Peraturan Permainan Sepak Bola & Penjelasan Lengkapnya

Gambar peraturan permainan sepak bola

Sepak bola adalah olahraga paling populer di seluruh dunia. Meski populer, tentu ada saja orang yang tidak tau peraturan permainan sepak bola. Jika kamu datang ke sini untuk tau peraturan bermain sepak bola, kamu sangat bisa mengandalkan catatan singkat di bawah ini.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Berikut ini adalah penjelasan tentang alat permainan sepak bola hingga peraturan permainan sepak bola yang dibahas secara lengkap.

1. Ukuran Lapangan

Panjang lapangan: 100 – 110 meter
Lebar lapangan: 64 – 75 meter
Luas daerah gawang: 18,35 x 5,5 meter
Jari-jari lingkaran tengah: 9,15 meter
Daerah penalti: 40,39 x 16,5 meter
Jarak titik penalti dengan garis gawang: 11 meter

2. Gawang

Tinggi gawang: 2,44 meter
Lebar gawang: 7,32 meter

3. Bola

Bentuk bola: bulat
Bahan bola: kulit
Berat bola: 396 – 453 gram
Keliling lingkaran pada bola: 68 – 71 cm

4. Peraturan Memulai Pertandingan

Setiap pemain dan wasit diwajibkan untuk saling berjabat tangan. Pemain dan wasit berbaris sesuai timnya menghadap penonton sebelum dan sesudah jabat tangan. Urutannya, klub satu – wasit – klub lawan.

Wasit membawa sekeping koin yang menentukan awal permainan. Sebelum memulai laga, masing-masing kapten akan memilih sisi koin. Saat sudah memilih, wasit kemudian melempar koin tersebut. Jika sisi koin pilihannya muncul, sang kapten berhak memilih bola awal atau gawang.

Apabila memilih bola, maka timnya berhak memulai permainan sepak bola.

5. Jumlah Pemain Sepak Bola

Akan ada 2 tim yang bertanding dalam setiap pertandingan sepak bola. Masing-masing tim terdiri dari 11 orang pemain lengkap dengan satu orang penjaga gawang.

Jika jumlah pemain dalam satu tim di lapangan kurang dari 7 orang, timnya dianggap kalah. Jadi, masing-masing tim mendapat “jatah” 4 pemain keluar lapangan.

6. Pemimpin Tim (Captain)

Masing-masing tim diwajibkan untuk memiliki seorang kapten. Dalam pertandingan, kapten adalah pihak yang akan berdiskusi dengan wasit apabila terjadi suatu masalah.

7. Peraturan Memakai Aksesoris

  • Dalam sebuah pertandingan, kedua tim diwajibkan untuk menggunakan jersey dengan warna berbeda. Untuk keperluan ini, setiap klub akan memiliki setidaknya 2 jersey untuk dipakai sesuai keperluannya, satu untuk laga kandang (Home) dan satu untuk laga tandang (Away).
  • Ketika laga resmi sepakbola berlangsung, pemilihan warna kaos kaki juga harus dipikirkan. Kaos kaki harus dipakai oleh setiap pemain untuk melindungi tulang kering guna mencegah terjadinya cedera.
  • Hanya kiper atau penjaga gawang yang diperbolehkan memakai sarung tangan. Fungsi sarung tangan bagi kiper adalah untuk melindungi tangan dari bola yang bergulir keras setelah ditendang pemain lawan. Ada beberapa pengecualian, yakni ketika laga diadakan di tempat dingin atau bersalju, setiap pemain boleh mengenakan sarung tangan.
  • Untuk pemain yang mengalami cedera, diperbolehkan mengenakan penutup kepala.
  • Aksesoris lain, seperti anting, kalung, dan gelang tidak diperbolehkan dipakai ketika bertanding.

8. Wasit

Wasit adalah pengadil dalam sebuah pertandingan. Dia dapat memberi putusan terkait pelanggaran dan ganjarannya. Dalam setiap pertandingan, setidaknya akan ada 4 wasit yakni 1 wasit utama, 2 hakim garis, dan 1 wasit administratif.

Asisten Wasit

Di Indonesia, asisten wasit atau “linesman” sering disebut hakim garis. Salah satu tugas hakim garis di dalam sepak bola adalah memberitahukan kepada wasit utama jika terjadi offside dengan menggunakan tanda bendera. Hakim garis dalam permainan sepak bola berjumlah 2 orang.

Hakim garis juga bertugas mengawasi saat terjadi lemparan ke dalam dan tendangan sudut. Selain hakim garis, ada satu wasit yang bertugas memberi tahukan saat ada pergantian pemain dan perpanjangan waktu pertandingan.

9. Waktu Permainan Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola, lama permainan yang harus ditempuh adalah 2 x 45 menit. Jeda antarbabak kurang lebih berlangsung sekitar 15 menit. Apabila waktu normal sudah selesai dan dibutuhkan pemenang, maka akan diberikan tambahan waktu (extra time) selama 2 x 15 menit.

Jika masih imbang, maka jalan terakhir yang akan ditempuh adalah adu penalti. Masing-masing tim diberi jatah 5 penalti. Hasil dari adu penalti tidak dimasukkan dalam perhitungan sehingga skor tetap seri, itu hanya digunakan untuk menentukan pemenang.

10. Peraturan Kick Off

Tendangan untuk memulai pertandingan sepak bola disebut kick-off. Dalam permainan sepak bola, kick off akan dilakukan saat:

  • Memulai pertandingan
  • Memulai babak kedua
  • Setelah gol tercetak
  • Memulai babak extra time

11. Peraturan Gol

Sebuah gol dianggap sah apabila bola melewati garis gawang dan tidak ada pemain dari tim pencetak gol yang terkena offside, pelanggaran, maupun handsball. Terakhir, wasit akan menentukan gol tersebut sah atau tidak dengan sebuah tanda yang diberikan melalui tiupan peluit.

12. Peraturan Offside dan Onside

Seorang pemain dalam posisi offside jika salah satu bagian tubuh mereka, kecuali tangan dan lengan, berada di setengah lapangan lawan, dan lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan lawan kedua terakhir (meski tidak selalu, lawan terakhir biasanya adalah penjaga gawang).

Jika terjadi offside pada permainan sepak bola maka akan dilakukan tendangan bebas tidak langsung oleh lawan di tempat pelanggaran terjadi, bahkan jika itu di setengah lapangan permainan pemain itu sendiri. Peraturan onside adalah sebaliknya.

13. Peraturan Bola Keluar (Out)

Lemparan ke Dalam (Throw in)

Ketika bola keluar lapangan lewat daerah sisi samping oleh salah satu pemain, maka pemain lawannya akan melakukan lemparan ke dalam. Dalam keadaan tertentu, wasit berhak memerintahkan pemain untuk mengeluarkan bola dari lapangan.

Tendangan Gawang

Ketika bola keluar lapangan lewat garis gawang tim lawan dan tidak mengenai pemain lawan, maka kiper atau salah satu pemain lawan berhak melakukan tendangan gawang dengan syarat bola tidak melebihi area garis kiper.

Tendangan Sudut (Corner Kick)

Ketika bola keluar lapangan lewat garis gawang tim lawan setelah mengenai pemain lawan, maka pemain berhak atas tendangan sudut. Seperti namanya, tendangan sudut dilakukan dari sudut lapangan sesuai sisi bola keluar lapangan, bisa kiri maupun kanan gawang.

14. Peraturan Pergantian Pemain

Masing-masing tim diberi jatah hingga 3 kali pergantian pemain. Dalam laga persahabatan, peraturan ini memberi kesempatan masing-masing tim untuk melakukan pergantian pemain maksimal 7 kali.

15. Peraturan Pelanggaran

Dalam sebuah pertandingan terkadang terjadi banyak sekali kejadian. Kejadian-kejadian yang bisa dianggap sebagai pelanggaran adalah tackle keras, handsball, mendorong, menarik, atau mengganggu pergerakan penjaga gawang secara kasar.

Untuk pelanggaran ringan, wasit dapat memberi sanksi tendangan bebas. Namun jika terjadi pelanggaran berat, wasit dapat mengeluarkan kartu untuk pemain yang melanggar, entah kartu merah atau kartu kuning.

Pemain yang mendapat kartu kuning dianggap hanya memiliki satu nyawa lagi. Hal itu dapat terjadi sebab apabila pemain yang sama melakukan pelanggaran berat lalu mendapat kartu kuning untuk kedua kalinya maka dia otomatis akan mendapat kartu merah.

Pemain yang mendapat kartu merah, diharuskan untuk keluar lapangan dan tim yang dibelanya otomatis kehilangan satu pemain. Jika awalnya pemain berjumlah 11, maka tim kawan harus rela bermain dengan 10 orang saja.

16. Peraturan Tendangan Bebas (Free Kick)

Tendangan bebas adalah kompensasi yang diberikan oleh wasit bagi tim yang dilanggar. Pemain yang mengambil tendangan bebas mendapat 2 pilihan yakni memberi umpan pada teman atau langsung mengarah ke gawang untuk mencetak gol.

17. Terjadinya Penalty

Penalti dapat terjadi saat pemain dilanggar atau terjadi pelanggaran lain oleh pemain lawan di area penjaga gawang. Hal-hal seperti handsball oleh pemain lawan atau tackle berlebihan dari lawan di kotak penalti akan berujung pada kompensasi ini.

Berbeda dengan tendangan bebas yang terjadi di luar kotak penalti, tendangan penalty membuat penendang bola hanya berhadapan dengan penjaga gawang, sehingga satu-satunya opsi yang ada adalah tendangan keras ke gawang lawan.

Dalam permainan sepak bola jarak titik pinalty adalah 11 meter dari garis gawang. Jadi, tendangan 11 meter dari gawang pada permainan sepak bola disebut tendangan penalti.

Untuk lebih jauh belajar tentang sepak bola tentu kamu juga akan suka dengan artikel Istilah dalam Sepak Bola dan Artinya.


Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar