SemutAspal

Teknik Dasar Sepak Bola yang Perlu Dikuasai

Teknik dasar sepak bola
Teknik dasar sepak bola

Sepak bola merupakan suatu permainan dalam bidang olahraga yang sangat populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Agar bisa bermain sesuai peraturan yang benar, teknik dasar sepak bola harus dikuasai oleh para pemainnya dengan baik, terutama para pemula.

Sepak bola sendiri merupakan suatu permainan yang dilakukan antar kelompok dalam waktu 90 menit yang dibagi menjadi dua babak. Masing-masing kelompok terdiri dari 11 anggota pemain, salah satunya bertindak sebagai keeper atau penjaga gawang.

Permainan ini mengandalkan kekuatan fisik, keterampilan gerakan kaki untuk menggiring bola, dan strategi permainan yang matang. Tujuan sepak bola adalah bermain menggiring bola untuk memasukkannya ke dalam gawang milik lawan untuk mencetak skor angka.

Teknik-teknik Dasar Sepak Bola

Banyaknya peraturan sepak bola, mengharuskan tiap pemain menguasai teknik dasar sepak bola dengan baik agar bisa mencetak gol dan meraih kemenangan. Secara umum, ada sembilan teknik-teknik dasar sepak bola yang harus kamu kuasai sebelum bermain pada kompetisi.

Berikut adalah teknik dasar sepak bola dan penjelasannya.

1. Teknik Menendang Bola

Gerakan inti dalam permainan sepak bola adalah menendang bola, sehingga teknik yang satu ini perlu dikuasai paling utama ketika berlatih sepak bola.

Terdapat tiga teknik dasar menendang bola atau kicking yang harus dikuasai yaitu menendang bola menggunakan kaki luar, menendang menggunakan kaki dalam, dan menggunakan punggung kaki. Teknik dasar ini dipelajari dengan cara berlatih giat sampai kaki kamu terbiasa dengan gerakan menendang bola.

2. Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola merupakan gerakan yang harus dikuasai selanjutnya setelah mampu menendang bola dengan cara yang benar. Karena di dalam permainan sepak bola, pemain akan menggiring bola menuju ke gawang lawan. Apalagi ketika tidak ada anggota tim dalam jarak dekat untuk diberi operan bola.

Kamu bisa berlatih menggiring bola dengan kaki menuju gawang untuk mencetak gol. Bisa dilakukan secara otodidak ataupun dibantu arahkan oleh pelatih atau kawan satu tim yang sudah mahir. Terdapat beberapa macam teknik dribbling, yaitu:

Speed Dribbling dan Closed Dribbling

Teknik speed dribbling dilakukan dengan berlari, membuang bola ke depan, lalu mengejarnya. Closed dribbling dilakukan dengan cara menggiring dan mengontrol bola dengan hati-hati, dan dapat dilakukan ketika kamu terhimpit pemain tim lawan.

Selain itu, ada tiga teknik dasar dalam menggiring bola, yakni menggiring dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, dan kaki bagian luar.

Menggiring dengan Punggung Kaki

Kamu dapat berlatih teknik menggiring dengan punggung kaki. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pandangan mata ke depan
  2. Letakkan kakimu di ujung bola
  3. Dorong bola dengan punggung kaki
  4. Lakukan beberapa kali
  5. Hentikan dengan telapak kaki

Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam

Kamu dapat berlatih teknik menggiring dengan kaki bagian dalam. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pandangan lurus ke depan
  2. Putar pergelangan kaki ke dalam
  3. Dorong bola dengan kaki bagian dalam
  4. Lakukan beberapa kali
  5. Hentikan bola dengan telapak kakimu

Menggiring dengan Kaki Bagian Luar

Kamu dapat berlatih teknik menggiring dengan kaki bagian luar. Cara melakukannya tak jauh beda dengan teknik menggiring dengan kaki bagian dalam. Perbedaannya hanya kamu harus memutar pergelangan kakimu ke arah luar sebelum mendorong bola.

Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar digunakan untuk membelokkan arah bola.

3. Teknik Menghentikan Pergerakan Bola

Setelah kamu tahu cara menggiring bola, teknik selanjutnya yaitu menghentikan bola. Teknik ini berguna ketika pemain mendapatkan bola dari kawan atau lawan. Kamu bisa menghentikan laju bola menggunakan kaki, dada, dan paha.

Untuk menghentikan bola dengan kaki, kamu bisa menggunakan kaki bagian luar, kaki bagian dalam, telapak kaki, maupun punggung kaki. Berikut adalah beberapa teknik menghentikan bola.

Menghentikan Bola dengan Kaki

Cara melakukan teknik ini, fokuskan pandangan pada bola yang mengarah kepada kamu, lalu hentikan bola sesaat setelah dalam jangkauan dengan bagian-bagian kaki tergantung arah datangnya bola. Setelah bola datang, pastikan kamu bisa mengontrolnya.

Menghentikan Bola dengan Dada

Kamu bisa melakukan teknik ini dengan fokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu, maju atau mundurkan badan sambil melebarkan kedua tangan dan dada. Tahan bola tersebut menggunakan dada lalu biarkan jatuh untuk dikontrol dengan kaki.

Menghentikan Bola dengan Paha

Cara menghentikan dengan paha bisa kamu lakukan seperti teknik kontrol bola lainnya. Ketika bola datang, angkat satu kakimu untuk menahan bola dengan paha. Perlu sedikit gerakkan agar bola dapat jatuh sempurna di depan kakimu.

4. Teknik Menangkap Bola

Selanjutnya yaitu teknik menangkap bola. Teknik merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh penjaga gawang atau keeper. Karena memang tugasnya adalah menangkap bola yang mendekati gawang, keeper harus rajin berlatih menangkap bola.

5. Teknik Merebut Bola

Teknik dasar satu ini berguna ketika pemain merebut bola dari kaki pemain lawan. Merebut bola disebut juga intercepting atau interception.

6. Teknik Mengumpan Bola

Setelah merebut bola dari lawan, pemain sepak bola harus bisa mengumpan sekaligus mengoper bola atau passing ke pemain satu tim untuk menghindari bola direbut kembali oleh pemain lawan. Teknik ini sama dengan menendang bola, yaitu menggunakan kaki bagian luar, kaki dalam, dan punggung kaki.

7. Teknik Menyapu Bola

Teknik ini salah satu teknik merebut bola yang cukup berbahaya. Gerakan menyapu bola harus dilakukan dengan tepat agar tidak menciderai pemain lawan. Teknik tackle sering kamu jumpai dalam pertandingan dengan tensi tinggi.

Teknik ini mirip dengan intercepting. Perbedaan intercepting dan tacklink ada pada tindakan setelah pemain kontak dengan bola. Tujuan utama intercepting adalah mendapatkan bola dan mengoperkannya pada teman satu tim.

Terdapat setidaknya 3 jenis tackling yang biasa dilakukan pemain bola:

Block Tackle

Jika pemain lawan sedang menggiring bola menuju pemain bertahan, maka pemain bertahan tersebut dapat menghalangi serangan dengan melakukan block tackle. Tujuan dari block tackle adalah menghentikan laju bola dengan telapak kaki dekat atau hampir bersentuhan dengan lawan.

Seringnya, tackle dilakukan cara memutuskan serangan lawan. Saat melakukan block tackle, sangat penting untuk pemain dapat mencari posisi yang memungkinkan perubahan arah secara cepat karena arah tackle tergantung ke mana bola mengalir.

Poke Tackle

Berbeda dengan block tackle, poke tackle dilakukan ketika posisi tackler mengejar penggiring bola. Poke tackle cukup praktis, cukup dorong kaki ke bola. Keseimbangan sangat penting ketika melakuka poke tackle. Jadi, koordinasikan gerakan tubuh dengan baik agar dapat langsung siaga setelah melakukan ini.

Slide Tackle

Slide tackle adalah jenis tackle yang paling memuaskan untuk dilakukan namun juga sangat riskan terkena pelanggaran jika tidak berjalan mulus. Bukan hanya pelanggaran, terdapat pula risiko cedera bagi kedua pemain yang terlibat.

Banyak yang menganggap bahwa teknik ini merupakan solusi terakhir untuk menghentikan serangan lawan. Ketika melakukan teknik ini, pemain perlu perhatikan kontrol, kemampuan manuver, dan kecepatan untuk kembali berdiri.

8. Teknik Menyundul Bola

Teknik ini bertujuan untuk mengoper bola menggunakan dahi. Ingat, yang digunakan adalah dahi bukan ubun-ubun kepala. Agar gerakannya benar, bola yang harus didorong oleh pemain, bukan sebaliknya. Bisa dilakukan dengan melompat atau cukup hanya berdiri saja.

9. Melakukan Lemparan ke Dalam

Gerakan ini digunakan ketika bola keluar dari garis lapangan melewati sisi kanan atau kiri. Pemain harus melempar bola ke dalam dengan posisi kedua tangan di atas memegang bola dan kaki tidak boleh melewati garis lapangan. Ketika bola sudah masuk kembali ke lapangan, permainan bisa dilanjutkan.

Nah itu dia teknik dasar sepak bola yang harus kamu kuasai sebelum benar-benar terjun bermain di lapangan terutama dalam kompetisi. Selain teknik-teknik tersebut, kekuatan fisik kamu juga harus dilatih ya!


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal