Teknik Dasar Bola Basket yang Harus Selalu Dilatih

  • 1
    Share

teknik dasar bola basket

Sama seperti olahraga lainnya, banyak sekali teknik dasar bola basket yang harus dipelajari. Meski begitu, basket adalah salah satu olahraga paling diminati. Banyak yang beranggapan bahwa pemain basket itu keren, atletis, dan sehat.

Satu jam bermain basket bisa membakar 630 hingga 750 kalori. Basket juga dapat melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh, melatih fokus dan kedisiplinan, serta tentu saja membentuk otot-otot tubuh kita.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat, kita bisa bermain basket secara rutin agar tetap semangat dan sehat. Berikut beberapa teknik basket yang perlu kamu tau.

1. Passing & Catching

Passing dan catching adalah teknik yang perlu dikuasai karena basket adalah permainan tim bukan individu.

Passing adalah teknik yang dilakukan ketika seseorang memberikan bola kepada teman setimnya. Sedangkan teknik catching adalah teknik menerima bola dari teman setimnya yang melakukan passing.

Dalam permainan bola basket, terdapat beberapa teknik passing.

a. Chest Pass (Operan Setinggi Dada)

Operan ini dilakukan dengan awalan memegang bola di depan dada, kemudian bola didorong ke depan lurus dengan dada.

b. Bounce Pass (Operan Pantul)

Operan ini dilakukan dengan awalan memegang bola pada posisi sejajar dengan dada, lalu pantulkan bola mengarah ke lantai dengan tujuan agar diterima oleh teman setim.

c. Overhead Pass (Operan dari Atas Kepala)

Operan ini dilakukan dengan awalan kedua tangan memegang bola di atas kepala lalu operkan bola kepada rekan setim dengan tangan yang juga berada di atas kepala.

d. Behind the Back Pass

Operan ini dilakukan dengan cara mengoper bola basket dari belakang tubuh. Tujuan dilakukannya teknik ini adalah agar lawan tidak mengetahui posisi sasaran yang dituju.

2. Dribbling (Menggiring Bola)

Pada dasarnya dribbling dalam permainan bola basket dimaksudkan untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Dribbling memfokuskan kontrol bola pada jari-jari dengan kepala tegak dan tubuh yang rendah.

Karena sifat pentingnya itu, dribbling perlu dilatih pada kedua tangan agar tidak hanya mengandalkan dan ketergantungan dengan satu tangan saja.

Satu tips berlatih dribbling yang bisa saya berikan adalah jangan menundukkan kepala karena pandanganmu harus selalu fokus pada keadaan sekitar agar dapat menghindari sergapan lawan dan jangan sampai mengoper ke tim lawan.

3. Shooting (Menembak Bola)

Shooting merupakan teknik dasar permainan bola basket yang harus dikuasai bila kamu ingin mendapatkan poin dan menang. Gerakan ini sederhananya adalah menembakkan bola ke arah keranjang lawan.

Tips latihan shooting yang bisa saya berikan.

  • Pegang bola dengan 2 tangan. Hal ini dilakukan agar bola bisa terarah dengan baik ketika ditembakkan.
  • Tekuk siku dan buat sudut 90 derajat.
  • Angkat bola ke atas kepala dan bidik ring ring basket.
  • Arahkan kedua kaki ke ring basket.
  • Tekuk lutut sehingga agar memicu gaya pegas otot kaki.
  • Saat menembak, tenaga harus datang dari kedua kaki dan bukan dari tangan. Badan mengikuti irama tembakan.

Utamanya, tujuan menembakkan bola basket yaitu untuk mendapatkan poin.

4. Pivot

Pivot adalah sebuah teknik yang digunakan untuk memperdaya lawan. Pivot dilakukan dengan cara memutar badan yang memanfaatkan salah satu kaki sebagai poros putaran.

Ketika pivot dilakukan, kita tetap menjaga bola agar tidak diambil lawan. Trik ini dapat dilakukan sebelum melakukan dribbling, passing, ataupun shooting.

5. Rebound

Rebound adalah sebuah teknik mengambil bola yang gagal masuk ring setelah shooting. Ada 2 tipe rebound yang kita kenal yaitu rebound ofensif dan rebound defensif.


  • 1
    Share