Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja atau Sekolah

Tak selamanya kita akan sehat. Ada kalanya kita akan mengalami suatu penyakit yang membuat kita tak mampu melakukan hal-hal yang biasa kita lakukan dengan mudah, seperti belajar dan bekerja.

Namun, karena kita berhubungan dengan orang lain, kita tidak bisa seenaknya menghilang. Kita perlu memberi kabar bahwa kita tidak bisa hadir dalam kegiatan yang seharusnya diikuti. Kita memerlukan sebuah surat izin yang disampaikan pada pihak lain tersebut.

Surat izin adalah sebuah surat yang dibuat dengan tujuan meminta izin pada sekolah, universitas, atau tempat kerja untuk melakukan suatu hal karena suatu alasan. Misalnya tidak masuk sekolah karena sakit demam atau pergi ke suatu tempat.

Selain untuk menerangkan alasan ketidakhadiran, surat izin juga dipakai untuk melakukan suatu kegiatan yang biasanya tidak dilakukan. Misal surat izin pemakaian tempat untuk latihan PBB.

Pembahasan soal surat ijin tidak masuk

Diperlukan kejujuran dalam membuat sebuah surat izin sendiri. Selain itu, kita diharuskan untuk mampu bertanggung jawab atas semua yang ditulis agar tidak mendapat masalah di kemudian hari.

Surat izin dapat ditulis tangan maupun dalam bentuk cetakan komputer. Penulisan surat izin tulis tangan diperbolehkan oleh lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas. Untuk perusahan atau instansi formal mengharuskan surat izin diketik karena alasan profesionalitas.

Cara Membuat Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

Sebelum melihat contoh surat izin sakit di bawah, ada baiknya kamu juga melihat cara penulisan surat izin. Ini adalah sebuah surat pribadi atau surat tidak resmi yang bisa dibuat oleh semua orang, baik menggunakan tulisan tangan maupun diketik.

Meski begitu, tak sedikit orang menyepelekan cara menulis surat izin ini. Padahal ini juga berpengaruh terhadap cara orang memandang si pembuat surat.

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Tuliskan nama atau jabatan penerima surat
  3. Salam pembuka, umumnya menggunakan “Dengan hormat”
  4. Pembuka, berisikan pembukaan atau sapaan kepada penerima
  5. Isi surat, jelaskan alasan pasti dibuatnya surat minta izin tersebut
  6. Penutup, berisikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih
  7. Tanda tangan pengirim

Begitulah format dasar surat izin yang bisa kamu pakai. Nah, berikut disertakan beberapa contoh surat izin sakit yang benar.

Contoh Surat Izin Sakit

Sakit tidak bisa sekolah

Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit bisa dibuat sendiri oleh siswa jika memungkinkan. Yang terpenting, diperlukan juga tanda tangan orang tua atau wali untuk menunjukkan keseriusan surat tersebut.

Contoh surat izin sekolah

Karanganyar, 20 Juli 2020

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPS 4
SMA Negeri 5 Surakarta

Dengan hormat,
Melalui surat ini, kami memberitahukan bahwa,

Nama : Yulius Reno Pratama
No. Absen : 27
Kelas : XI IPS 4
Alamat : Gg. Mawar 9 No. 5, Gondangrejo, Karanganyar

Saat ini tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasanya dikarenakan sakit yang sedang dialaminya. Oleh sebab itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPS 4 agar memberikan izin hingga anak kami sembuh.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orang tua/wali murid


Nino Sebastian

Contoh surat izin kerja sakit

Perusahaan

Perusahaan memiliki aturannya sendiri terkait pengajuan izin tidak masuk kerja karena sakit, urusan keluarga, maupun cuti kerja. Ada yang harus disertai dengan surat keterangan dokter, ada juga yang tidak (asal tidak lebih dari sehari).

Untuk contoh surat izin tidak masuk kerja karena alasan sakit, berikut ini adalah contohnya.

Contoh surat izin tidak masuk kerja

Jepara, 16 September 2020

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,
Divisi PSDM
PT. Kentang Manis Bersama
Jalan Gersang No 89, Kembang, Jepara

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Ahmad Arul Purnomo
Alamat : Jl. Kemusuk, Kembang, Jepara
Jabatan : Staff IT/Programmer

Memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal 16 September 2020 sehubungan dengan kondisi badan yang kurang baik (sakit). Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari bapak/ibu untuk berkenan memberikan izin tidak masuk bertugas pada hari ini.

Apabila besok kondisi badan masih belum baik, saya akan melampirkan surat keterangan sakit atau hasil pemeriksaan dari dokter. Saya akan sampaikan hal tersebut ketika masuk kembali ke kantor.

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Ahmad Arul Purnomo

Jualan
Tutup
Tutup