Lapangan Basket: Gambar dan Ukurannya [Lengkap]

lapangan basket

Ukuran Lapangan Basket

Basket adalah cabang olahraga paling populer di dunia setelah sepak bola. Ukuran lapangan basket pun sudah disepakati secara internasional.

Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang. Seperti inilah tampilan dan ukuran lapangan basket yang telah disepakati.

Ukuran lapangan basket

Keterangan:

Lapangan basket berbentuk persegi panjang dengan panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter menurut standar National Basketball Association (NBA). Menurut standar Fédération Internationale de Basketball (FIBA), panjangnya 26 meter dengan lebar 14 meter.

Ukuran daerah serang

Tiga buah lingkaran terdapat di lapangan basket. Masing-masing lingkaran memiliki jari-jari sepanjang 1,80 meter, dengan lebar garis yang membentuk berukuran 5 cm. Panjang tepi lingkaran daerah serang adalah 6 meter. Panjang garis tembakan hukuman adalah 3,6 meter.

Gambar dan berapa ukuran lapangan standar internasional sudah dijelaskan di atas, selanjutnya gambar dan ukuran ringnya.

Ukuran ring

Jarak antara bagian bawah papan pantul dengan lantai adalah setinggi 2,75 meter. Jarak antara bagian bawah jaring-jaring adalah 305 cm. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 15 cm. Ring basket memiliki diameter yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 120 cm.

Gambar dan ukuran ring basket

Panjang papan pantul secara keseluruhan adalah 180 cm dengan lebar 120 cm. Kotak di papan pantul memiliki panjang 59 cm dengan lebar 45 cm.

Bola basket memiliki keliling permukaan 75 cm hingga 78 cm. Massa bola tersebut berkisar antara 600 hingga 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 180 cm pada lantai papan maka bola harus kembali pada ketinggian antara 120 hingga 140 cm.

Kesimpulan

Kira-kira seperti itulah yang perlu kita ketahui mengenai ukuran lapangan basket. Semoga artikel ini berguna bagi kamu yang sedang mengerjakan tugas atau yang sedang berniat untuk melakukan olahraga ini.

Ukuran di atas adalah ukuran internasional yang tentu berlaku di seluruh dunia di bawah naungan FIBA maupun NBA.

Jika ada kesalahan, kekeliruan, atau kekurangan pada data serta gambar yang disertakan, kamu boleh berkomentar di bawah.

Terima kasih.

  • 1
    Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 9 =