Back-Up: Cara Melakukan dan Otot yang Dilatih

Otot perut adalah salah satu otot yang bisa dilatih ketika berolahraga. Ada banyak sekali metode latihan otot perut yang bisa kamu coba. Salah satu metode latihan perut yang bermanfaat untuk membentuk otot perut adalah back-up.

Apa itu latihan back up? Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar contoh di bawah ini.

Gambar gerakan back-up untuk melatih otot perut

Bagaimana cara melakukan back up?

Sederhananya, beginilah langkah melakukan aktivitas olahraga yang satu ini. Gerakan back up dilakukan dengan cara tidur dengan posisi tengkurap atau tiarap. Posisi kedua tangan dan kaki harus lurus masing-masing ke depan dan belakang.

Setelah itu lakukan gerakan berikut, naikkan kedua tangan, kaki, perut, dan dada secara bersamaan. Posisi kepala juga tetap lurus. Itulah gerakan latihan back up.

Otot yang Dilatih saat Back-Up

Latihan back up adalah salah satu jenis latihan kebugaran jasmani yang populer karena diajarkan di bangku sekolah. Para olahragawan juga kerap melakukan latihan back up untuk menjaga daya tahan dan kekuatan otot perut.

Otot bagian manakah yang dapat dilatih dengan back up? Berikut adalah jenis otot yang nantinya terlatih setelah melakukan back up yang benar.

1. Otot Perut Atas, Tengah, dan Bawah

Back up adalah latihan otot full bodyweight yang berfokus pada latihan otot perut. Maka dari itu, ketika melakukan back up, otot perutlah yang akan dilatih. Bagian tubuh lain seperti otot lengan tidak terlalu terpengaruh.

Back up tidak terbatas hanya melatih otot perut bagian atas. Namun, back up melatih otot perut bagian tengah, otot perut bagian bawah, dan otot punggung juga. Sebab saat melakukan back up, seluruh otot perut akan ikut bergerak dan berkontraksi.

Hal ini tentu berbeda ketika melakukan sit up. Sit up hanya melatih otot perut bagian atas saja, otot perut bagian tengah dan otot perut bagian bawah tidak ikut dilatih.

2. Pinggul

Back up ternyata juga melatih otot pinggul. Ketika mengangkat perut, kaki, dan tangan, satu otot lain yakni pinggul juga ikut bekerja. Bagi kamu yang memiliki pinggul berlemak, cobalah latihan back up karena latihan ini didesain untuk membakar lemak di bagian tersebut.

Itulah otot-otot yang dilatih ketika melakukan back up. Memang tidak banyak jenis otot yang dilatih saat back up. Sebab, beban back up hanya berfokus untuk melatih upper body bagian otot perut.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan metabolisme tubuh serta membentuk keseluruhan otot perut dengan baik, maka latihan back up ini digunakan untuk olahraga alternatif yang sangat cocok dan mudah dilakukan.