungkinkan untuk pada founder bertukar pikiran dan berdiskusi ilmu praktis yang harus dikuasai oleh pada founder untuk mengembangkan bisnisnya.

Selain itu, ada juga program 1-on-1 Coaching. Seperti namanya, program ini memberi kesempatan pada perusahaan startup untuk diberi pelatihan intensif bersama orang yang benar-benar ahli dalam bidangnya. Fokus utama program ini masalah produk marketing fit, business model, market implementation, serta strategi branding atau marketing dan user journey.

Ada banyak sekali benefit yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti program ini, mulai mendapat coaching dan mentoring, mendapat bimbingan langsung, mendapat kurikulum mentoring, mendapat 17 sesi monitoring, dukungan bebas ekuitas, hingga monitoring secara personal dan dukungan teknis.

Sudah banyak startup yang mengikuti program batch 1 mulai dari Biteship, Career Support, Feedloop, Halofina dan berbagai startup yang lainnya. Kini giliranmu untuk mengikuti Startup Studio Indonesia dan dapatkan kesempatan mentoring luar biasa dari para ahli di bidangnya!


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal