Teknik Dasar Bulu Tangkis yang Harus Dilatih sejak Pemula

Sebutkan teknik dasar bulu tangkis bagi pemula

Menurut sejarah, permainan bulutangkis berasal dari permainan bernama poona. Bulu tangkis adalah olahraga yang cukup populer dan banyak dimainkan di seluruh dunia. Indonesia sendiri mencetak banyak atlet badminton profesional setiap tahunnya yang meraih berbagai piala.

Baik tanding single maupun ganda, para pemain perlu melatih teknik dasar bulu tangkis mereka. Nah, ketahuilah beberapa teknik dasar bulu tangkis yang digunakan oleh para pemain bulu tangkis tersebut.

Berikut adalah teknik dasar permainan bulu tangkis yang harus dipelajari sejak pemula.

Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasannya

Dalam bermain bulu tangkis, satu hal yang harus dilakukan pemain agar bisa memenangkan pertandingan adalah menyentuhkan bola pada lantai di area lawan. Mereka bisa melakukan netting, lob, smash, atau kombinasi lain sesuai strategi yang dilakukan.

Teknik Dasar Memegang Raket (Grip)

Pengetahuan paling dasar dalam permainan bulu tangkis adalah cara memegang raket yang benar. Cara memegang raket harus dilatih agar pukulan menjadi lebih tepat sasaran dan mengurangi risiko cedera.

Secara sederhana, cara memegang raket dalam bulu tangkis adalah seperti berjabat tangan.

American Grip

Teknik american grip badminton
American grip

Kamu cukup menggenggam tangkai raket seperti biasa untuk melakukan teknik dasar badminton ini. Setelah itu, posisikan ibu jari agar bersentuhan dengan telunjuk seperti huruf “O”.

Teknik ini sangat efektif untuk melakukan smash, tapi tidak saat melakukan pukulan backhand.

Forehand Grip

Teknik dasar bulu tangkis forehand grip
Forehand grip

Teknik forehand grip menggunakan jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan kelingking sebagai tumpuan saat memukul. Forehand grip dilakukan saat netting atau agar kok mengarah ke atas.

Backhand Grip

Backhand grip badminton
Backhand grip

Berbeda dengan teknik forehand, backhand grip menggunakan ibu jari sebagai tumpuan. Teknik ini sangat efektif digunakan saat kamu hendak melakukan pukulan backhand.

Combination Grip

Teknik combination grip badminton
Combination grip

Teknik combination grip menggabungkan berbagai jenis teknik memegang raket. Genggamlah raket seperti biasa dan posisikan jari telunjuk ke ujung raket. Ibu jari digunakan untuk menyokong tangkai raket dan jari lain berada di bagian bawah tangkai.

Teknik Servis (Serve)

Servis adalah teknik dasar permainan bulu tangkis yang tak kalah penting untuk dipelajari. Sebab, saat permulaan permainan bulutangkis adalah servis. Servis yang kurang bagus akan dengan mudah dibalas lawan, mengenai jaring, atau malah keluar lapangan bulu tangkis.

Terdapat 2 teknik servis yang dapat kamu lakukan, yaitu servis atas dan servis bawah. Berikut penjelasan keduanya:

Servis Atas (High Serve)

Tuliskan teknik dasar permainan bulu tangkis servis atas
Servis atas

Pukulan servis bulutangkis yang melambung tinggi ke belakang disebut lob servis. Teknik ini juga bisa disebut dengan servis atas yang dilakukan dengan cara memukul kok ke arah atas lebih tinggi dari kepala pemain lawan.

Kamu bisa melakukan awalan servis ini dengan memposisikan raket di bawah kok, setelah itu pukul kok ke arah atas. Untuk melakukan servis yang baik, sebisa mungkin raket mengenai kok saat posisinya setara dengan bahu atau lebih tinggi.

Servis Bawah (Low Serve)

Teknik dasar badminton servis bawah
Servis bawah

Pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah servis bawah. Servis bawah adalah servis yang dilakukan saat mengincar area depan lapangan lawan.

Teknik servis ini dilakukan dengan cara memukul kok menggunakan raket yang posisinya di depan perut atau dada. Pukulan servis ini tak perlu terlalu kencang. Usahakan posisi raket tidak diagonal agar kok tidak melambung tanggung yang mudah dikembalikan oleh lawan.

Teknik Pukulan Bulu Tangkis

Macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis antara lain adalah sebagai berikut:

Pukulan Forehand

Teknik pukulan forehand badminton
Forehand

Pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan forehand. Teknik ini adalah teknik paling dasar dan mudah dipraktikkan para pemula yang baru belajar bermain.

Pukulan Backhand

Teknik pukulan backhand badminton
Backhand

Backhand adalah pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian belakang raket. Teknik ini adalah teknik dasar yang sedikit susah untuk dipraktikkan para pemula yang baru belajar bermain.

Pukulan Underhand

Teknik pukulan underhand badminton
Underhand

Teknik pukulan underhand dalam permainan bulu tangkis dilakukan dengan mengayunkan raket dari bawah shuttlecock sehingga lajunya melambung setinggi mungkin. Teknik pukulan underhand disebut pula teknik pukulan bawah, karena cara pemain mengayunkan raketnya itu.

Umumnya teknik pukulan underhand menjadi pilihan ketika kok datang dengan ketinggian rendah atau mengarah ke wilayah dekat net.

Drop Shot

Teknik drop shot badminton
Dropshot

Pukulan mengelabui lawan dalam permainan bulutangkis disebut dropshot. Dropshot adalah teknik pukulan cepat menukik ke area depan atau tengah lawan.

Teknik drop shot dalam badminton dilakukan untuk memaksa lawan bergerak menangkis kok dari bawah dengan pukulan underhand. Apabila lawan mampu mengembalikan bola, kamu dapat membalasnya dengan pukulan ke area belakang lawan.

Teknik Pukulan Lob

Teknik dasar bulu tangkis pukulan lob
Lob

Dalam permainan bulutangkis, pukulan lob adalah pukulan yang jatuhnya shuttlecock berada di area belakang lawan. Pukulan clear atau lob merupakan kebalikan dari teknik drop shot.

Ini dilakukan agar lawan bergerak mundur ke area belakang. Teknik ini bisa kamu gunakan untuk memperlambat tempo permainan bulu tangkis saat sedang ditekan lawan.

Teknik Netting

Teknik dasar bulu tangkis netting
Netting

Selanjutnya ada netting yang bisa kamu gunakan untuk mencetak poin di area depan pertahanan lawan. Netting adalah teknik mengembalikan kok di depan net yang tidak membutuhkan banyak tenaga.

Kamu membutuhkan intuisi, kecepatan, dan kecermatan yang sangat agar lawan kesusahan mengembalikan bola di area mereka. Yang terpenting adalah jangan sampai menyentuhkan raket ke net karena itu melanggar peraturan bulu tangkis.

Teknik Overhead

Teknik dasar bulu tangkis overhead
Overhead

Dalam permainan bulutangkis, pukulan yang paling utama adalah lob salah satunya. Overhead adalah teknik pukulan bulu tangkis yang sekilas terlihat mirip dengan pukulan smash. Perbedaannya hanya ada pada tenaga yang dikeluarkan tidak sebesar saat melakukan smash.

Teknik Drive

Teknik drive badminton
Drive

Drive adalah teknik pukulan bulu tangkis yang dilakukan secara cepat dan mendatar. Pukulan drive kerap digunakan dalam pertandingan ganda. Teknik ini dilakukan agar lawan tetap dalam posisi bertahan yang berarti menghindari lawan membalas dengan smash atau drop shot.

Saat memukul, posisikan tangan kanan sedikit melebar dengan posisi tangkai pegangan raket agak miring. Setelah dapat momentumnya, arahkanlah kok ke area yang relatif sulit dijangkau lawan.

Mengembalikan Servis Lawan

Teknik dasar badminton counter smash

Kamu juga perlu mengembalikan kok dengan cepat sehingga menjadi teknik dasar bulu tangkis untuk memenangkan permainan saat itu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan:

  • Saat mengembalikan servis bawah dari lawan, pikir-pikir saat akan melakukan forehand smash karena pukulannya mungkin tidak efektif.
  • Jika kok melambung setinggi kepala atau lebih tinggi, lakukan pukulan dropshot.
  • Saat kok melambung dengan ketinggian yang rendah, kamu bisa netting atau memukul kok ke atas dan mengarahkannya ke area belakang lawan.

Teknik Smash

Teknik dasar bulu tangkis pukulan smash
Pukulan smash

Pukulan dalam permainan bulutangkis yang sering mendapatkan angka adalah smash. Tapi, apa yang dimaksud dengan smash?

Smash adalah pukulan keras dalam permainan bulu tangkis. Pukulan smash sangat mengandalkan tenaga yang besar agar lawan kesulitan mengembalikan kok yang datang begitu cepat dan bertenaga.

Ada beberapa variasi dalam melakukan smash, yakni forehand smash, backhand smash, dan jumping smash.

Forehand Smash

Forehand smash adalah pukulan smash paling dasar yang bisa kamu lakukan. Cara melakukan smash ini adalah ketika kok berada di atas kepala, ayunkalah raket sekuat tenaga untuk mengembalikannya ke area musuh.

Backhand Smash

Backhand smash adalah salah satu teknik yang sulit dilakukan saat awal-awal belajar badminton. Kamu harus menggunakan teknik backhand grip lalu lepaskanlah pukulan yang kuat layaknya forehand smash.

Jumping Smash

Jumping smash adalah pukulan forehand smash dengan melompat. Jadi, pebulu tangkis bisa melakukan jumping smash saat kok datang dari atas. Saat momentum datang, kamu bisa melompat lalu pukul kok sekuat tenaga dan arahkan ke area lawan.

Sikap atau Posisi Tubuh (Stance)

Posisi tubuh dalam bulu tangkis

Bermain bulu tangkis tak berhenti pada pukulan namun juga harus memperhatikan posisi tubuh. Sikap tubuh yang benar akan memudahkanmu bergerak saat menerima dan melesatkan kok ke area lawan.

Setidaknya terdapat tiga posisi bermain badminton yaitu posisi menyerang, bertahan, dan netting. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Posisi Tubuh saat Bertahan (Defensive Stance)

Posisi bertahan bisa kamu lakukan dengan baik dengan menempatkan raket di depan pinggang atau perut. Itu adalah posisi raket paling strategis sebab kamu bisa mengembalikan kok dari atas secepat melakukan menahan kok ke arah bawah.

Posisi Tubuh saat Menyerang (Attacking Stance)

Lakukan posisi menyerang dengan cara melebarkan kuda-kuda kaki agar bisa melakukan pukulan keras. Sebelum kok datang, ambil ancang-ancang dengan mengangkat lengan agar bisa mengembalikan kok ke area lawan secepat mungkin.

Posisi Tubuh saat Netting (Net Stance)

Net stance perlu dilakukan saat kok tampak akan jatuh di dekat net. Segeralah maju ke area depan dengan posisi raket di depan tubuh. Kamu perlu memperhatikan arah datangnya kok dan posisi lawan agar bisa mengembalikannya dengan baik.

Teknik Gerakan Kaki (Footwork)

Teknik dasar pergerakan dalam bulu tangkis

Hal penting selanjutnya adalah gerakan kaki ketika hendak menerima dan mengembalikan kok. Gerakan yang tidak efektif tentu akan merugikanmu sebagai pemain. Berikut adalah beberapa tips pergerakan dalam bulu tangkis:

  • Gunakan tengah areamu sebagai titik awal untuk mengejar kok
  • Jika harus mundur, cukup lakukan tiga langkah ke belakang dari titik awal
  • Saat mengambil bola di samping, lakukan satu langkah besar ke sisi kiri atau kanan lawan
  • Ketika dipaksa maju ke depan, lakukan maksimal tiga langkah besar ke depan dari titik awal
  • Hindari gerakan lari atau langkah kecil karena membuat cepat lelah, gunakan langkah besar agar pergerakan lebih efisien
  • Berlarilah saat mengejar bola yang sangat jauh, misal setelah melakukan lob dari bagian belakang dan lawan mengajak netting

Demikianlah materi tentang berbagai teknik dasar permainan bulu tangkis yang bisa kamu latih secara rutin. Semoga artikel ini sedikit dapat membantu kamu dalam memahami teknik-teknik tersebut.

Tutup
Tutup