SemutAspal

Teknik Dasar Bulu Tangkis yang Harus Dilatih sejak Pemula

Teknik dasar bulu tangkis
Teknik dasar bulu tangkis

Dalam catatan sejarah, bulu tangkis bermula dari game bernama poona dan telah menjadi olahraga yang sangat populer untuk dimainkan. Di Indonesia, setiap tahun menghasilkan sejumlah besar atlet bulu tangkis profesional yang berhasil meraih berbagai prestasi dan trofi.

Baik dalam pertandingan ganda maupun tunggal, para pemain harus rajin melatih berbagai teknik dasar dalam permainan bulu tangkis mereka. Oleh karena itu, penting untuk memahami teknik dasar yang diterapkan oleh pemain profesional bulu tangkis.

Dalam hal ini, berikut ini adalah beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain bulu tangkis, terutama bagi mereka yang baru memulai.

Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasannya

Dalam pertandingan bulu tangkis, pemain perlu mencapai tujuan utama untuk memenangkan pertandingan, yaitu dengan menyentuhkan bola ke lantai di sisi lawan.

Untuk mencapai hal ini, mereka dapat menggunakan berbagai teknik seperti netting, smash, lob, atau kombinasi strategi lainnya sesuai dengan kebutuhan dan rencana permainan mereka.

1. Teknik Memegang Raket

Teknik dasar bulu tangkis
Teknik dasar bulu tangkis

Dalam bulu tangkis, pengetahuan mendasar yang harus dikuasai adalah cara memegang raket dengan benar.

Memahami cara membawa raket dengan tepat adalah kunci untuk meningkatkan akurasi pukulan dan mengurangi kemungkinan cedera. Dalam gambaran sederhana, cara menggenggam raket dalam bulu tangkis mirip dengan berjabat tangan.

a. American Grip

Untuk menjalankan teknik dasar dalam permainan badminton ini, kamu hanya perlu memegang raket seperti biasanya. Selanjutnya, penting untuk memastikan bahwa ibu jari bersentuhan dengan telunjuk seperti membentuk huruf “O”.

Meskipun teknik ini sangat efektif ketika melakukan pukulan smash, perlu diingat bahwa tidak cocok digunakan untuk pukulan backhand.

b. Forehand Grip

Forehand grip adalah teknik memegang raket yang melibatkan penggunaan jari tengah, telunjuk, jari manis, dan kelingking sebagai titik tumpuan utama saat melakukan pukulan. Teknik ini biasanya digunakan saat berada di dekat net atau untuk menghasilkan pukulan ke atas.

c. Backhand Grip

Dibandingkan dengan forehand, teknik backhand melibatkan penggunaan ibu jari sebagai titik tumpuan yang sangat penting saat melakukan pukulan. Teknik ini terbukti sangat efektif dalam situasi ini.

d. Combination Grip

Combination grip adalah suatu metode yang menggabungkan berbagai teknik menggenggam raket. Dalam teknik ini, kamu tetap memegang raket seperti biasa, sementara jari telunjuk ditempatkan di ujung raket.

Kamu perlu memakai ibu jari untuk memberikan dukungan pada tangkai raket, sementara jari-jari yang lain di bagian bawah tangkai.

2. Teknik Servis

woman holding a badminton racket ready to hit shuttecock
Teknik dasar bulu tangkis

Dalam bulu tangkis, servis merupakan teknik dasar yang sangat penting untuk dikuasai. Alasannya adalah karena permainan dimulai dengan servis, sehingga kualitas servis dapat berpengaruh besar pada hasil pertandingan.

Servis yang kurang presisi dapat dengan mudah direspons oleh lawan, mengenai jaring, bahkan keluar dari lapangan. Ada dua teknik servis yang bisa dipraktikkan, yaitu servis atas dan bawah. Berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya:

a. Servis Atas

Servis atas dalam bulutangkis, yang sering disebut sebagai lob servis, adalah teknik servis di mana pemain memukul kok tinggi ke belakang. Pemain biasanya memulai servis ini dengan menempatkan raket di posisi bawah kok dan kemudian memukulnya ke atas.

Untuk menjalankan servis yang efektif, penting bagi pemain untuk memastikan bahwa raket mereka mengenai kok ketika posisinya setidaknya setara dengan bahu.

b. Servis Bawah

Dalam permainan ganda, servis bawah adalah salah satu teknik servis yang umum digunakan. Servis ini dilakukan untuk menempatkan kok ke area depan lawan. Untuk melakukannya, pemain akan memukul kok dengan raket yang posisinya berada di depan dada atau perut mereka.

Yang perlu diperhatikan adalah servis ini tidak perlu terlalu kuat, tetapi lebih pada presisi. Penting juga untuk menjaga agar posisi raket tidak diagonal, karena hal ini dapat mengakibatkan kok melambung rendah dan mudah dikembalikan.

3. Teknik Pukulan

Teknik dasar bulu tangkis
Teknik dasar bulu tangkis

Berikut adalah beberapa jenis pukulan yang digunakan dalam permainan.

a. Pukulan Forehand

Pukulan forehand dalam bulu tangkis merupakan teknik dasar yang paling mudah dipelajari oleh pemula, di mana pemain memukul shuttlecock dengan bagian depan raket.

b. Pukulan Backhand

Pukulan backhand dalam bulu tangkis adalah teknik dasar yang menuntut kemahiran dalam mengenai sisi belakang raket. Hal ini seringkali menjadi tantangan bagi pemula yang baru memulai permainan.

c. Pukulan Underhand

Pada bulu tangkis, teknik underhand adalah cara untuk memukul shuttlecock dari bawah dengan tujuan agar shuttlecock terbang setinggi mungkin.

Cara memukul underhand, yang juga sering disebut sebagai pukulan bawah, diterapkan ketika pemain mengayunkan raket dengan posisi yang lebih rendah. Biasanya, pemain memilih untuk menggunakan teknik underhand ketika kok berada pada ketinggian yang rendah atau bergerak menuju area dekat net.

d. Drop Shot

Teknik drop shot dalam bulutangkis adalah pukulan mengelabui dengan cara melepaskan kok secepat kilat ke sisi depan lawan.

Ini merupakan pukulan underhand yang bertujuan untuk membuat lawan terpaksa menangkis kok dari bawah. Jika lawan berhasil mengembalikan bola, kamu bisa mengambil keuntungan dengan melakukan pukulan ke sisi belakang.

e. Teknik Lob

Dalam bulutangkis, teknik lob adalah pukulan di mana shuttlecock diarahkan ke area belakang lapangan lawan. Pukulan ini berguna untuk mengubah tempo permainan bulutangkis saat lawan sedang memberikan tekanan.

Teknik lob atau clear bertujuan untuk membuat lawan bergerak ke bagian belakang lapangan, berkebalikan dengan teknik drop shot yang mengarahkan shuttlecock ke bagian depan lapangan.

f. Teknik Netting

Kemudian, terdapat teknik netting yang dapat digunakan untuk memperoleh poin di wilayah depan pertahanan lawan. Teknik netting melibatkan mengembalikan kok ke arah net dengan efisien, tanpa memerlukan banyak tenaga.

Dalam melaksanakan teknik ini, dibutuhkan intuisi, kecepatan, dan kecermatan yang tinggi agar sulit bagi lawan untuk mengembalikan bola ke wilayah mereka sendiri. Penting untuk diingat bahwa raket yang tersentuh net merupakan pelanggaran aturan bulu tangkis.

g. Teknik Overhead

Dalam olahraga bulutangkis, terdapat pukulan penting yang disebut “lob,” yang merupakan teknik pukulan di mana pemain mengangkat kok ke atas lapangan lawan.

Salah satu teknik lainnya adalah “overhead”, yang memiliki kemiripan dengan pukulan smash dalam penampilan, tetapi perbedaannya terletak pada intensitas tenaga yang digunakan, yang lebih rendah dibandingkan dengan pukulan smash.

h. Teknik Drive

Drive adalah teknik bulu tangkis yang dilakukan dengan mengayunkan kok secara cepat dan mendatar. Drive sering digunakan dalam pertandingan ganda dengan tujuan menjaga lawan tetap dalam posisi bertahan, sehingga sulit bagi lawan untuk memberikan pukulan smash atau dropshot sebagai respons.

Saat melakukan pukulan drive, penting untuk memposisikan tangan kanan dengan sedikit melebar dan mengatur sudut tangkai raket dengan sedikit miring. Setelah mendapatkan momentum, arahkan kok ke bagian yang sulit dijangkau oleh lawan.

i. Mengembalikan Servis

Kemampuan mengembalikan kok dengan cepat merupakan salah satu keterampilan dasar yang krusial dalam permainan bulu tangkis. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu:

  1. Saat kamu menghadapi servis bawah dari lawan, pertimbangkan dengan hati-hati apakah perlu forehand smash, sebab tergantung pada situasi, pilihan ini mungkin tidak selalu efektif.
  2. Bila kok melambung tinggi di atas kepala, pertimbangkan untuk melakukan pukulan dropshot.
  3. Ketika kok melambung rendah, kamu memiliki opsi untuk melakukan netting atau memukul kok ke arah atas, lalu mengarahkannya ke belakang area lawan.

4. Teknik Smash

Teknik dasar bulu tangkis
Teknik dasar bulu tangkis

Pukulan smash adalah jenis pukulan kuat dalam bulu tangkis yang sering mencetak poin. Pukulan ini mengandalkan kekuatan besar untuk mengirimkan kok dengan cepat dan kuat, membuat lawan sulit mengembalikannya.

Pukulan smash memiliki beberapa variasi, termasuk forehand, backhand, dan jumping smash.

a. Forehand Smash

Teknik forehand smash adalah salah satu pukulan smash yang paling fundamental dalam olahraga bulu tangkis. Teknik ini dilakukan dengan mengayunkan raket dengan segenap tenaga saat kok di atas kepala, bertujuan untuk mengirimnya kembali ke area lawan.

b. Backhand Smash

Teknik backhand smash dalam badminton merupakan salah satu keterampilan yang menantang, terutama bagi pemula. Dalam teknik ini, penting untuk mengadopsi pegangan backhand dan melepaskan pukulan dengan kekuatan yang setara dengan forehand smash.

c. Jumping Smash

Metode jumping smash merupakan sebuah teknik dalam bulu tangkis di mana seorang pemain melompat dan melakukan pukulan forehand smash saat kok datang dari atas. Saat momentum tercipta, pemain melompat ke atas dan dengan tenaga penuh, mengarahkan pukulan ke arah area lawan.

5. Sikap Tubuh

Teknik dasar bulu tangkis
Teknik dasar bulu tangkis

Bermain bulutangkis melibatkan tidak hanya pukulan, tetapi juga perhatian terhadap postur tubuh atau stance. Teknik stance adalah teknik yang memungkinkan pergerakan efektif saat menerima dan melepaskan kok ke sisi lawan.

Dalam bulu tangkis, ada tiga posisi utama: posisi menyerang, posisi bertahan, dan posisi netting. Penjelasan rinci mengenai ketiga posisi ini akan diuraikan berikut ini.

a. Defensive Stance

Kamu dapat secara efektif melakukan taktik bertahan dengan menempatkan raketmu di depan perut atau pinggang. Ini adalah posisi raket yang paling strategis sebab memungkinkan kamu untuk merespons bola dengan cepat dari atas dan menghalangi bola dengan mudah ke bawah.

b. Attacking Stance

Untuk mengambil posisi menyerang yang efektif, perlu memasang kuda-kuda agar dapat memberikan pukulan terbaik. Sebelum kok datang, persiapkan diri dengan mengangkat lengan untuk memudahkan pengembalian kok dengan cepat.

c. Net Stance

Teknik net stance adalah teknik yang harus diterapkan ketika kok terlihat akan mendekati net. Saat situasi ini terjadi, segeralah geser ke arah net dengan posisi raket berada di depan tubuh.

Penting untuk memperhatikan dengan seksama arah datangnya shuttlecock dan posisi lawan agar dapat melakukan return dengan akurat.

6. Gerakan Kaki

Teknik dasar bulu tangkis
Teknik dasar bulu tangkis

Selanjutnya, penting untuk memahami bahwa gerakan kaki saat menerima dan mengembalikan kok memiliki dampak besar pada kinerjamu dalam permainan bulu tangkis. Berikut beberapa tips pergerakan yang efektif dalam bermain bulutangkis:

  1. Gunakan tengah lapangan sebagai titik awal pengejaran kok.
  2. Untuk mundur, lakukan tiga langkah menuju belakang dari posisi awal.
  3. Ketika memukul bola samping, lakukan satu langkah ke kanan atau kiri sesuai kebutuhan.
  4. Jika dipaksa maju, lakukan maksimal tiga langkah ke depan.
  5. Hindari langkah kecil atau lari yang dapat membuatmu cepat lelah; lakukan langkah besar agar pergerakannya efisien.
  6. Berlari hanya saat mengejar bola yang sangat jauh, seperti setelah melakukan lob dari belakang lapangan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat meningkatkan keterampilan pergerakan dalam permainan bulu tangkis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk mengembangkan teknikmu.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal