Teknik Dasar Bola Voli Lengkap dengan Gambarnya

  • 1
    Share

Teknik dasar permainan bola voli

Bola voli adalah salah satu permainan bola besar selain sepak bola yang bisa dijadikan opsi untuk menghabiskan waktu dan membakar kalori dalam tubuh. Teknik dasar permainan bola voli cukup sederhana dan bisa dengan mudah dipelajari oleh pemula.

Kamu yang datang ke sini tentu ingin mengetahui penjelasan masing-masing teknik secara singkat agar segera bisa main bola voli dengan benar bersama teman-temanmu. Jadi, mari kita mulai pembahasannya sekarang.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli, masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain. Setiap pemain dalam satu tim tentu menguasai teknik dasar permainan bola voli yang terbagi menjadi 4, meliputi:

  • Servis
  • Passing
  • Smash
  • Blocking

1. Servis

Servis adalah teknik untuk memulai permainan sekaligus merupakan serangan pertama dalam permainan bola voli. Ketika satu tim mencetak skor, tim tersebut berhak untuk melakukan servis pada giliran selanjutnya.

Secara sederhana, dikenal 2 jenis servis dalam permainan bola voli yakni servis atas dan servis bawah. Server melakukan servis dari luar lapangan voli bagian belakang timnya.

Servis Bawah

Servis bawah adalah servis yang dilakukan dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukul bola bersiap mengayun ke depan untuk memukul bola.

Cara melakukan servis bawah - mini

Servis Atas

Selanjutnya, servis atas adalah servis yang dilakukan dengan awalan melemparkan bola ke atas terlebih dahulu sebelum server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan ke depan.

Cara melakukan servis atas

Servis Mengapung

Servis mengapung adalah variasi servis atas dengan bola tanggung. Cara melakukannya sangat mudah. Awalan servis mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi. Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang tidak terlalu jauh.

Yang perlu diperhatikan dalam teknik dasar service antara lain:

  • Sikap badan dan pandangan server
  • Lambung ke atas harus sesuai dengan kebutuhan
  • Momentum memukul bola

Berdasarkan arah putaran bola yang terjadi, ada teknik top spin, inside spin, outside spin, back spin, dan float. Kemudian, servis tangan bawah terdapat teknik back spin, outside spin, inside spin, cutting underhand, dan floating overhead.

Untuk servis atas ada tennis service, floating overhead, cekis, inside spin, outside spin, drive overhead, round house overhead, slider floating overhead, dan bongarian overhead.

2. Passing

Passing adalah gerakan mengumpan bola kepada teman atau mengembalikan bola pada lawan sesuai dengan strategi dan keadaan yang ada. Dalam permainan bola voli, terdapat dua jenis passing yaitu passing atas (set up) dan passing bawah.

Passing Bawah

Passing bawah dapat dilakukan dengan satu tangan maupun dua tangan. Dalam keadaan normal, pengambilan posisi passing bawah bisa dilakukan dengan sikap badan jongkok atau sedikit menekuk lutut. Rapatkan kedua tangan dan posisikan searah datangnya bola.

Sabina Altynbekova melakukan passing bawah
Atlet voli cantik Kazakhstan Sabina Altynbekova

Fungsi passing bawah adalah untuk menerima bola dari lawan, baik berupa smash maupun passing dari lawan. Teknik dasar passing bawah memiliki kemungkinan cedera lebih kecil daripada passing atas. Selain itu, kelebihan passing bawah adalah bisa lebih mengontrol bola.

Meski begitu, passing bawah tidak disarankan apabila ingin mengumpan bola pada tosser. Untuk keperluan itu, akan lebih baik menggunakan passing atas sebab pemain lebih susah mengontrol tenaga yang diberikan.

Passing Atas

Passing atas bisa dilakukan dengan sikap normal dan setinggi muka. Pada teknik passing atas setinggi muka bisa dibarengi dengan sikap normal, gerakan guling ke samping, meloncat, hingga setengah guling ke belakang.

Teknik dasar permainan bola voli passing atas

Sama seperti passing bawah, passing atas bisa dipakai untuk set up atau mengumpan pada teman. Bedanya, dengan passing atas, pemain dapat lebih mengontrol tenaga yang diberikan.

Berdasarkan tinggi bola dari net, set up bisa dilakukan secara normal, medium, dan low. Sedangkan, posisi set up berdasarkan arah bola dengan net bisa dilakukan dengan sejajar, vertikal, maupun diagonal.

3. Smash

Cara melakukan smash, teknik dasar permainan bola voli

Smash adalah cara bermain bola voli yang paling menarik untuk dikuasai. Serangan menukik keras dan tak bisa dikembalikan lawan tentu adalah salah satu cara terbaik untuk mencetak angka.

Dalam melakukan smash, pemain perlu memperhatikan awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Teknik dasar voli yang juga dikenal dengan istilah spike ini dibagi dalam beberapa kelompok, yakni sebagai berikut:

  • Gerakan bola: silang dan lurus
  • Pemberian set up: open smash, semi smash, quick smash, push smash, dan pool straight smash
  • Kurva bola: drive smash, top spin smash, dan lob smash
  • Awalan: tanpa awalan, awalan satu kaki, dan awalan dua kaki.

4. Blocking

Sederhananya, blocking adalah usaha menahan dan membendung serangan lawan agar tidak mencetak poin. Jadi, block adalah teknik yang berfungsi untuk pertahanan.

Penjelasannya blocking

Kecuali dalam keadaan terdesak, sikap memblok yang benar adalah diawali dari sikap jongkok bersiap melompat, lalu melompat searah datangnya bola dengan kedua tangan menahan datangnya bola.

Berdasarkan gerakannya, blok dibagi menjadi aktif dan pasif. Sedangkan berdasarkan jumlah orang yang melakukan blocking, block dikelompokkan menjadi block tunggal (satu orang) dan block ganda (dua orang atau lebih).


  • 1
    Share